Strategi Pembelajaran Pada Materi Teks Diskusi Melalui Metode Diskusi dan Media Audio Visual

Penulis

  • Eliana Fitriyani Dewi Ningsih IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Dewi Mahardhika Sari IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Evimas Putri Utami IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Windar Adi Susilo IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Masnuatul Hawa IKIP PGRI BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.31332/aladl.v3i1.2046

Kata Kunci:

Learning strategies, Discussion text, Discussion method, Audio-visual media

Abstrak

abstrak--Strategi pembelajaran merupakan upaya peningkatan pembelajaran aktif yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Dalam penerapan strategi pembelajran di kelas tentunya diperlukan metode dan media yang menunjang akan proses pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran teks dikskusi melalui metode diskusi dan media audio visual di SMPN 6 Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan setelah diberikan  media dan metode pada materi teks diskusi di SMPN 6 Bojonegoro. Salah satunya pembelajaran di kelas menjadi lebih cepat, pemahaman siswa lebih cepat dan daya tangkap siswa lebih cepat kemudian pemahaman siswa akan lebih mudah. Dengan adanya media dan metode siswa tidak mudah bosan pelajaran di kelas lebih menarik dan bervariasi.

 

Kata kunci— Strategi pembelajaran, Teks diskusi, Metode diskusi, Media audio visual

 

 

abstract --The learning strategy is an effort to increase active learning carried out by teachers and students to achieve the goals of learning. In implementing learning strategies in the classroom, of course, methods and media are needed to support the learning process. This study aims to determine the discussion text learning strategy through the discussion method and audio-visual media at SMPN 6 Bojonegoro. The method used in this study is a qualitative method using a case study approach. Collecting data in this study using observation, interviews, and documentation. The results show a significant difference after being given the media and methods in the discussion text material at SMPN 6 Bojonegoro. One of them is that learning in class becomes faster, students' understanding is faster and students' comprehension is faster then student understanding will be easier. With the media and methods students are not easily bored, lessons in class are more interesting and varied.

 

Keywords— Learning strategies, Discussion text, Discussion method, Audio-visual media

Referensi

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afifah, N. (2017). Pembelajaran dengan metode diskusi kelas. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 53-65. Rerieved from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/359

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1-9. DOI: 10.47709/jpsk.v3i01.1951

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. Retrieved form: file:///C:/Users/USER/Downloads/38075-110174-1-PB.pdf

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).DOI: https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan motivasi belajar matematika siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran quick on the draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 65-76. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927

Lamajau, E. (2014). Peningkatan kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai melalui metode diskusi kelompok. Jurnal Kreatif Online, 5(1). Retrieved from: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3770

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Marta, E. D. (2016). Implementasi pemberian reward kepada siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota. BASIC EDUCATION, 5(25), 2-426. Retrieved form: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4227

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2). Retrieved from: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659

Rahayu, W., Winoto, Y., & Rahman, A. S. (2016). Kebiasaan membaca siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 152-162. DOI: https://doi.org/10.24252/kah.v4i25

Reykhani, P. S., Kosasih, E., & Harras, K. A. (2019). Teks diskusi sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 3 Majalengka. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 14-34. Rerieved from: https://journal.stkipyasika.ac.id/metabahasa/article/view/20

Saftina, I., Muttaqien, M., & Hadiansah, H. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai islam. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 135-145. DOI: 10.21580/bioeduca.v3i2.6632

Saputra, E. (2016). Peranan metode diskusi dalam pembentukan karakter mahasiswa melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan (PKn). Tingkap, 11(1), 26-40. Retrieved from: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/5152

Suardi, M. (2019). Strategi pembelajaran, Makassar, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://sing. wordpress. com).

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151-158. Retrieved from: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/229/0

Wandira, A., Rusminto, N. E., & Suliani, N. N. W. (2015). Pembelajaran menulis teks diskusi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(3).

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251-258. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.1054

Diterbitkan

2023-07-15

Terbitan

Bagian

Articles