Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Islamiyah Malo
DOI:
https://doi.org/10.31332/aladl.v4i1.2641Keywords:
Implementation, Indonesian, Independent CurriculumAbstract
abstrak— Kurikulum merdeka adalah bentuk pengembangan kurikulum oleh kemendikbudristek dengan tujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan Indonesia. Pada kurikulum merdeka guru memiliki kelonggaran dalam memilah media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Tidak hanya itu, kurikulum merdeka merupakan bentuk riil dari merdeka belajar. Pada penelitian ini peneliti akan mengkaji mengenai bagaimana implmentasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di MA Islamiyah Malo. Peneliti akan menggunakan metode simak, libat dan catat dengan data penelitian triangulasi. peneliti pada riset ini melibatkan salah satu guru dari MA Islamiyah Malo sebagai narasumber penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di MA Islamiyah Malo dapat dilaksanakan dengan baik. Kurikulum Merdeka memiliki tantangannya sendiri akan tetapi tetap memungkinkan. Ditambah lagi adanya Kurikulum Merdeka justru meningkatkan kreativitas dan inovasi pendidik. Kata kunci—Impelementasi, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Abstract— The independent curriculum is a form of curriculum development by the Ministry of Education and Culture with the aim of developing the Indonesian education curriculum. In the independent curriculum, teachers have leeway in sorting out learning media that suit learning needs. Not only that, the independent curriculum is a real form of independent learning. . In this study, the researcher will examine how to implement Indonesian learning in the Independent Curriculum. The researcher will use the method of listening, engaging and taking notes with triangulation research data. The researcher in this research involved one of the teachers from MA Islamiyah Malo as a research resource person. The results of this study show that the Implementation of Indonesian Language Learning in the Independent Curriculum at MA Islamiyah Malo can be implemented properly. The Independent Curriculum has its own challenges but is still possible. In addition, the existence of the Independent Curriculum actually increases the creativity and innovation of educators. Keywords— Implementation, Indonesian, Independent CurriculumReferences
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 1–143.
Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta, 29.
Haryanto. (2015). buku Teknologi Pendidikan.pdf (pp. 1–5).
Mahyudin, A. (2023). Journal of Instructional and Development Researches Pengembangan Media Pembelajaran Canva Mata Pelajaran PAI & BP Fase C-Sekolah Dasar. JIDeR, 3(4), 169–177. https://doi.org/10.53621/jider.v3i4.255.
Melani, A., & Gani, E. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28.
Yaqin, F. A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Dalam Islam (Telaah Ayat Dan Hadist Tarbawi). Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(1), 97–117. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/alfikru/article/view/471.