Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Tema Alam melalui Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31332/aladl.v4i1.2616Keywords:
writing skills, poetry, acrostic techniquesAbstract
abstrak— Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas VII Reguler MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal pembelajaran pada awal penelitian yang menunjukkan rendahnya prestasi belajar peserta didik. Nilai rata-rata dari praktik awal menulis puisi peserta didik kelas VII Reguler mencapai 43,2 atau masih di bawah nilai KKM. Hal ini diketahui dari rendahnya pencapaian ketuntasan belajar terutama dalam keterampilan menulis puisi. Oleh sebab itu, tujuan peneliti yaitu meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan mengimplementasikan teknik akrostik. Metode dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, pada setiap tahap terdiri dari perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Reguler MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno yang berjumlah 25 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan teknik akrostik berhasil meningkatkan minat, motivasi dan kegembiraan peserta didik dalam menulis puisi, 2) hasil dari observasi aktivitas peserta didik mengalami kenaikan sebesar 48% dari jumlah presentase pratindakan 36% hingga siklus II 84%, 3) hasil belajar peserta didik dalam menulis puisi setiap siklus mengalami peningkatan setelah menggunakan teknik akrostik. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada pratindakan, siklus I, dan siklua II. Pada pratindakan, skor rata-rata adalah 8,64 kemudian pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 13,24 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 15,48. Secara keseluruhan terjadi peningkatan pada hasil nilai rata-rata menulis puisi peserta didik sebesar 6,84 dari pratindakan hingga siklus II, hal itu dapat menunjukkan penerapan tindakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik. Kata kunci—keterampilan menulis, puisi, teknik akrostik abstract— Classroom action research on students in class VII Regular MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno was motivated by the results of initial learning observations at the start of the research which showed the students' low learning achievement. The average value of the initial practice of writing poetry for Class VII Regular students reached 43.2, which is below the Minimum Completeness Criteria (KKM) of 75. This is known from the low learning achievement of students in Indonesian language subjects, especially in writing skills. poetry. Therefore, the researcher's aim is to improve poetry writing skills by implementing the acrostic technique. This research was carried out using the Classroom Action Research (PTK) method. This research was carried out in three stages, each stage consisting of planning, observation, action implementation and reflection. The subjects of this research were students in class VII Regular MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Baureno, totaling 25 students. The data collection used in this research is qualitative and quantitative data. Qualitative data is data from student activity observation sheets and interviews. Meanwhile, the data obtained from improving students' poetry writing practice test results is quantitative data. The results of this research are: 1) the application of the acrostic technique succeeded in increasing students' interest in writing poetry, 2) the results of observing students' activities increased by 48% from the pre-action percentage of 36% to cycle II 84%, 3) students' learning outcomes in writing poetry each cycle experiences improvement after using the acrostic technique. The results of this research can be seen from the comparison of the average scores obtained by students in pre-action, cycle I, and cycle II. In pre-action, the average score was 8.64, then in cycle I the average score increased to 13.24 and in cycle II it increased again to 15.48. Overall, there was an increase in the students' average poetry writing score of 6.84 from pre-action to cycle II, this shows that the implementation of the action was successful in improving students' poetry writing skills. Keywords—writing skills, poetry, acrostic techniquesReferences
Asorfi, B. A., Handayani, T., & Mafruzah, M. (2023) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Melalui Model PjBL di Kelas VB SDN Tlogomas 02 Kota Malang. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 98-113. Doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.439
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Lafamane, F. (2020).Karya sastra (puisi, prosa, drama). DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh
Mamonto, N., Paath, R. C., & Polii, I. J. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam Siswa Kelas VII SMP. KOMPETENSI, 2(10), 1714-1719. Retrieved ftom: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Kemampuan+Menulis+Puisi++Melalui+Media+Gambar+Alam+Siswa++Kelas+VII+SMP.+&btnG=#d=gs_qabs&t=1719387834157&u=%23p%3D3LIQMTx3hAUJ
Muhajir, M., & Hasbul, W. (2023). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas V UPT SDN 3 Batang Kabupaten Jeneponto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 226-232. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.562
Musfirah, M., Agussalim, H., Kasau, MN, Khalik, S., Lanta, J., & Saifullah, S. (2022). PENGARUH TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA. Cakrawala Indonesia , 7 (1), 9-14. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.656
Pradopo, Rachmat Djoko. (2007). Pengkajian Puisi: Analisis Strata dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Reni, DP (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Dengan Media Lagu Pada Siswa Kelas V Sdn Gajahmungkur 02 Semarang. Universitas NegeriSemarang .DOI: Retrieved from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENINGKATAN+KETERAMPILAN+MENULIS+PUISI+MELALUI+TEKNIK+AKROSTIK+DENGAN+MEDIA+LAGU++PADA+SISWA+KELAS+V+SDN+GAJAHMUNGKUR+02++SEMARANG&btnG=#d=gs_qabs&t=1705330196584&u=%23p%3D4ivsUI_VdmoJ
Sholehhudin, M. (2015). Penerapan JIM (Jurisprudential Inquiry Model) pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMAN MT Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama , 2 (1), 21-38. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i1.15
Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 33-48. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720
Syafitri, R., & Zulfikarni, Z. (2020). Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(5), 336. doi: https://doi.org/10.24036/108217-019883
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, H. J. (2005). Apresiasi Puisi