Study Analisis: Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Islamiyah Malo
DOI:
https://doi.org/10.31332/aladl.v4i1.2609Keywords:
Implementation, Independent Curriculum, MTs Islamiyah MaloAbstract
abstrak—Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang ditawarkan oleh kemendikbudristek sebagai kurikulum yang membebaskan pendidik menentukan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan di kelas. Kurikulum merdeka dalam implementasinya membutuhkan penyesuaian baik pada pendidik, peserta didik, sarana dan pra sarana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan tekhnik simak, libat, baca. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah triangulasi. Sumber data berupa bahan bacaan, observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Pada konsep ini peneliti melakukan wawancara dengan guru MTs Islamiyah Malo sebagai narasumber penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pada MTs Islamiyah Malo penerapan kurikulum merdeka berjalan dengan cukup lancar. Pendidik di MTs Islamiyah Malo dapat menyesuaikan penerapan kurikulum merdeka dengan baik. Hambatan pada penerapan kurikulum merdeka di MTs Islamiyah Malo terdapat pada penilaian dan peningkatan kompetensi pendidik melalui pelatihan. Kendati demikian, hambatan tersebut dapat disikapi dengan positif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kata kunci—Implementasi, Kurikulum Merdeka, MTs Islamiyah Malo Abstract— The independent curriculum is a curriculum offered by the Ministry of Education and Culture as a curriculum that frees educators to determine learning methods according to class needs. In its implementation, the independent curriculum requires adjustments to educators, students, learning facilities and infrastructure. This research uses descriptive research methods with listen, engage, read techniques. The data analysis technique used is triangulation. Data sources include reading materials, observations and interviews with related parties. In this concept, researchers conducted interviews with MTs Islamiyah Malo teachers as research sources. The results of this research are that at MTs Islamiyah Malo the implementation of the independent curriculum went quite smoothly. Educators at MTs Islamiyah Malo can adapt the implementation of the independent curriculum well. Obstacles to implementing the independent curriculum at MTs Islamiyah Malo lie in assessing and increasing the competence of educators through training. However, these obstacles can be addressed positively and can be adjusted to suit needs. Keywords— Implementation, Independent Curriculum, MTs Islamiyah MaloReferences
Abdurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Alam Bengawan Solo Klaten Tahun Ajaran 2022/2023.
Ayu Lestari, V., & Shofariyani Iryanti, S. (2024). Abad 21 : Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI melalui Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6155–6165.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 1–143.
Erlangga, M. (2017). STUDI KESIAPAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMAN 1 TUMIJAJAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Mochammad Ricky Rifa’i, et all. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR. 3(2), 157–171.
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu Abdul Fattah Nasution. Journal on Education, 05(04), 17308–17313.
Nur Azizah, E., Fitri Wiyono, D., & Eko Nasrulloh, M. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII di MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen Pasuruan. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(5), 187–194. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/21270
Setiawan, I., & Pasaribu, M. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di MTs Islamiyah Medan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 444–450. http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/190%0Ahttps://jpion.org/index.php/jpi/article/download/190/130
Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 9–14. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9965
Virgiyanti, D., Dewi, I. K., & Zuliani, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui in House Training (IHT) di SDIT Darul Ulum. Anwarul, 3(4), 751–766. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1335
Widygea Marbella, H., & Risalah, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar pada PAI dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 760–774.
Yamin. (2017). Yamin. (2017). Modul Pembekalan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Bagi Mahasiswa Asistensi Mengajar Program Studi Pendidikan Ipa Universitas Trunojoyo Madura. 7, 27–39.Modul Pembekalan Pembelajaran Berbasis Proyek . 7, 27–39.
Yaumi, M. (2012). Media Teknlogi dan Pembelajaran. In IAIN Antasari Press.