Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 4 Bojonegoro

Penulis

  • Kharidatuz Zahra’ IKIP PGRI Bojonegoro
  • Majidah Abiyah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Eni Fitri Damayanti IKIP PGRI Bojonegoro
  • Putri Fajar Desi Nonita Aysiah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31332/aladl.v3i1.1999

Kata Kunci:

learning methods, Indonesian language, High School

Abstrak

abstrak— Metode pembelajaran merupakan cara atau sistem yang dipilih oleh guru untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar maka. Tujuan dari penelitian ini memberikan wawasan tentang berbagai macam metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan mencari informasi melalui jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah setiap kelas menggunakan metode yang berbeda, menyesuaikan karakter siswa. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode apapun yang digunakan tetap efektif dan efisien bila menyesuaikan dengan karakter anak didik.

Kata kunci— metode pembelajaran, bahasa Indonesia, SMK

 

Abstract— The learning method is the method or system chosen by the teacher for the continuity of teaching and learning activities. The purpose of this study is to provide insight into various kinds of effective and efficient learning methods. The method used in this research is qualitative by conducting interviews and seeking information through journals. The results of this study are that each class uses a different method, adjusting the student's character. The conclusions from this study indicate that whatever method is used is still effective and efficient if it adapts to the character of the students.

Keywords— learning methods, Indonesian language, High School

Referensi

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=732875&val=11104&title=Metode%20Pembelajaran%20Modern%20Dan%20Konvensional%20Pada%20Sekolah%20Menengah%20Atas

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515/443

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 13(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153/104

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36

Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83-90. https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.158

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran project based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5129/3635

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p

Supriadi, A., Nurmalina, N., Rizal, M. S., & Marta, R. (2021). Analisis Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 7 Sampai 8 Tahun Di Desa Padang Mutung. Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 35-43. https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.10

Yudistira, C., & Wijayanti, F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Scaffolding melalui Media Gambar pada Kelompok A. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 138-149. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3502

Diterbitkan

2023-07-15

Terbitan

Bagian

Articles