Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Cerita Fantasi bermuatan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Artificial Intelligence

Muhammad Jamaluddin Al-Ghani, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Abstrak—Penelitian R&D (Research and Development) digunakan dalam mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis cerita fantasi dengan muatan profil pelajar Pancasila. Pendekatan ini fokus pada pengembangan produk yang dapat diterapkan secara efektif dalam konteks pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru di sekolah yang menjadi subjek penelitian. Teknik ini penting untuk memahami kebutuhan dan kondisi yang ada serta mendukung proses pengembangan bahan ajar. Selanjutnya, dalam tahap desain, pengembangan bahan ajar interaktif dilakukan dengan membuat flowchart dan storyboard. Flowchart digunakan untuk menggambarkan alur produk secara sistematis, sementara storyboard membantu dalam visualisasi detail dari setiap halaman bahan ajar interaktif, seperti halaman cover, halaman isi, dan halaman komik. Tahap pengembangan sendiri melibatkan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi untuk memastikan kevalidan dan kualitasnya. Hasil dari validasi ini menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif yang dikembangkan dinilai sangat baik oleh validator, dengan persentase ahli materi pertama sebanyak 93,33% sedangkan ahli materi kedua sebanyak 84,26% dan ahli media pertama sebanyak 88% kemudian ahli media kedua sebanyak 86% yang tinggi. Implementasi bahan ajar interaktif dilakukan dengan memperbaiki atau menyempurnakan produk berdasarkan masukan dari ahli dan menguji cobakan langsung pada siswa dan guru. Evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas produk dan respon pengguna, baik dari segi keefektifan maupun kepraktisan dalam penggunaannya di lingkungan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif ini layak digunakan untuk proses pembelajaran, dengan data nilai pretest dan postest yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi cerita fantasi bermuatan profil pelajar Pancasila.

Kata kunci—Bahan Ajar Interaktif, Cerita Fantasi, Profil Pelajar Pancasila, Artificial Intelligence

 

 

Abstract—R&D (Research and Development) research was used to develop interactive teaching materials based on fantasy stories containing Pancasila student profiles. This approach focuses on developing products that can be applied effectively in learning contexts. The data collection method used involves observation, interviews and documentation techniques to obtain information from students and teachers at the school that is the subject of the research. This technique is important for understanding existing needs and conditions and supporting the process of developing teaching materials. Next, in the design stage, the development of interactive teaching materials is carried out by creating flowcharts and storyboards. Flowcharts are used to describe product flow systematically, while storyboards help in visualizing details of each page of interactive teaching materials, such as cover pages, contents pages, and comic pages. The development stage itself involves product validation by media experts and material experts to ensure its validity and quality. The results of this validation show that the interactive teaching materials developed were assessed as very good by the validators, with the percentage of first material experts being 93.33% while second material experts were 84.26% and first media experts were 88% and second media experts were 86%. tall one. Implementation of interactive teaching materials is carried out by improving or perfecting the product based on input from experts and testing it directly on students and teachers. Evaluation is carried out to assess the quality of the product and user response, both in terms of effectiveness and practicality in its use in the learning environment. The results of data analysis show that this interactive teaching material is suitable for use in the learning process, with pretest and posttest score data showing an increase in students' understanding of fantasy story material containing the Pancasila student profile.

Keywords—Interactive Teaching Materials, Fantasy Story, Pancasila Student Profile, Artificial Intelligence


Keywords


Interactive Teaching Materials, Fantasy Story, Pancasila Student Profile, Artificial Intelligence

Full Text:

PDF

References


Azhari, M. H. R. (2022). Profil pelajar Pancasila ditinjau dari konsep sosio nasionalisme. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1). file:///C:/Users/isc/Favorites/Downloads/3330-5828-1-PB.pdf

Cendana, R. (2010). Peningkatan pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo Tahun Ajar 2009/2010. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta) 4-12. https://eprints.ums.ac.id/8434/1/A310060035.pdf

Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas LKS matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor pada materi bangun datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148-158. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10612

Hamidah, J. (2022). Pelatihan penyusunan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada kepala sekolah dan guru-guru sekolah dasar di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 259-271.

Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204/953

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan bahan ajar. Direktorat UPI, Bandung, 4(11), 1-13.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37. file:///C:/Users/isc/Favorites/Downloads/11042-46907-1-PB%20(1).pdf

Kartika, T., & Fauzi, M. R. (2021). Pembelajaran membaca dongeng siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan model role playing melalui media gambar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 467-474. https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.5429

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019, October). Model ADDIE untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3D pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/90831393/844-1705-1-PB-libre.pdf.

Nurmala, D. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran example non example terhadap pemahaman isi dongeng (Penelitian pada siswa kelas II SDN Soroyudan Kabupaten Magelang) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1261.

Pratikno, A. S. (2017). Implementasi artificial intelligence dalam memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa sekolah dasar melalui platform offline conference. In Proceeding KMP Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) (pp. 18-27).

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106.

Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran artificial intelligence ChatGPT dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100

Susanto, H., & Sunarsih, E. (2015). Model pembelajaran cooperative tipe script sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa SMP. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6385/Heru%20Susanto.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Wahyuny, I. N. (2017, April). Pengembangan modul edukasi literasi keuangan islam dan produk halal dengan “ADDIE”. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 3, No. 1). file:///C:/Users/isc/Favorites/Downloads/10657-24528-1-PB.pdf

Widiastuti, N. (2016). Peran mendongeng dalam melatih kecerdasan emosi anak usia dini. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 2-20. https://doi.org/10.24912/provitae.v8i2.215

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan bahan ajar interaktif kompetensi memproduksi teks prosedur kompleks yang bermuatan kesantunan bagi peserta didik kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/seloka.v4i2.9866


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.