Analisis Psikologi Tokoh Utama pada Novel Pukul Setengah Lima Karya Rintik Sendu serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Tita Torenzi, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui, memahami, mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kebutuhan psikologi sastra humanistik tokoh utama dalam novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sendu yang dikaji melalui teori kebutuhan Abraham Maslow. Sehingga kajian ilmiah tersebut akan dikaitkan dengan hubungan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Strategi atau metode peninjauan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni mencari kutipan naratif yang relevan dengan penelitian yang ditargetkan. Metode kualitatif sendiri menghasilkan informasi menarik berupa kata-kata yang disusun atau diungkapkan. Dampak jangka panjang dari penelitian ini membuktikan bahwa konflik batin tokoh utama bernama Alina memiliki kecemasan berupa kesedihan dan kebimbangan karena merasa bersalah karena telah berbohong pada Danu. Sedangkan dalam tinjauan teoritis pendekatan psikologi sastra yang ditelaah melalui kebutuhan psikologis Abraham Maslow. Sedangakan untuk hasil analisis hubungan novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA di temukan bahwa kajian karateristik tokoh utama dapat digunakan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia tingkat SMA khususnya kelas 3.9 “Menganalisis isi dan kebahasaan novel” kemudian dikembangkan dalam IPK bahan ajar sastra SMA.
Kata kunci— Analisis psikologi sastra, tokoh utama, pembelajaran SMA

Abstract—The aim of this research is to find out, understand, describe and analyze the form of humanistic literary psychological needs of the main character in the novel At Half Five by Rintik Sendu which is studied through Abraham Maslow's theory of needs. So this scientific study will be linked to the relationship between Indonesian language learning in high school. The strategy or method for reviewing this research uses a qualitative descriptive method, namely looking for narrative quotes that are relevant to the targeted research. The qualitative method itself produces interesting information in the form of words that are arranged or expressed. The long-term impact of this research proves that the inner conflict of the main character named Alina has anxiety in the form of sadness and doubt because she feels guilty for lying to Danu. Meanwhile, in the theoretical review, the psychological approach to literature is examined through Abraham Maslow's psychological needs. Meanwhile, the results of the analysis of the relationship between the novel At Half Five by Rintik Sedu and Indonesian language learning in high school found that the study of the characteristics of the main character can be used as Indonesian language teaching material at high school level, especially class 3.9 "Analyzing the content and language of the novel" and then developed into the IPK teaching material. high school literature.
Keywords—Psychological analysis of literature, main characters, high school learning

Keywords


Psychological analysis of literature, Main Characters, high school learning

Full Text:

PDF

References


Fananie, Z. (2001). Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Faruk. (2019). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Belajar.

Kemendikbud. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/9.%20Bahasa%20Indonesia%20Tingkat%20Lanjut.pdf (diakses pada 25 April 2024).

Maslow, A. H. (1984). Motivatio and Personality (Teori Motivasi dengan (Motivasi dan Kepribadian) Cetakan Pertama. Cantrik Pustaka.

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra. Karya sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPFE.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Siswasih, & dkk. (2007). Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMK Kelas XII. PT. Galaxi Puspa Mega.

Taringan, H. G. (1984). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Angkasa.

Wellek, R., & Warren, A. (1990). Teori Kesusastraan (Diterjemahkan Oleh Melani Budianta). Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.