Studi Fonologi Tentang Gugus Konsonan dalam Berbagai Bahasa

Salsabila Nurhaliza Putri Isnani, Dian Pri Mahar Siwi, M Nuril Rochman Al Wahid, Lintang Mustika Buana

Abstract


abstrak— Gugus konsonan adalah fonem yang berjumlah lebih dari satu yang berada dalam satu suku kata. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis studi fonologi tentang gugus konsonan dalam berbagai bahasa. Penelitian ini menggunakan metode library research, data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berikut merupakan hasil dari analisis dalam penelitian studi fonologi tentang gugus konsonan dalam berbagai bahasa yaitu untuk mengetahui: 1) pengenalan dan distribusi gugus konsonan, 2) Pengaruh gugus konsonan terhadap kesulitan pengucapan, 3) peran gugus konsonan dalam pengembangan makna dan persepsi bahasa. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat tiga cara dalam menganalisis studi fonologi tentang gugus konsonan dalam berbagai Bahasa.
Kata kunci—gugus konsonan, fonologi, bahasa


abstract—Consonant clusters are phonemes that are more than one in a syllable. This research aims to analyze the phonological study of consonant clusters in various languages. This research uses a library research method, the data in this research uses secondary data, and the validation technique in this research uses triangulation technique. The following are the results of the analysis in the research of phonology studies on consonant clusters in various languages, namely: 1) introduction and distribution of consonant clusters, 2) The effect of consonant clusters on pronunciation difficulties, 3) The role of consonant clusters in the development of meaning and language perception. The conclusion of this research is that there are three ways to analyze the phonological study of consonant clusters in various languages.
Keywords— consonant clusters, phonology, language

Keywords


consonant clusters, phonology, language

Full Text:

PDF

References


Andesta, A. N. A., & Nurhafizah, N. (2023). Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Parupuk Tabing. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 165-176.https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1522 .

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2), 230-245. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://journal.umgo.ac.id/index.php/AJamiy/article/view/302.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82-87. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Mahardika, P. B., Budasi, I. G., & Marjohan, A. (2018). The qualitative evidences that differentiate pelaga and tembakan dialects: a constrative study. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 6(2), 10-20. https://doi.org/10.23887/jpbi.v6i2.20584 .

Marsono. (2021). Fonologi Bahasa Indonesia Jawa dan Jawa Kuna. Yogyakarta: UGM Press.

Musaffak, M. (2015). Analisis wacana iklan makanan dan minuman pada televisi berdasarkan struktur dan fungsi bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618.

Nurlaela, L., Afifah, A., & Nugraha, M. W. (2023). Perbedaan Deret Konsonan dan Gugus Konsonan Pada Bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 1(2), 28-37. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i2.270.

Parmawati, S. (2024). Buku ajar Bahasa Indonesia. Sumedang: Mega Press Nusantara.

Rumalean, I., Laksono, K., & Yulianto, B. (2019). Fonem Fonotaktik Bahasa Gorom: Kajian Dialektologis. ELite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature, 1(2). https://doi.org/10.26740/elitejournal.v1n2.p%25p .

Safitri, T. N. R., Awaludini, A., & Purnama, D. (2023). Perbedaan Fonologi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 1(3), 01-09.https://doi.org/10.61132/pragmatik.v1i3.201 .

Setyadi, A. (2019). Fonem deret konsonan dalam Bahasa Indonesia. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(1), 53-64. https://doi.org/10.14710/nusa.14.1.53-64.

Sujono, S., Rahayu, A. B., & Cahyanti, T. W. (2017). Perbaikan Kemampuan Pronounciation Mahasiswa Bahasa Inggris Dengan Metode Turutan. Dharma Pendidikan, 12(2), 93-116.https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/42 .

Surastina. Yuricki, E. & Susanto. (2021). Linguistik interdisipliner pada era revolusi industri 4.0. Pekalongan: Penerbit NEM.

Sutrimah., Setiana, L. N., & Wardani, O. P. (2023). Fonologi Bahasa Indonesia: suatu tinjauan tentang bunyi bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, T. (2022). Konsep dasar Bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatera: CV Azka Pustaka.

Waridah, E. EYD Saku + Pedoman Pembentukan Istilah Dalam Bahasa Indonesia, Kumpulan Pantun, Tanda dan Lambang. Indonesia: Kawan Pustaka.

Wenda, D., Kabanga, L., & Labobar, M. W. (2022). Fungsi Bahasa pada Konten Khotbah Pengkhotbah di Jemaat-Jemaat Lingkungan Kota Klasis Sentani. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 793-806. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.483.

Yendra. (2018). Mengenal ilmu bahasa (linguistik). Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.