Urgensi Fonetik dan Fonemik dalam Bahasa

Lisa Nur Asmi, Rani Ayuni Fi’ana, Choirus Yunika Sari, Siti Musdalifah, Masnuatul Hawa

Abstract


abstrak—Fonetik adalah kajian bunyi-bunyi bahasa tanpa memperhatikan perbedaan dalam makna, fonemik adalah studi tentang suara dalam bahasa yang digunakan untuk membedakan makna. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui urgensi fonetik dan fonemik dalam bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, data dalam penelitian ini data sekunder, teknik validasi dalam penelitian ini teknik triangulasi. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu fonetik dan fonemik dalam bahasa mempunyai peran penting seperti: 1) Keterampilan membaca dan menulis, 2) Memahami struktur kata, 3) Perbaikan intonasi dan ritme. Simpulan pada penelitian ini menunjukkan tiga urgensi fonetik dan fonemik dalam bahasa.
Kata kunci—Fonetik, Fonemik, Bahasa



abstract—Phonetics is the study of the sounds of language without regard to differences in meaning, phonemics is the study of sounds in language used to distinguish meaning. The purpose of this research is to find out the urgency of phonetics and phonemics in language. The method used in this research is literature study, the data in this research is secondary data, the validation technique in this research is triangulation technique. The results and discussion in this study are phonetics and phonemics in language have important roles such as: 1) Reading and writing skills, 2) Understanding word structure, 3) Improvement of intonation and rhythm. The conclusion of this study shows three urgencies of phonetics and phonemics in language.
Keywords— Phonetics, Phonemics, Language

Keywords


Phonetics, Phonemics, Language

Full Text:

PDF

References


Abna, N. (2024). Fonologi. Yogyakarta: Deepublish.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., dan Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumapsul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Al-Rasyid, A. A. M., dan Siagian, I. (2023). Struktur Bahasa Indonesia dan Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6262-6274. https://doi.org./10.31004/innovative.v3i3.2840

Anggayana, I. W. A., & Sari, N. L. K. J. P. (2017). Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Akomodasi Perhotelan: sebuah Kajian Fonologi. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 1(1), 8-14.http://dx.doi.org/10.37484/jmph.010102

Arifin, L. A. A., dan Fanani, U. Z. (2020). Kesalahan Penjedaan dalam Membaca Bacaan dalam Buku HSK 4 pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa Angkatan 2018. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(2), 1-16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/issue/view/3042

Armis, M. K., Harahap, A. I., dan Syarfina, T. (2023). Analisis Prosodi Kajian Fonetik Akustik pada Bahasa Batak Angkola. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19(1), 158-165. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6878

Asmi, L. N., Budiawan, A., Wardani, L. K., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Konsentratif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 102-108. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2260

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226-245. https://dx.doi.org/10.30829/ar.v24i2.167

Evelina, H. T., Damanik, N. A., Alfani, R., & Audina, F. (2024). Fonetik Fonemik Dan Grafemis. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(5), 1644-1652. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/366

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018

Ihsan, R. F. dan Siagian, I. (2023). Pengaruh Fonologi Pada Kajian Fonetik dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 9621-635. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP

Kamhar, M. Y. (2022). Pembelajaran Fonetik Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asal Nusa Tenggara Timur Di Unitri Malang. Jurnal Bindo Sastra, 5(2), 65-73. https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.3677

Kuswoyo dan Hermawan, N. F. (2021). Fonetik: Artikulatoris, Akustis, dan Auditoris serta Pengajarannya. El Wahdah, 2(1), 1-13. https://doi.org./10.35888/elwahdah.v2i1.4491

Mubarok, T. A., Saifudin, A., & Rofiah, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 36-43. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.416

Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa Indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25-30. https://doi.org./10.36654/educatif.v2i3.21

Musaffak, M. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-232, https://doi.org./10.22219/kembara.v1i2618

Novitasari, D., Zilla, N. E., Pramesti, A. R., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Intensif Pada Kurikulum Merdeka di Kalangan Pelajar. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 118-124.

Panggabean, S. (2022). Analisis Wacana dalam Perspektif Linguistik Forensik. Indramayu: Penerbit Adab.

Parmawati, S. (2024). Buku Ajar Bahasa Indonesia. Sumedang: Mega Press Nusantara.

Prihatini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia: Paduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Priyantoko, Putri, N. R., dan Hasanudin, C. (2023). Mengenal Lebih Dekat Fonologi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Rochyadi, E. (2010). Pengaruh Kesadaran Linguistik dan Kesadaran Persepsi Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(7), 75-89. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.510

Siwi, D. P. M., Fauziah, R., Rosyida, A. S., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Estetik di Kalangan Mahasiswa pada Era Digital. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 872-881. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2349

Sutrimah, Setiana, N. L., Azizah, A., Wardani, P. O., Arsanti, M., Hasanudin, C., Kurniawan, Y, P., Juwanda, dan Dapubeang, P.A. R. A. (2023). Fonologi Bahasa Indonesia: Suatu Tinjauan Tentang Bunyi Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, T. (2022). Konsep Dasar Indonesia di SD/MI. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.

Ulfah, T. T., & Nugraheni, A. S. (2020). Pemahaman Fonetik Siswa Sekolah Dasar Terhadap Teknik Membaca Bersuara. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 18(2), 201-211. https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2548

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203, https://doi.org./10.21009/AKSIS.010203

Wenda, D., Kabanga, L., dan Laborar, M. W. (2022). Fungsi Bahasa pada Konten Khotbah Pengkhotbah di Jemaat-Jemaat Lingkungan Koa Klasis Sentani. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(4), 793-806. https://doi.org./10.30872/diglosia.v5i4.483

Yusni. (2024). Penguasaan Kosa Kata dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.