Analisis Pengaruh Fonologi terhadap Pembelajaran Keterampilan Membaca

Citra Amalia Efendi, Felisia Enggita Cahyani, Reva Amelia Agustina, Jesica Fitria Maharani, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Fonologi dapat diartikan sebagai cabang ilmu linguistik yang mempelajari sistem bunyi dan analisis pola suara. Tujuan dari penelitin ini adalah ingin mengetahui Pengaruh Fonologi terhadap Pembelajaran Keterampilan Membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triagulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh fonologi terhadap pembelajaran keterampilan membaca memiliki peran penting seperti: 1) interpretasi hubungan antara huruf dengan suara, 2) kemampuan menguraikan kata-kata, 3) peningkatan mengenali huruf, 4) peningkatan kecepatan serta ketepatan membaca. Simpulan dalan penelitian ini adalah terdapat 4 analisis pengaruh pembelajaran fonologi terhadap keterampilan membaca.
Kata kunci—Fonologi, Pembelajaran, Keterampilan membaca.


Abstract— Phonology can be defined as a branch of linguistics that studies sound systems and analyzes sound patterns. The purpose of this research is to find out the Effect of Phonology on Learning Reading Skills. This research uses qualitative descriptive method, the data used in this research is secondary data, the technique used in this research is triagulation technique. The result of this research is the influence of phonology on learning reading skills has an important role such as: 1) interpretation of the relationship between letters and sounds, 2) ability to decipher words, 3) increase in recognizing letters, 4) increase in reading speed and accuracy. The conclusion of this research is that there are 4 analyses of the influence of phonology learning on reading skills.
Keywords—Phonology, Learning, Reading skills

Keywords


Phonology, Learning, Reading skills

Full Text:

PDF

References


Anisawwn, H.W.A., Chandra, A., & Sulianto, J. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Fonetik dan Aspek Semantik. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5 (1). https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).7482.

Anjani, A., Syapitri, G. H., dan Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442.

Chaer, & Abdul (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Bandung: Rineka Cipta.

Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., dan Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah.

Ihsan, F.R., & Siagian, I. (2023). Pengaruh Fonologi Pada Kajian Fonetik Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (23), 621-635. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5596.

Inawati, I., & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa kelas V SD Negeri Oku. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 173-182. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.927.

Irawati, W.O., & Masie, S.R. (2023). Penerapan Metode Bermain Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 1 Limboto. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 6 (1), 163-175. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v6i1.2286.

Jediut, M., Sennen, E., dan Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sd selama pandemi covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1-5. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2047.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

Kushartanti., Yuwono, U., & Lauder, R.M. (2007). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300-319. https://www.neliti.com/publications/118311/peningkatan-kemampuan-membaca-permulaan-melalui-penerapan-media-kartu-gambar.

Mar’ah, N. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Learning di Kelas II SDN Inpres Sidoharjo Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(12), 118545. https://www.neliti.com/publications/118545/meningkatkan-kemampuan-membaca-nyaring-pada-mata-pelajaran-bahasa-indonesia-mela.

Masni, H., Yuliana, E., Cahyani, F. E., Romadhoni, M. B., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Ekstensif di Kalangan Mahasiswa Pecinta Podcast. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 41-51. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812.

Mufidah, N., dan Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.

Potaboga, W., R., Hidayanti, N., A., & Siahaan, H. (2023). Perbandingan Alofon Bahasa Indonesia dengan Bahasa Batak. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris,1 (2), 12-20. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i2.260.

Priyantoko., Putri, N.R., & Hasanudin, C. (2023). Mengenal Lebih Dekat Fonologi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., dan Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177-193. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025.

Puspitasari, A., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Fitur Short pada Youtube se-bagai Penunjang Pembelajaran Menulis puisi pada Siswa SMA. In Seminar Na-sional Daring Sinergi, 1(1), 1- 8. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/in-dex.php/SND/article/view/1625.

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., dan Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984.

Saputra, N., & Fitri, A.N. (2020). Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia. Surakarta: Cv Kekata Group.

Saputra, N., & Mariana. (2020). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Surabaya: Cv Jakad Media Publishing.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.

Susanti, N. D., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2023). Strategi Pengembangan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Media Roda Edukatif Pada AUD. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-39. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/276.

Sutari, S., & Rahma, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Mengurai Kata. Damhil Education Journal, 3(2), 58-64. http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i2.2081.

Sutrisno, T. (2022). Konsep Dasar Bahasa Indonesia di Sd/Mi. Sumatera Barat: Cv Azka Pustaka.

Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Sosial di Kalangan Karang Taruna di Daerah Pedesaan. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 29-40. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3810.

Tiningsih, E., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education and Development, 8(2), 399-399. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729.

Widodo, U. (2021). Uji signifikansi pengaruh kreativitas belajar pada keterampilan membaca siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 95-106. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2970.

Yanti, P.Z. (2024). Kajian Kebahasaan (Teori dan Analisis). Gresik: Penerbit Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.

Yulianti, R., & Unsiah, F. (2018). Fonologi. Malang: UB Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.