Analisis Teks dan Konteks pada Iklan Minuman Kemasan (Le Minerale dan Aqua)
Keywords:
Advertiments, Text, ContextAbstract
abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks dan konteks pada iklan minuman kemasan Le Minerale dan Aqua guna mengungkap strategi komunikasi yang digunakan dalam membangun citra merek dan memengaruhi persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana. Data diperoleh dari iklan-iklan dalam media cetak, televisi, dan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Le Minerale menonjolkan kemudahan, rasa alami, dan keamanan produk melalui bahasa yang menarik dan santai, sementara Aqua lebih menekankan nilai keberlanjutan dan gaya hidup sehat melalui pendekatan yang etis dan simbolik. Keduanya menggunakan sindiran halus sebagai strategi kompetitif yang memperkuat daya tarik emosional dan logis iklan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan bahasa, struktur pesan, dan konteks sosial dalam iklan memiliki pengaruh besar dalam membentuk persepsi dan keputusan konsumen.
Abstract—This research aims to analyze the text and context in advertisements for Le Minerale and Aqua packaged drinks in order to reveal the communication strategies used to build brand image and influence consumer perceptions. This research uses a qualitative approach with discourse analysis methods. Data was obtained from advertisements in print, television and digital media. The research results show that Le Minerale emphasizes the convenience, natural taste and safety of products through attractive and relaxed language, while Aqua emphasizes the value of sustainability and a healthy lifestyle through an ethical and symbolic approach. Both use subtle innuendo as a competitive strategy that strengthens the advertisement's emotional and logical appeal. The conclusions of this research show that the choice of language, message structure, and social context in advertising have a major influence in shaping consumer perceptions and decisions.
References
Adi, P.E. (2016). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Konsumen & kreativitas iklan terhadap minat belu konsumen-shop, 1(1). https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16 .
Aisha, N., & Kurnia, E. (2018). Pengaruh Kuantitas Pelayanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Citra Merek pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 128-137. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i2.761 .
Apriany, A., Gendalasari, G. G., & Fadillah, A. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105 = 114. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278 .
Astuti, S. P. (2012). Fungsi bahasa dalam wacana iklan media cetak. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra [Online], 3(1), 1-10. https://doi.org/10.14710/nusa.5.1.1-10 .
Astuti, S. P. (2012). Fungsi bahasa dalam wacana iklan media cetak. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra [Online], 3(1), 1-10. https://doi.org/10.14710/nusa.5.1.1-10 .
Djalal, M., Pati, A. B., & Mingkid, E. (2023). Implementasi Kebijakan Perekrutan dan Seleksi Bagi Calon Anggota Legislatif Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Sulawesi Utara Pada Pemilu 2019. AGRI-SOSIOEKONOMI, 19(2), 1277-1288. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v19i2.52061
Faturrohmah, S. A., Utami, S. R., & Ansoriyah, S. (2024). Makna kontekstual diksi iklan di TikTok dan implikasinya terhadap memaknai informasi teks iklan SMP. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 8(2). https://jurnal.unigal.ac.id/literasi/article/view/15492 .
Gustiarni, T. (2025). prosedur perhitungan, penyetoran, dan pelaporan pajak hotel Kota Jambi Tahun 2023 (Doctoral dissertation, universitas jambi).
Ramli, U., & Basri, L. (2021). Peran Gender Pada Masyarakat Bugis. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). 78-89. Retrived From: https://repository.unja.ac.id/73895/.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Redrieved fromHttp://Repository.Uinsu.Ac.Id/9105/1/BUKU%20METODOLOGI%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DR.%20NURSAPIA%20HARAHAP,%20M.HUM.Pdf .
Humble, Aine M. 2009. Technique Triangulation for Validation in Directed Content Analysis. International Journal of Qualitative Methods. 8 (3):3451
Kamal, M. (2021). Kohesi Dan Koherensi Dalam Teks Bahasa Arab. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(2). https://doi.org/10.46838/jbic.v2i2.115 .
Maulida, Z. N. (2021). Wacana Penanda Kekohesian dan Kekoherensian dalam Berita Covid-19 di Liputan6. com. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(02), 287-299. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i02.991 .
Mulyanah, A. (2017). Transitivitas Pada Slogan Iklan Berbahasa Inggris: Pendekatan Tata Bahasa Fungsional. Sawerigading, 19(3), 323-331.
Murtafi’ah, W. (2022). Analisis Kohesi Dan Koherensi Wacana Lisan Kajian Naskah Pementasan Wayang Kulit Sasak. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 200-210. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i2.454
Novitasari, A., Zahroh, M., Fitriana, Z., Amiarti, E., Utami, J. M., Utomo, A. P. Y., & Islamy, A. B. D. (2024). Analisis ilokusi dan implikaturnya pada teks iklan, slogan, dan poster dalam materi bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 75-94. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i2.645 .
Nurhayati, N., Apriyanto, A., Ahsan, J., & Hidayah, N. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Parawita, F., Salas, H. J., & Marini, M. (2025). Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran (Café Maknyus) Dalam Meningkatkan Branding. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 12(1), 341-352. https://doi.org/10.37676/professional.v12i1.8530
Pujiatna. (2023). Analisis makna kontekstual pada iklan televisi. Jurnal Edukasi Ilmiah Ilmu Linguistik, 5(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/3578 .
Rahayu, P. (2011). Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Pondok 1 Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.
Rizal dan Furinto, (2009). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Tv Tokopedia, 2(2). https://doi.org/10.35814/jrb.v2i2.402 .
Rudini, R. (2025). Strategi Komunikasi Politik Partai Solidaritas Indonesia pada Pemilihan Umum 2024 di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I (Doctoral dissertation, Universitas Fajar). Retrived From: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1448/.
Setiyono, J., & Sutrimah, S. (2016). Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 297-310. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263 .
Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo media pustaka.
Sulianta, F. (2024). Manajemen Perusahaan Industri. Feri Sulianta.
Syukri. (2019). Analisis makna implikatur iklan layanan masyarakat di Kota Makassar. Tesis, Universitas Negeri Makassar. https://eprints.unm.ac.id/11049/1/Artikel%20Tesis%20Syukri.pdf .
WIDYAWATI, A. (2017). Bahasa Iklan Penawaran Barang Atau Jasa Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.32585/.v3i2.77.
Wijaya, M. H. P. (2013). Promosi, Citra merek, dan Saluran Distribusi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian jasa terminix di kota Manado. Jurnal Emba, 1(4), 1-115. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2578