Peran Hak Asasi Manusia dalam mengatasi bullying pada generasi Z
Keywords:
Hak asasi manusia, bullying, generasi zAbstract
abstrak— Gen Z yaitu manusia yang lahir pada zaman teknologi lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memahami peran hak asasi manusia dalam mengatasi bullying pada generasi Z. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data sekunder berupa jurnal nasional yang relevan dengan topik penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga peran hak asasi manusia dalam mengatasi bullying pada generasi Z, peran tersebut yaitu 1) perlindungan HAM sebagai landasan kebijakan penanganan bullying, 2) mencegah cyberbullying dengan meningkatkan pemahaman hak asasi manusia era digital dan 3) HAM sebagai pemulihan psikologis korban bullying. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga peran hak asasi manusia dalam mengatasi bullying pada generasi Z.
Kata kunci— Hak asasi manusia, bullying, generasi Z
Abstract— Generation Z refers to people born in the technological era between 1997 and 2012. This study was conducted with the aim of understanding the role of human rights in overcoming bullying among Generation Z. A Systematic Literature Review (SLR) method was used with secondary data sources in the form of national journals relevant to the research topic. Data collection was carried out using the read and note method, while data validation used the theory triangulation technique. The results of this study show three roles of human rights in overcoming bullying in Generation Z, namely 1) human rights protection as the basis for bullying prevention policies, 2) preventing cyberbullying by increasing understanding of human rights in the digital era, and 3) human rights as psychological recovery for victims of bullying. The conclusion of this study is that there are three roles of human rights in overcoming bullying in Generation Z.
Keywords— Human rights, bullying, generation Z
References
Aristianto, B. Z. N., Abdillah, R., Anastuti, R., & Fabian, S. (2024). Upaya mencegah cyberbullying dan memahami hak asasi manusia di era digital. Lentera Ilmu, 1(2), 132-136. https://doi.org/10.59971/li.v1i2.62.
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik generasi z dan kesiapannya dalam menghadapi bonus demografi 2030. Accounting student research journal, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812.
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh bullying terhadap pelajar pada tingkat sekolah menengah pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297-301. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pembullyan+merupakan&btnG=#d=gs_qabs&t=1762205796647&u=%23p%3DqsSt55uHuWYJ.
Fitriana, I. (2023). Proteksi korban cyberbullying di era digital untuk hak asasi manusia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(5), 20–26. https://doi.org/10.572349/civilia.v2i5.1198.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.
Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2019). Strategi pembelajaran bahasa bagi generasi Z: Sebuah tinjauan sistematis. Jurnal Pendidikan Edutama (JPE), 6(2), 31-45. https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/135/1/2019%20%28Strategi%20Pembelajaran%20Bahasa%20Bagi%20generasi%20Z.pdf.
Hidayat, E. (2016). Perlindungan hak asasi manusia dalam negara hukum Indonesia. ASAS, 8(2), 80-87. https://doi.org/10.24042/asas.v8i2.1249.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jurnal Hukum, 1(1), 1-11. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Pemenuhan+Hak+Atas+Pendidikan+Anak+Sipil+di++Lembaga+Pembinaan+Khusus+Anak+%28LPKA%29+Kelas+I+Kutoarjo&btnG=#d=gs_qabs&t=1762211479225&u=%23p%3D6UL8oFaPO3oJ.
Khakim, A. (2018). Hak asasi manusia dalam perspektif pendidikan Islam. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 371-381. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.84.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan strategi melayaninya. Ambassadors: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 23-34. https://stt-indonesia.ac.id/journal/index.php/ambassadors/article/view/22.
Lusiana, S. N. E. L., & Arifin, S. (2022). Dampak bullying terhadap kepribadian dan pendidikan seorang anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337-350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar: tinjauan berdasarkan karakter generasi z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197-210. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216.
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi perilaku bullying di sekolah (sebuah upaya preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685-691. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis dampak bullying terhadap psikologi siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1245-1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, O. A., Trisiana, A., & Safitri, L. (2021). Perlindungan HAM dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 100-111. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i1.4702.
Rismawati, S. D., & Amanah, R. (2023). Pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap penganut keyakinan dan keagamaan. Jurnal Bela Negara, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.70377/jbn.v1i1.5197.
Sari, R. K., & Budoyo, S. (2019). Perkembangan pengaturan hak asasi manusia (HAM) dalam hukum di Indonesia. Jurnal Meta-Yuridis, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.26877/m-y.v2i2.4686.
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2016). Perilaku bullying di sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1-10. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=pembullyan+adalah#d=gs_qabs&t=1762205399051&u=%23p%3D9yeKmlLKjKcJ.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Visty, S. A. (2021). Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal intervensi sosial dan pembangunan (JISP), 2(1), 50-58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976.
Wulan, P. T., & Sasmita, A. R. (2021). Analisis pemenuhan hak atas pendidikan anak sipil di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo. Eksaminasi:
Zahro, L. U., Khoirina, N. N., Devianti, S. I., & Azizah, R. N. (2024). Kebijakan publik terhadap penanganan kasus bullying dalam perspektif hak asasi manusia. Juris Humanity: Jurnal Riset dan Kajian Hukum Hak Asasi Manusia, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.37631/jrkhm.v3i2.42.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.