Peran Generasi Z dalam Memperkuat Nilai Kebangsaan di Era Digital

Authors

  • Dela Nur Cahaya Rasa Fitri IKIP PGRI Bojonegoro
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ernia Duwi Saputri IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Era Digital, Generasi Z, Nilai Kebangsaan

Abstract

Abstrak—Generasi Z merupakan generasi yang sudah terbiasa menggunakan teknologi dan tergolong mampu berpikir dengan cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran generasi Z dalam memperkuat nilai kebangsaan di era digital. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan data sekunder yang diambil dari jurnal nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z dalam memperkuat nilai kebangsaan di era digital memiliki peran 1) mempertahankan nilai kebangsaan di tengah perkembangan teknologi, 2) meningkatkan kesadaran bela negara melalui pemahaman nilai-nilai kebangsaan, 3) mempermudah akses informasi serta komunikasi yang mendukung keterlibatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga peran generasi Z dalam memperkuat nilai kebangsaan di era digital.
Kata kunci—Era Digital, Generasi Z, Nilai Kebangsaan


Abstract—Generation Z is a generation that is already accustomed to using technology and is considered capable of thinking quickly. The purpose of this study is to understand the role of Generation Z in strengthening national values in the digital era. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method with secondary data obtained from national journals. The data collection technique uses the observe and note method. Data validation is conducted using triangulation techniques. The results of the study show that Generation Z plays a role in strengthening national values in the digital era by 1) maintaining national values amidst technological developments, 2) increasing awareness of national defense through understanding national values, and 3) facilitating access to information and communication that supports involvement in national life. The conclusion of this study is that there are three roles of Generation Z in strengthening national values in the digital era.
Keywords—Digital Era, Generation Z, National Values

 

References

Akbar, R. S., Hutasuhut, M. A., Rifansyah, M. A. A., Dwinanda, M. Y., Shiddiq, M. R. A., Rahardandi, P. G., & Aji, W. P. (2024). Bela negara di era digital: tantangan dan strategi memperkokoh nilai-nilai kebangsaan melalui teknologi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 8418–8428. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.10783.

Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi Z. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 447-456. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4263.

Alamsyah, I. L., Aulya, N., & Satriya, S. H. (2024). Transformasi media dan dinamika komunikasi dalam era digital: Tantangan dan peluang ilmu komunikasi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 168-181. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.554.

Aprianto, N. E. K. (2021). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis. International Journal Administration, Business & Organization, 2(1), 8-15. https://doi.org/10.61242/ijabo.21.152.

Arifin, M. Z. (2023). Strategi Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Nilai-Nilai Kebangsaan pada Anak Usia Dini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3007.

Arifin, S., Reksoprodjo, A. H. S., & Timur, F. G. C. (2023). Pancasila Sebagai Asal Mula Ideologi Bangsa Dan Negara Indonesia Terhadap Nilai-Nilai Kebangsaan. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2505-2514. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5838.

Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik generasi z dan kesiapannya dalam menghadapi bonus demografi 2030. Accounting student research journal, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812.

Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144-161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234.

Darwanto, D., Khasanah, M. A., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah: (sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Jurnal Eksponen, 11(2), 25-35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381.

Dewi, W. H., & Lazwardi, D. (2022). Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada era digital. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 54-61. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.29.

Erza, E. K. (2020). Analisis kebutuhan informasi generasi z dalam akses informasi di media. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 72-84. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i1.303.

Faruq, A. A.M. A. , Fakhiroh, L., Dewi, I. K. ., Mandasari, D. K. W. ., Maulana, A. A. ., Azhar, C. D. ., Darmawan, M. H. A., Bhaskara, F. A. ., Ningrum, R. S. ., Ramadhan, R., & Susanto, T. (2024). Inisiatif Bela Negara di Instagram Untuk Generasi Z: Membangun Patriotisme Melalui Media Sosial. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1114–1124. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2626.

Fitria, D. U. L., & Anantasari, D. (2023). Implementasi Nilai kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika dalam meningkatkan pelayanan publik. Islamic Law: Jurnal Siyasah, 8(02), 97-113. https://doi.org/10.53429/iljs.v8i02.737.

Hakim, A. S., & Nisa, F. L. (2024). Pengembangan ekonomi syariah: tantangan dan peluang di era digital. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 143-156. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1594.

Hidayatullah, M. S., Rusnawati, R., Belaroza, G., Nabiyina, B. A. C., & Laksana, A. (2025). Peran Digital dalam Membentuk Pola Interaksi Komunikasi Interpersonal Generasi Z. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 40-45. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.1987.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2020). Memperkuat kesadaran bela negara dengan nilai-nilai Pancasila dalam perspektif kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 22-28. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28600.

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah , I. (2023). Aksentuasi literasi pada Gen-Z untuk menyiapkan generasi progresif era revolusi industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113

Purnomo, A. S. D., & Ramadhani, D. D. (2022). Pengaruh manfaat, kemudahan terhadap minat pemakaian financial technology pada penggunaan pembayaran digital UMKM di Sumenep. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14(2), 17-30. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v14i2.2505.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspita, A., Suharjo, A. A., Putri, C. A., Ruhiyat, I. M., Nafisa, S. N., & Nugraha, D. M. (2025). Urgensi Identitas Nasional Pada Generasi-Z Di Pondok Pesantren Ardaniah Serang Banten. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(4), 26-28. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i4.207.

Retno, A. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan nilai kebangsaan Pancasila sebagai pondasi karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi perubahan zaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9347-9378. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2482.

Rofi'i, A. (2023). Penerapan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan Islam: tantangan dan peluang. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 7(2), 157-163. http://dx.doi.org/10.24235/jiem.v7i2.14964.

Rusdiyanti, S., Hutagalung, B., Afandi, R., Firmansyah, S. M., & Radianto, D. O. (2023). Pentingnya literasi informasi dalam menghadapi tantangan informasi palsu (Hoaks). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 395-400. https://doi.org/10.37676/mude.v2i3.4321

Sari, J. A., & Diana, B. A. (2024). Dampak transformasi digitalisasi terhadap perubahan perilaku masyarakat pedesaan. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 9(2), 88-96. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i2.3896.

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36-42. https://doi.org/10.47945/alfikr.v10i1.378.

Setiawan, H. A. (2024). Pengaruh literasi digital terhadap pemanfaatan e-commerce pada hasil pertanian. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1598-1607. https://doi.org/10.56338/jks.v7i5.5282.

Siska, Y. F. (2025). Identitas Nasional dan Nasionalisme di era digital dalam Kajian Kewarganegaraan. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 4(2), 52-60. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v4i2.4155.

Syahputra, R. A., Maliza, N. O., Kasmawati, K., & Putri, C. W. A. (2024). Strategi peningkatan kesadaran data dan informasi masyarakat di era digital. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3164-3171. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3543.

Syafika, N., Nurpratiwi, A., Ismail, L., & Nasriah, N. (2025). Ketika tren menjadi peluang: Analisis sosiologi ekonomi atas perilaku bisnis Gen Z di era digital. Journal of Management and Social Sciences, 4(1), 37-46. https://doi.org/10.55606/jimas.v4i1.1720.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Yuliani, M., Muhammad, S., Burhanuddin, B., Mahsun, M., & Mussadat, M. (2024). Bentuk dan Jenis Pemajemukan Bahasa Jaksel pada Platform Media Sosial Tiktok: Kajian Morfologi. Journal of Education Research, 5(2), 1861-1868. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1014.

Zulfikar, G., & Permady, G. C. (2021). Citra Wawasan Kebangsaan Generasi Muda: suatu kajian terhadap sikap anti radikalisme. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(2), 419-424. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1063.

Downloads

Published

2025-11-15