Peran Generasi Muda dalam Menjaga Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital
Keywords:
Digital Era, Young Generation, PancasilaAbstract
Pada saat ini ini dunia sedang mengalami suatu fase perubahan teknologi yang bisa kita kenali saat ini adalah era digital dimana perkembangan era digital ini telah membawa suatu perubahan yang besar di berbagai sisi kehidupan, termasuk dari cara berinteraksi dan berperilaku generasi muda di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sebuah peran maupun kebijakan generasi muda dalam melestarikan nilai Pancasila melalui pemanfaatan media digital yang positif dengan memperkuat nasionalisme dan semangat kekeluargaan di lingkup digital. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data sekunder seperti jurnal nasional yang relevan dengan topik penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai generasi muda memiliki tiga peran penting dalam menjaga nilai pancasila di era digital yaitu, 1) Menguatkan pemahaman nilai pancasila di tengah arus informasi digital, 2) Menerapkan sikap beretika dan bertanggungjawab dalam interaksi online, 3) Memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten positif berbasis pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga peran penting bagi generasi muda dalam menjaga nilai-nilai pancasila di era digital.
References
Astuti, C. W. (2017). Sikap hidup masyarakat jawa dalam cerpen-cerpen karya kuntowijoyo. Jurnal kata: penelitian tentang ilmu bahasa dan sastra, 1(1), 64-71. https://web.archive.org/web/20180720202105id_/http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/kata/article/download/1945/647.
Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila sebagai dasar negara. Jurnal kewarganegaraan, 5(1), 6-12. https://web.archive.org/web/20210814160424id_/https://journal.upy.ac.id.
Handitya, B. (2019). Menyemai nilai pancasila pada generasi muda cendekia. ADIL Indonesia journal, 1(2). https://doi.org/10.35473/aij.v1i2.370.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kartini, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pendidikan pancasila dalam menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda di era digital. Jurnal Pendidikan dan kewirausahaan, 9(2), 405-418. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136.
Kartini, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pendidikan pancasila dalam menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda di era digital. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(2), 405-418. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136.
Manalu, Y. E. T., & Najicha, F. U. (2022). Analisis jiwa kewarganegaraan generasi muda Indonesia di era digital serta dampaknya bagi bangsa dan negara. Journal pendidikan ilmu pengetahuan sosial ,14(2),192-197. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7713ndex.php/pkn/article/download/1439/pdf.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal bindo sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Nugroho, D. A., & Anwar, W. Y. C. (2022). Strategy to empower Pancasila values through podcast media as digital citizens innovation. Jurnal civics: Media kajian kewarganegaraan,19(2), 245–254. https://doi.org/10.21831/jc.v19i2.53562.
Nurfadilah, I., Mubarok, M. A., Ananda, N. D., Tusa'diyah, D., & Sugianto, Q. F. (2025). Peran Pemuda Dalam Menjaga dan Mengembangkan Nilai-nilai Pancasila. Jurnal Hukum Nusantara, 1(1), 7-12. https://onlinejournal.penacceleration.com/index.php/jhn/article/view/117.
Nurfauziyanti, F., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap perkembangan wawasan kebangsaan mahasiswa. Jurnal pendidikan kewarganegaraan undiksha, 10(3), 54-66. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/5106.
Nurhabibah, S., Sari, H. P., & Fatimah, S. (2025). Pendidikan karakter di era digital: Tantangan dan strategi dalam membentuk generasi berakhlak mulia. Jurnal manajemen dan pendidikan agama islam, 3(3), 194-206. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, A. S. M., Setiawati, R., & Widodo, H. (2022). Implementasi nilai pancasila pada generasi Z. Jurnal evaluasi dan pembelajaran, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.35.
Rajagukguk, C. F. H., Ayudea, D. N., & Ananda, E. M. R. (2024). Eksistensi pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Jurnal bintang pendidikan Indonesia, 2(3), 135-140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3070.
Ridho, M. R., Monica, R., & Fadilah, A. A. (2025). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalu nilai-nilai pancasila. Journal transformation of mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956, 6(4), 158-164. https://doi.org/10.36312/jtm.v6i4.4178.
Sahendra, Y., Amanda, S. R., Ramadhani, R., Faradela, S. A., Fahrimal, Y., & Husna, A. (2023). Revitalisasi peran pemuda dalam gerakan sosial peduli perubahan iklim di era digital. Jurnal komunikasi korporasi & media (JASIMA),4(1),1-14. https://doi.org/10.30872/jasima.v4i1.1295.
Sihombing, S. R., Hodriani, H., & Alhudawi, U. (2023). Memperkuat civic engagement pada generasi muda. Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ), 2(2), 1-8. https://doi.org/10.30596/pcej.v2i2.16044.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wulandari, N. A. (2021). Pancasila menurut perspektif generasi muda. Jurnal pamcasila dan bela negara, 1(1). https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4413.
Yemima, Q., Anabelg, Y. K., Hutagalung, N., Marpaung, P. A., Sihombing, M., & Tampubolon, E. (2025). Kesadaran Beretika dalam Era Digital: Peran Pancasila sebagai Kompas Moral dikalangan Pelajar. Jurnal pendidikan tambusai, 9(1),9803–9811. https://doi.org/10.31004/jptam.v9i1.26146
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.