Manfaat Media Pembelajaran Papan Pecahan dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Bilangan Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar

Juwita Novia Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Papan pecahan merupakan alat bantu mengajar untuk menjelaskan apa itu konsep pecahan dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media pembelajaran papan pecahan dalam meningkatkan kemampuan mnghitung bilangan pecahan untuk  siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR memanfaatkan data sekunder yang dikumpulkan melalui metode simak dan catat serta teknik triangulasi sebagai validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat papan pecahan yaitu 1) pemahaman konsep abstrak menjadi konkret, 2) meningkatkan minat dan motivasi belajar, 3) meningkatkan ketrampilan berhitung pecahan, 4) mengatasi kesalahan konseptual, 5) memperkuat memori jangka panjang. Simpulan  ini adalah bahwa ada lima manfaat papan pecahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung bilangan pecahan untuk siswa sekolah dasar.

Kata kunci—siswa sekolah dasar, bilangan pecahan, papan pecahan

 

 

Abstract—Fraction boards are teaching aids used to explain the concept of fractions in mathematics. The purpose of this study is to identify the benefits of using fraction boards as a learning medium to improve the ability of elementary school students in calculating fractions. The research method used is Systematic Literature Review (SLR), utilizing secondary data collected through observation and note-taking methods, with triangulation techniques for data validation. The results show that fraction boards have the following benefits: (1) transforming abstract concepts into concrete understanding, (2) increasing learning interest and motivation, (3) improving skills in calculating fractions, (4) addressing conceptual errors, and (5) strengthening long-term memory. The conclusion is that there are five main benefits of using fraction boards in enhancing elementary school students’ ability to calculate fractions.

Keywords—Elementary school students, fraction numbers, raction board


Keywords


Elementary school students, fraction numbers, raction board

Full Text:

PDF

References


Ambaria, A., Nurmilawati, M. & Zunaidah, N. F. (2023). Analisis validasi dan praktikalit pengembangan media pembelajaran papan pecahan untuk siswa kelas 2 SD di kecamatan semen. Efektor, 10 (2), 274-284.https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20920.

Arifin, F. (2022). Kapita selekta matematika MI/SD. Jakarta Selatan: Publica Indonesia Utama.

Dawa, B. A., Karena, B. L., & Pingge, D. H. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada aspek sintaksis dalam rubrik opini koran victory news edisi januari 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/336876476.pdf

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 117-130. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.611.

Destinasi, R. (2009). Bahas Tuntas 1001 Soal Matematika SD Kelas 4, 5, 6. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Djumanta, W. (2005). Mari memahami konsep matematika. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Fitriyani, E., & Karnita,N. (2015). Big book matematika IPA SMP kelas 1,2,&3 edisi bundling. Cmedia: Jakarta Selatan.

Fujita, K. (2011). Moonlight act. Indonesia: Elex Media Komputindo.

Giwangsa,F. S. (2024). Pendidikan kedamaian berbasis sistem among. Mengembangkan karakter cinta damai siswa sekolah dasar. Jakarta Selatan: Damera Press.

Gusteti, U.M., Elza, S.S., & Cahyati, N.V. (2024). Innovative math teaching tools: A guide for educators. Jawa Barat: Mega Press Nusantara.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol.2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Indrawati, D., & Cahyanti, D. N. (2018). Alternatif pembelajaran matematika menggunakan media papan arsir pecahan. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 74-82. https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1652.

Irawan, S., Sudika, IN, & Hidayat, R. (2020). Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram: Ciri-ciri Bahasa Gaul Remaja Sebagai Kreativitas Bahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram. Jurnal Bastrindo , 1 (2), 201–213. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44.

Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan Makna Kata Makian di Terminal Purabaya Surabaya Dalam Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah FONEMA , 4 (2), 43-59. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.

Khoirunniyah, N., Widayati, W., & Tobing, L. T. M. V. (2023). Diksi dan gaya bahasa pada iklan di akun instagram shopee. Jurnal Ilmiah Sarasvati, 5(2), 108-115. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.2551.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A.(2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III melalui media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Maryati. (2010). Rangkuman IPA, matematika & Bahasa inggris SD kelas 4,5,6. Jakarta Selatan: GagasMedia.

Noor, H. I. (2022). Model membaca, menulis, dan berhitung di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 14(071), 329-353. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i071.3090.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misyikat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahayu, Y. (2018). Pengembangan Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(2), 299-318. http://ojsdikdas.kemendikdasmen.go.id/index.php/didaktika/article/view/79.

Rahim, A. (2022). Implementasi bimbingan belajar membaca menulis berhitung kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 083-096. https://doi.org/10.59004/metta.v1i2.98.

Riyadi, S. (2008). Persiapan ujian nasional matematika untuk SMP/MTS. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Sanjaya, I. G. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(1), 134-141. 10.29303/goescienceed.v5i1.679.

Shufa, N. K. F., Khusna, N., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53. https://core.ac.uk/download/pdf/304202631.pdf.

Siregar, A. L., Harahap, N.,& Hbs, T. (2023). Penggunaan media papan pecahan terhadap minat belajar matematika siswa kelas III SD negeri 1404. Jurnal Estupro, 8(3), 85-90. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/1237.

Trengganis, L. F., Maulana, M., & Irawati, R. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Papan Ajaib. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1727-1734. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1271.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). -https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyono, E. (2009). Rumus Pintar Matematika SD. Jakarta Selatan: WahyuMedia. Widyatama.

Widyawati, E.,Tryanasari, D., & Kartikasari, A. (2024). Penggunaan papan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sdn bobol 1 kecamatan bojonegoro. Prosiding: Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 45-50. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5439/4469.

Winanda, D. R., Jumri, R., & Ramadianti, W. (2024). Penggunaan Media Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Menyenangkan Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 553-558. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1063.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.