Peran Matematika dalam Melestarikan Budaya Lokal melalui Konteks Pembelajaran Etnomatematika
Abstract
abstrak—Budaya lokal saat ini semakin terkikis sebab derasnya arus globalisasi, dimana budaya global mulai mengancam eksistensi budaya lokal yang telah menjadi jiwa kebudayaan nusantara, oleh karena itu, budaya lokal yang telah menjadi identitas nusantara harus dijaga dan dilestarikan, terutama melalui pendidikan. Dalam upaya pelestarian budaya lokal dapat dilakukan melalui pendidikan, salah satunya dengan pendekatan etnomatematika yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau serong dikenal dengan singkatan SLR. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder . teknik analisis data menggunakan metode simak dan metode catat. Hasil dari penelitrian ini adalah peran etnomatematika dalam upaya pelestarian budaya dan meningkatkan minat belajar siswa , 1.) Meningkatkan motivasi belajar siswa, 2.) Melestarikan budaya lokal, 3.) Meningkatkan kreatifitas siswa, 4.) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini terdapat empat peran etnomatematika dalam upaya pelestarian budaya lokal yang telah terkikis oleh arus globalisasi.
Kata kunci— Matematika, budaya lokal, etnomatematika
Abstract—Local culture is increasingly being eroded due to the strong current of globalization, where global culture begins to threaten the existence of local traditions that have long been the soul of the Nusantara’s cultural identity. Therefore, local culture, which has become a symbol of the nation’s identity, must be protected and preserved, especially through education. One way to preserve local culture through education is by using an ethnomathematics approach, which connects mathematical concepts with local cultural practices. This research uses the Systematic Literature Review method, commonly abbreviated as SLR. The data used in this study is secondary data, and the data analysis techniques involve observation and note-taking methods. The findings of this research highlight the role of ethnomathematics in preserving local culture and increasing students’ learning interest, namely: 1) Increasing students’ learning motivation, 2) Preserving local culture, 3) Enhancing student creativity, and 4) Developing critical thinking skills. The conclusion of this study is that there are four main roles of ethnomathematics in the effort to preserve local culture that is increasingly being eroded by globalization.
Keywords— Mathematics, local culture, ethnomathematics
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adela, D., & Al-Akmam, M. (2024). Upaya Pelestarian Budaya Sunda di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 191-198. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.153.
Agustin, M., Nurito, N., Wijayanti, I., Rizqiah, N., & Nurpratiwiningsih, L. (2025). Peran pendidikan dalam pelestarian budaya Bali pada penerus muda dan masyarakat lokal. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(1), 86-99. https://doi.org/10.55606/concept.v4i1.1796.
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411/1708.
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-54. https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910.
Andriawan, B. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2). https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364.
Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/1613.
Chrissanti, M. I. (2018). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 243-252. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.191.
Courant, R., Robbins, H., & Stewart, I. (1996). What is mathematics? An elementary approach to ideas and methods (2nd ed.). Oxford University Press.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19589.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada candi muaro jambi. Aksioma, 8(2), 99-110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep dasar matematika fondasi untuk berpikir logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 1-43. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6755.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal purabaya surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(2). https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi etnomatematika dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255-262. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107.
Kurniawati, I., Kurniasari, H., & Apriansah, D. (2025). Peran etnomatematika dalam melestarikan budaya bangsa melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Walada: Journal of Primary Education, 4(1). https://doi.org/10.61798/wjpe.v4i1.282.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Mirayani, P., Widana, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429-438. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1415/1087.
Pertiwi, A. K., Sugiaryo, S., & Prihastari, E. B. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal etnomatematika di MIM Girimargo Sragen. Jurnal Sinektik, 4(2), 98-106. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6657.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585/pdf.
Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/198.
Rosidah, N. K., Ifana, S. L., & Ahsani, E. L. F. (2025). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis etnomatematika batik kudus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. JMLIPARE, 1-22. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v4i1.12569.
Sabarno, S., Halini, H., Rustam, R., & Fitriawan, D. (2022). Etnomatematika pada Keraton Alwatzikhoebillah Sambas sebagai sumber belajar matematika materi geometri. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1196.
Setiyawan, A. (2012). Budaya Lokal Dalam Perspektif Agama: Legitimasi Hukum Adat (‘Urf) Dalam Islam. Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 13(2), 203-222. https://doi.org/10.14421/esensia.v13i2.738.
Setyaningrum, B., & Diah, N. (2018). Budaya lokal di era global. Ekpresi Seni, 20(2), 102-112. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392.
Siregar, A. R., Pakpahan, A. F. H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., ... & Hasibuan, R. P. (2024). Etnomatematika sebagai sarana penguatan budaya lokal melalui kurikulum merdeka belajar. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 3, No. 1, pp. 44-57). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/8841.
Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam ilmu manajemen. Education, 1(2), 11-24. https://core.ac.uk/download/pdf/229577945.pdf.
Sutarni, S., & Gatiniggsih, R. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Realistic Mathematics Learning In JHS Students. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 46-56. https://doi.org/10.21831/jrpm.v9i1.48750.
Tafonao, T., & Zega, Y. K. (2022). Gereja menghadapi fenomena Transnasionalisme: Sebuah tawaran konstruksi pendidikan kristiani bagi remaja yang berbasis pada pelestarian budaya lokal. Kurios, 8(2), 511-524. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.558.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719.
Yulianasari, N., Salsabila, L. L., & Maulidina, N. (2023, August). Implementasi etnomatematika sebagai cara untuk menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol 3, pp. 462-472). https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1340/610.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.