Manfaat Aplikasi Mathway dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
abstrak—Mathway adalah aplikasi kalkulator matematika yang dibuat untuk membantu pengguna menyelesaikan berbagai persoalan matematika dengan panduan langkah demi langkah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui manfaata aplikasi mathway dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode didalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR dan Data penelitian ini berbentuk data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Simak, catat dan teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi mathway memiliki manfaat 1) memfasilitasi pemahaman langkah-langkah penyelesaian soal, 2) menumbuhkan rasa ingin tahu melalui evaluasi mandiri, 3) mendorong siswa menyusun strategi penyelesaian masalah, 4) mempercepat proses umpan balik untuk pembelajaran reflektif, 5) meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab belajar. Simpulan ini adalah lima manfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika.
Kata kunci—mathway, matematika, berpikir kritis
Abstract— Mathway is a math calculator application created to help users solve various math problems with step-by-step guidance. The purpose of this study is to find out the benefits of the mathway application in learning mathematics to improve critical thinking skills. The method in this study is this research is a Systematic Literature Review or often known by the abbreviation SLR and the research data is in the form of secondary data. The data collection technique uses the Listen, Notes method and the data validation technique uses the triangulation technique. The results of this study indicate that the mathway application has the benefits of 1) facilitating understanding of the steps to solve problems, 2) fostering curiosity through self-evaluation, 3) encouraging students to develop problem-solving strategies, 4) accelerating the feedback process for reflective learning, 5) increasing independence and responsibility for learning. This conclusion is five benefits for improving critical thinking skills in mathematics learning.
Keywords— Mathway, mathematics, critical thinking
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, F., & Hidayat, R. (2021). Analisis penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kemampuan reflektif siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 12(2), 112–121. https://jurnal.uns.ac.id/jipm.
Askar.M. (2018). Panduan komprehensif untuk mahasiswa kesehatan. Makasar : PT. Nas Media Indonesia.
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal pendidikan matematika. 9 (2). 116-126. Jurnal Pendidikan Matematika http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK.
Fadilah, N., & Nugroho, A. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi terhadap peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Edukasi Matematika, 11(3), 175–184. http://jurnal.um.ac.id/index.php/edumatika.
Fakhiyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Jurnal pendidikan IPA Indonesia,3 (1). 95-101. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.
Fazariah, H., & Yafizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Mathway terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 20–25. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i3.45.
Gusteti, M. U. (2024). Era Digital Dalam Kelas matematika: menggabungkan teknologi dengan alat peraga tradisional. Sumedan: CV. Mega press nusantara.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran. 2(1). 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kollo, N., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan kurikulum merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1452-1456. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3845.
Laksana, S, D., (2016). Magic mathematic sebagai media pembangunan semangat belajar anak. Ponorogo: cv wade grup.
Lutfi, M. K. (2024). Merespon ketrampilan abad 21 melalui pembelajaran matematika sekolah. Yogyakarta: CV Budi utama.
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1831.
Mulyoni, B. (2018). Pemahaman konsep dalam pemelajaran matematika. Jurnal pendidikan matematika. 3 (2), 103 – 112. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122.
Nabila, N. (2021). Konsep pembelajaran matematika SD berdasarkan teori kognitif Jean Piaget. Jurnal kajian pendidikan dasar. 6 (1). 69 – 79. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3574.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., Yandari, I, A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: inovasi pada perkuliahan sejarah matematika, jurnal pendidikan matematika. 2 (2), 127- 125. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.
Pradipta, D. A. G. F., Suryanto, Y., Suryani, L., & Elidawati., dkk (2023). Buku ajar proses keperawatan dan berfikir kritis. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Prasetyo, M, B., (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran,9(1),109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120.
Purba, H, D., & Yahfizham, Y. (2025). Mini Tinjauan Literatur Pemanfaatan Software mathway untuk berfikir komputasi siswa. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(3), 41–47. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.1910.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran. 2(01). 1552-1661. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putriani, P., Hamidah, H., & Kusuma, J, W. (2024). Analisis penggunaan blended learning terhadap kemampuan berfikir kritis pada siswa melalui aplikasi mathway. Prosiding diskusi panel nasional pendidikan matematika. 10,315-322. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/739.
Rahaju, R., Murniasih, T. R., Sumaji, S., & Muchtadi, M. (2024). Hambatan Didaktis Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 712–722. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1672.
Rahmawati, Y., & Fitriyani, N. (2019). Penggunaan aplikasi berbasis AI dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(1), 59–66. http://journal.uinjkt.ac.id/index.
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.434.
Ritonga, N. H., & Sofiyah, K. (2024). Belajar Matematika dengan android. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 580~586. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2795.
Santoso, E., Pamungkas, M., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Teori Behaviour (E. Throndike) dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 174-178.https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44939.
Sari, N. P., & Pratama, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi mathway dalam pembelajaran matematika sebagai media pembelajaran mandiri di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 145–153. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmi.
Sastradinanta, B. L. N. (2012). Transformasi mindset dalam membangun kemampuan berfikir kritis melalui metode pembelajaran aktif. Yogyakrta: CV Budi utama.
Shiotang, K. (2019). Berfikir keritis kecakapan hidup di era digital edisi revisi. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sinaga, D. (2022). Extraordinary leadership 4.0 I can't change yesterday, but I change today. Yogyakarta: Lautan pustaka.
Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berfikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berfikir kritis). Jurnal of science and social research,4(3),320-325. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran. 2(01). 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Yunita, R., & Mariani, S. (2020). Penggunaan teknologi dalam meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 32–40. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/teknologipendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.