Manfaat Media Digital untuk Memahami Pecahan dan Desimal pada Siswa SD

Shafira Pramudya Maharani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media digital adalah konten dalam bentuk digital yang tidak menyimpan informasi dan bersifat biner. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengetahui manfaat dari media digital untuk memahami pecahan dan desimal pada siswa SD. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa kata, frasa, klausa, atau bahkan kalimat dari berbagai buku dan artikel jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak serta metode catat sedangkan teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah media digital memiliki manfaat 1) Meningkatkan Visualisasi, 2) Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan, 3) Menyediakan Umpan Balik Secara Langsung, 4) Menunjang Pembelajaran Kolaboratif, dan 5) Memfasilitasi Pembelajaran Mandiri dan Berulang. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat lima manfaat dari media digital yang dapat digunakan untuk memahami pecahan dan desimal pada siswa SD.

Kata kunci—media digital, pecahan, desimal

 

Abstract—Digital media referido content in digital form that is binary in nature and does not store information physically. The purpose of this study is to explore the benefits of digital media in helping elementary school students understand fractions and decimals. Guided by the principles of Systematic Literature Review this research delves into existing literature with clarity and precision. The data utilized in this study are secondary data, including words, phrases, clauses, or even sentences collected from various nationally published books and journal articles. The data collection technique uses the observation method and the recording method, while the data validation technique uses the triangulation technique. The findings of this study reveal that digital media brings meaningful and impactful benefits: (1) enhancing visualization, (2) making learning more enjoyable, (3) providing immedian feedback, (4) supporting collaborative learning, and (5) facilitating independent and repetitive leaming. The conclusion of this study is that digital media provides five key benefits that can effectively aid students in understanding fractions and decimals at the elementary school level.

Keywords— digital media, fractions, decimals


Keywords


digital media, fractions, decimals

Full Text:

PDF

References


Alisya, N. A. (2023). Analisis Berhitung Cepat Pecahan Desimal dan Pecahan Biasa. NIHAIYYAT: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, 2(3), 261-266. https://ejournal.tmial-amien.sch.id/index.php/nihaiyyat/index

Amalia, U. (2015). Raja Bank Soal Matematika SD Kelas 4, 5, & 6. Jakarta: PT. Kawah Media.

Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.161

Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022, October). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 76-83). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/781

Arifin, F. (2024). Kapita Selekta Matematika SD/MI. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Arifin, J. (2023). Peranan media digital dalam mempertahankan budaya lokal indonesia di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(1), 8-16. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i1.202

Asmara, D. N., Apreasta, L., & Pitriana, D. (2024). Pengembangan Modul Pembelaran Materi Bilangan Pecahan Siswa di Kelas IV SDN 01 Koto Baru. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 349-359. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.672

Basiroen, V. J., Anggara, I. G. A. S., Putri, A. W. S., Negoro, A. T…Yusa, I. M. M. (2025). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual (Teori dan Praktik). Bantul: PT. Green Pustaka Indonesia.

Destiana, R. (2009). Bahas Tuntas 1001 Soal Matematika SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217

Dewi, R. D. L. P., Lede, Y. U., Mantu, A. A., Mantu, P. I….Anggraeni, D. (2024). Buku Ajar Cyber Public Relations. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36-49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Foster, B., & Sutrisno, J. (2019). Taktis Belajar Matematika untuk SMP/MTs. Bandung: Penerbit Duta.

Harun, A., Triyadi, S., & Muhtarom, I. (2022). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Ancika Karya Pidi Baiq (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2). https://e-journal.my.id/onoma

Hasanudin, C. (2025). Revolusi Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Mendorong Pembelajaran berbasis Teknologi. Nusa Tenggara Barat: Seval Literindo Kreasi.

Hidayat, R., Rambe, M. R., & Nawawi, R. (2024). Peran Pecahan dan Desimal dalam Kehidupan Sehari-Hari. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(6), 105-113. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i6.335

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Irkham, MA, & Sutriyani, W. (2025). Pengaruh penggunaan aplikasi studyo matematika terhadap hasil belajar matematika materi bilangan cacah SD N Ngabul. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 11 (1), 45-59. https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7341

Karnita, N., & Fitriyani, E. (2018). Hafalan Rumus Matematika SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX. Jakarta Selatan: Penerbit Cmedia Imprint KawanPustaka.

Kurniati, R. (2024). Teori-teori Dasar Matematika. Sumatera Barat: CV. Gita Lentera.

Kurniawan, H., Wiliyanti, V., & Widayanti, T. (2024). Buku Referensi Matematika Dasar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Maghfirah, F., Satriana, M., Sagita, A. D. N., Haryani, W., Jafar, F. S., Yindayati, Y., & Norhafifah, N. (2022). Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6027-6034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3370

Mayangsari, S. N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 13-19. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 3(1). https://doi.org/10.32832/komunika.v3i1.4650

Ningrum, G. H., Firnanda, R. D., Purnamasari, W., & Huda, B. (2021). Optimalisasi peluang media digital: Strategi meningkatkan fundraising zakat di lembaga Taman Zakat Indonesia. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(1), 45-62. https://doi.org/10.15642/mzw.2021.3.1.45-62

Pane, B., & Najoan, X. B. (2017). Rancang bangun aplikasi game edukasi ragam budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). https://doi.org/10.35793/jti.v12i1.17793

Pangerang, F., Kambuno, D., Abidin, Z., Lumembang, C…Aryani, D. (2022). Rangkaian Logika. Makassar: Nas Media Pustaka.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, AS (2023). Pemanfaatan gamification Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11 (2), 114-133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714

Rahmawati, R., D. (2011). Blak-blakan Bahas Mapel Matematika SD. Yogyakarta: Cabe Rawit.

Ridhwanullah, D., Hardiansyah, A., Mariam, M., Zalmadani, H…. Setyawan, A. E. (2022). Konsep Dasar Ilmu Komputer. Batam: CV. Rey Media Grafika.

Seneru, W., Tahir, U., Diwyarthi, N. D. S., Safrizal, S…. Ilham, M. (2024). Digital Society 4.0 Menghadapi Revolusi Industri Keempat. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Sholikah, N. (2023). Sumur Matematika 7: Modul Ajar untuk SMP/MTs Kelas VII. Yogyakarta: Pustaka Referensi.

Simanihuruk, P., Sutrisno, B., Sriminarti, N., Alim, K…. Munizu, M. (2023). Matematika Ekonomi & Bisnis (Teori & Model Penerapan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sudihartinih, E., & Amaliah, I. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di Sekolah Inklusi. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(2), 6-10. http://orcid.org/0000-0003-1858-3948

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.