Peran Permainan Balap Karung dalam Melatih Ketangkasan pada Anak Usia Dini

Shella Ramadani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Permainan balap karung mempunyai peran penting dalam melatih ketangkasan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran permainan balap karung dalam melatih ketangkasan pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SRL. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian terdapat 1) melatih koordinasi motorik kasar 2) meningkatkan kecepatan reaksi dan daya konsentrasi 3) menumbuhkan rasa percaya diri 4) mengembangkan kemampuan sosial 5) meningkatkan antusiasme dalam kegiatan fisik. Simpulan ini menujukan bahwa permainan balap karung memilik 5 dampak untuk melatih ketangkasan pada anak usia dini.

Kata kunci—Balap karung, Ketangkasan, Anak Usia Dini

 

Abstract— Sack racing games have an important role in training early childhood agility. The purpose of this study is to determine the role of sack racing games in training agility in early childhood. The method in this research uses the SRL method. The data in this study used secondary data in the form of clauses taken from journals and books nationally. Data collection techniques used listening and recording techniques while validation techniques used theoretical triangulation.  The results of the study are 1) Train gross motor coordination 2) Increase reaction speed and concentration power 3) Foster self-confidence 4) Develop social skills 5) Increase enthusiasm in physical activities. This conclusion indicates that the sack racing game has 5 impacts to train agility in early childhood.

Keywords— Sack race, agility, Early Childhood


Keywords


Sack race, agility, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Abhicandra, A. (2017). Panduan lengkap grafologi: Memahami watak, karakter, dan kepribadian orang bedasarkan tulisan tangan. Yogyakarta, Indonesia: Araska Publisher.

Andriani, D., & Malinda, H. (2022). pengaruh permainan lari karung terhadap kemampuan motorik kasar anak TK Pembina Negeri Muara Enim. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 245-253. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7848.

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi kepribadian guru membentuk kemandirian anak usia dini (Studi kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28-47. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529.

Anggraeni, D., & Na’imah, N. I. (2022). Strategi stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui maze karpet covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553-2563.

Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun di kelas b hijau melalui permainan engklek rintangan di tk negeri pembina kota tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178-190. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680.

Arifianto, T., Nurfaizin, M., & Syufagi, M. A. (2017). Implementasi metode forward chaining untuk menentukan penghargaan pada game balap karung. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 1(1), 045-050. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.349.

Atqiya, Q., & Pratama, R. S. (2024). Pelaksanaan kegiatan senam dalam menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia dini. Keguru: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(2), 11-20. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/1187.

Aulina, C. N. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 14-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3474.

Ermawati, E., & Zahraini, D. A. (2015). Upaya meningkatkan motorik kasar pada anak melalui permainan tradisional balap karung estafet pada kelompok B1 PAUD Supriyadi Semarang tahun ajaran 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). 50-61. https://doi.org/10.26877/paudia.v4i2%20Oktober.822.

Erniwati, E., & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab Orang Tua melakukan kekerasan verbal pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.1-8.

Govenda, R. D., Hariyanto, A., & Herdyanto, Y. (2020). Peningkatan Speed dan Agility dengan Penggunaan Latihan 40 Yard Sprint dan A-Movement. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 148-158. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p148-158.

Hasibun, A. R. (2025). Buku ajar pendidikan jasmani tingkat Sekolah Dasar. Medan, Indonesia: UMSU Press.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1). 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Irsyad, M. (2019). Pendidikan seks untuk anak usia dini: tindakan pendampingan dan pencegahan. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/1374.

Kemala, A. (2019). Analisis start blok ditinjau dari daya ledak dan kecepatan reaksi pada atlet lari jarak pendek. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 10(1), 22-31. https://doi.org/10.33558/motion.v10i1.1774.

Lubis, R., Afifah, J., Faizera, J. R., Dewi, N., Dongoran, S. R., Badriah, S. L., & Marbun, W. L. (2024). Karakteristik perkembangan anak usia 1-5 tahun pada anak usia dini. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6 (6), 3256–3267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.2735.

Mahmud, B. (2018). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika: jurnal kependidikan, 12(1), 76-87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177.

Masriani, M., & Liana, D. (2022). Optimalisasi pengembangan percaya diri pada anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(01), 37-46. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.475.

Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57-68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06.

Munir, A. (2019). Pengaruh permainan balap karung dan egrang terhadap peningkatan kepercayaan diri anak usia dini di PAUD Cahaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. Jurnal Diversita, 5(2), 161-172. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.3056.

Noe, C. (2024). Jalan ninja: transformasi tubuh ala muslim bugar. Indonesia: PT. Adab Indonesia.

Norlaila, N., Diman, P., Linarto, L., Poerwaka, A., & Setyoningsih, R. A. (2022, May). Representasi nilai-nilai sosial dalam karungut. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya ,1(1) 125-136. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.149.

Prawidyasari, F. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain balap karung memindahkan bola pada kelompok b Tk Aisyiyah Al Husna kecamatan gemuh kabupaten Kendal. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(1), 127-134. https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9267.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1). 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Raap, O. J. (2013). Soeka Doeka di Djawa Doeloe. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Rahayu, D. F., & Khsanah, I. (2013). Upaya meningatkan ketangkasan gerak lokomotor anak melalui permainan ranjau pintar pada kelompok a tk an nur kaliwungu kendal tahun ajaran 2012/2013. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1640.

Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97-107. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.97-107.

Ramadhini, A. N., & Pristianto, A. (2024). Latihan dengan alat dan tanpa fisioterapi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Salirawati, D. (2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2). 51-66.

Setyana, J. A., Salmi, U., Firdaus, A. N., & Maulana, H. (2024). Penerapan Metode Kegiatan Outbound pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mabniyatul Ihsan Balongwono untuk Melatih Soft Skills. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 33-39. https://ejournal-rmg.org/index.php/AMPKM/article/download/276/319.

Seven Saputra, Y. O. G. I. (2025). Pengaruh metode latihan agility hurdle drills dan latihan agility ring drills terhadap permainan sepak bola peserta ekstrakurikuler di ma al-fuqron pampangan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG). http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1948.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81-88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.

Sudirman, I. N. (2021). Modul karakteristik dan kompetensi anak usia dini. Bali, Indonesia: Nilacakra.

Trisnadewi, B. A. P., Kumalasari, E., & Tobing, E. R. (2024). Meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan congklak: Studi literatur. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.688.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1). 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Utami, R. (2023). Mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini melalui stimulasi lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 2(1), 112–121. https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/jpea/article/view/241.

Wahyuni, S., Susanti, S., Darfin, S. A., Nurwajah, N., Rimadani, N., & Sari, N. (2024). Aspek-aspek kunci dalam perkembangan anak pada masa usia dini. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), 264-271. https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.2018.

Widiati, W., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dari ban bekas kendaraan kelompok B1 TK IP Assalam Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(2), 112-120. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26674.

Wijaya, R. V., dkk. (2023). Anomali homo ludens dalam lorong waktu. Jakarta, Indonesia: PT Pustaka Obor Indonesia.

Yabu, I., Ardini, P. P., & Sutisna, I. (2024). Pengaruh permainan tradisional balap karung terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Aster Kelurahan Molosipat W Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 99-109. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.