Manfaat Etnomatematika dalam Mengajarkan Konsep Bilangan Kepada Siswa Sekolah Dasar

Putri Nazila Atia Rahma, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Etnomatematika adalah matematika yang berkaitan dengan budaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat etnomatematika dalam mengajarkan konsep bilangan kepada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan metode simak dan catat. teknik valiadasi data menggunakan teknik triangulasi teori. hasil penelitian ini adalah manfaat etnomatematika memiliki manfaat 1) Meningkatkan pemahaman konsep bilangan, 2) Meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) Menumbuhkan sikap positif terhadap matematika, dan 4) Mendorong keterampilan berpikir kritis. simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat empat manfaat dari etnomatematika yang dapat berguna untuk mengajarkan konsep bilangan kepada siswa sekolah dasar.

Kata kunci— etnomatematika, pembelajaran matematika, dan sekolah dasar

 

Abstract— Ethnomathematics is mathematics related to culture. The purpose of this study is to determine the benefits of ethnomathematics in teaching number concepts to elementary school students. The research method used is Systematic Literature Review, often abbreviated as SLR. The data in this study uses secondary data. Data analysis techniques use the observe and record method. Data validation techniques use theoretical triangulation. The findings of this study indicate that ethnomathematics has the following benefits: 1.) Enhancing understanding of number concepts, 2.) Increasing students' motivation to learn, 3.) fostering a positive attitude toward mathematics, and 4.) promoting critical thinking skills. The conclusion of this study is that there are four benefits of ethnomathematics that can be useful for teaching number concepts to elementary school students.

Keywords— ethnomathematics, mathematics learning, and elementary school

 


Keywords


ethnomathematics, mathematics learning, and elementary school

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75.

Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 145-154. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82317.

Anggraeni, C., & Supriadi, S. (2025). Pengaruh pembelajaran etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 464-476. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i1.7191.

Ansya, Y. A. U., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030.

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549.

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742749.

Febriana, R., & Khairiani, D. (2024). Peran filsafat dalam perkembangan konsep bilangan matematika. Sepren, 5(02), 86-95. https://doi.org/10.36655/sepren.v5i02.1362

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada candi muaro jambi. Aksioma, 8(2), 99-110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Indrawati, R., Darmawani, E., Padilah, P. (2022). Penerapan metode pemberian tugas terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 45–52. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8736.

Iqbal, A., & Zulfianita, E. (2024). Peran pembelajaran Bahasa Indonesia dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. In International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1). 55-64. https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/150/140.

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebab tingginya angka anak putus sekolah jenjang sekolah dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470.

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebab tingginya angka anak putus sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470.

Marian, F., & Saputra, D. R. (2023). Etnomatematika pada Menara Siger Lampung sebagai bahan pembelajaran matematika. JIPMat, 8(2), 191-200. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16017.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212.

Muhammad, A. F. N., & Gunawan, G. (2025). Peran Etnomatematika dalam Pendidikan Matematika di Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 720-727. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1092.

Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 177-190. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspitasari, R. N. (2022). Efektifitas permainan tradisional terhadap pemahaman bilangan. Jurnal Lentera Anak, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.34001/jla.v3i1.3158.

Putra, A. P., Prasetyo, D. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran matematika. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 49-58. https://doi.org/10.47200/intersections.v7i2.1312.

Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Misbahul ulum (Jurnal Institusi), 1(2), 109-121. https://doi.org/10.70688/misbahululum.v1i02%20Desember.7.

Rahman, T., Sumardi, S., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal konsep bilangan melalui media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167.

Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi matematika, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84-93. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208.

Rizky, V. B., & Nasution, A. T. (2024). Model Pembelajaran Etnomatematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57-70 https://philpapers.org/archive/RIZMPE.pdf.

Rudyanto, H. E., HS, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348.

Safari, Y., & Syawalin, N. N. (2025). Mengenal Jenis, Sifat, dan Penerapan Bilangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(6), 3673-3685. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i6.18473.

Safitri, E., Setiawan, A., Darmayanti, R., & Wardana, M. R. F. (2023). Pinokio dalam pembelajaran matematika materi Geometri untuk siswa SMP. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 106-113. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.179.

Septiani, P. Y. F. (2024). Pembelajaran dengan etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika abstrak. Inovasi Pendidikan, 11(1), 59-64. https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649.

Silalahi, S. Y. (2022). Gadget dan anak sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 335-346. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.219.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41-54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4.

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184-190. https://pdfs.semanticscholar.org/1484/437490dc3fd60a72b15a1319d28e9d221b7f.pdf.

Susilowati, N. (2014). Penggunaan media manipulatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini (studi kasus di Pos PAUD Melati Kecamatan Regol Kota Bandung). Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 152-170. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p152-170.582.

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wandini, R. R. (2017). Strategi pembelajaran operasi bilangan berpangkat. Jurnal Raudhah, 5(2). https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/viewFile/178/167.

Widayati, S., Siswono, T., Wiryanto, W., Suryanti, S., & Jatmiko, B. (2023). Persepsi calon guru anak usia dini mengenai konsep bilangan 1-10. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(2), 70-81 http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1825.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.