Manfaat Aplikasi Mathway dalam Memecahkan Soal Kalkulus pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas

Siti Maisyaroh, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Mathway adalah aplikasi efektif untuk memecahkan soal matematika dan memahami konsep matematika secara langkah demi langkah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat aplikasi Mathway dalam memecahkan soal kalkulus pada pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas. Metode di dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi mathway memiliki manfaat 1)Meningkatkan Pemahaman Konsep 2)Meningkatkan Efisiensi Pembelajaran 3)Meningkatkan Minat Belajar Matematika  4)Menunjukkan langkah-langkah penyelesaian  5) Meningkatkan Akurasi. Simpulan ini adalah bahwa ada lima manfaat dari aplikasi Mathway dalam memecahkan soal kalkulus pada pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas.

Abstract—Mathway is an effective application for solving math problems and understanding mathematical concepts step by step. This study aims to describe the benefits of the Mathway application in solving calculus problems in mathematics learning in High Schools. The method in this study is Systematic Literature Review or often known by the abbreviation SLR. The results of this study indicate that the Mathway application has the benefits of 1) Improving Concept Understanding 2) Improving Learning Efficiency 3) Improving Interest in Learning Mathematics 4) Showing steps for solving 5) Improving Accuracy. This conclusion is that there are five benefits of the Mathway application in solving calculus problems in mathematics learning in High Schools.


Keywords


Mathway Application, Calculus, Mathematics learning, High School

Full Text:

PDF

References


Adyani, L. P. W. (2018). Aplikasi Mathlab dalam pengembangan pembelajaran matematika di SMA. UNES Journal of Community Service, 3(2), 162-165. Retrieved from https://www.ojs.ekasakti.org/index.php/UJCS/article/view/63.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Essakta, 2 (1). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf.

Andrew, A. (2015). Pembuatan Sistem informasi geografis pencarian sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan di Kota Surabaya berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4 (2). Retrieved from https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2344/1852.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., .....Phatoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8 (1). https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510.

Chandra, S. O., & Rahmaini, N. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4 (1). https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420.

Efriani, A., & Arifin, S. (2024). Inovasi pembelajaran matematika. Palembang: Bening media publishing.

Harisman, Y., & Neldiana, R. (2024). Peranan Integral dan Diferensial Terhadap Kalkulus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 273-284. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3853.

Hidayat, M. A., & Rahmi, S. (2022). Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal PEMA Tarbiyah, 3 (1). https://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Irmayanti, I., Harahap, S. Z., Masrizal, M., ....Fitri, J. H. (2021). Pelatihan pembelajaran kalkulus dengan media macromedia flash. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang, 1 (1). https://doi.org/10.58369/jpmg.v1i1.12.

Irmayanti, I., Henra, K., Asnita, A. U., .... Dahlan, T. (2021). Teori dan aplikasi kalkulus dasar. Pidie, Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Iswandi, H., Asmawati, E., Juliana, J. R., .... Herlambang, A. (2017). Kalkulus. Malang: Media Nusa Creative.

Iswandi, H., Asmawati, E., Juliana, J. R., .... Herlambang, A. (2021). Teori dan aplikasi matematika dasar. Pidie, Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kartika, I., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Kurikulum sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 81-94. Retrieved from https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/189.

Khoiriyah, S. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.52657/je.v4i2.754.

Kurniati, R., Hilmi, Y., Indriyati, C., ....Charisma, A. (2024). Teori-teori dasar matematika. Padang, Sumatera Barat: CV Gita Lentera.

Muttaqin, A. K., Yahya, Y. & Irmayanti, I. (2023). Pemanfaatan aplikasi mathway dalam menyelesaikan soal kalkulus pada mahasiswa tadris matematika. Prosiding SENTIKJAR, 2. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1829.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836.

Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 1. Retrieved from https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/129.

Purba, H., & Yafizham, Y. (2025). Mini Tinjauan Literatur pemanfaatan software mathway untuk berfikir komputasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 2 (3), 41-47. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.1910.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putriani, P., Hamidah, H., & Kusuma, J.W. (2024). Analisis Penggunaan Blended Learning Terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa melalui aplikasi mathway. Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/7391/2631.

Qurohman, M.T., Wardana, A., & Romadhon, S.A. (2024). Peningkatan Kemampuan aljabar Matematika menggunakan website mathway pada siswa smk astrindo kota tegal. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/224.

Ritonga, NH, & Sofiyah, K. (2024). Belajar Matematika dengan Android. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren , 2 (2), 580~586. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.27.

Silvia, S., Fernandez, Y. Z., & Limbong, Y. A. C. (2020). Hubungan hasil belajar kalkulus diferensial dan kalkulus integral terhadap hasil belajar kalkulus lanjut mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma. Jurnal Sains dan edukasi sains, 3 (2). https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p58-65.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Widyadari, W. (2019). Penerapan metode pembelajaran diferensiasi progresif berbantuan LKS Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 20(2). Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/499.

Wijayanti, Y. (2017). Peranan penting sejarah lokal dalam kurikulum di Sekolah Menengah Atas. Retrieved from

https://jurnal.unigal.ac.id/artefak/article/view/735.

Yafizham, Y., & Fazariah, H. (2024). Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Mathway terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 20-25. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.1910.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.