Peran permaianan dakon untuk melatih konsentrasi anak usia dini

Tina Nur Afifah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Permainan tradisional seperti dakon memiliki potensi besar dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini khususnya dalam melatih konsentrasi. Anak usia dini berada dalam tahap perkembangan otak yang pesat sehingga diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran permainan dakon dalam meningkatkan konsentrasi anak usia dini. Metode yang digunakan adalah SLR dengan teknik pengumpulan data berupa metode simak dan catat dari sumber-sumber sekunder seperti buku dan jurnal nasional. Hasil penelitian 1) kemampuan memahami strategi dan pola 2) Koordinasi motorik dan kognitif 3) respon aktif dan positif 4) meningkatkan kesabaran 5) sarana pembelajaran yang menyenangkan. Pernyataan tersebut simpulan penelitian ini menunjukan bahwa permainan dakon efektif melatih konsentrasi anak usia dini karena mengembangkan fokus strategi, koordinasi motorik dan kemampuan berpikir secara menyenangkan.

Kata kunci—Permaianan dakon, melatih konsentrasi, anak usia dini.

 

Abstract— Traditional games such as dakon have great potential in supporting early childhood cognitive development, especially in training concentration. Early childhood is in a stage of rapid brain development so that fun and educational learning methods are needed. This study aims to examine the role of dakon games in improving the concentration of early childhood. The method used is SLR with data collection techniques in the form of listening and recording methods from secondary sources such as books and national journals. The results of the study 1) ability to understand strategies and patterns 2) Motor and cognitive coordination 3) active and positive response 4) increase patience 5) fun learning tools. The statement concludes that the dakon game is effective in training early childhood concentration because it develops strategic focus, motor coordination and thinking skills in a fun way.

Keywords— Dakon game, concentration training, early childhood.


Keywords


Dakon game, concentration training, early childhood.

Full Text:

PDF

References


Adji, B. P. (2021). Permainan tradisional Nusantara. Jawa Timur. CV media edukasi creative.

Dewi, R., Muslihah, N. N., Astuti, T., & Effendi, M. S. (2023). Pembentukan karakter kedisiplinan pada siswa sekolah dasar negri Mambang kecamatan Muara Kelinci kabupaten Musi Rawas melalui permainan rakyat. Jurnal Cemerlang: Pengapdian pada Masyarakat. 5(2), 303-319. https://doi.org/10.31540/jpm.v5i2.2318.

Fad, A. (2014). Kumpulan permainan anak tradisional Indonesia. Cibubur, Jakarta Timur. Cerdas interaktif.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Rawamangu Jakarta: Prenadamedia group.

Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A.R. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Educatio: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 129-146. https://doi.org/10.51903/education.v3i2.340.

Hasiana, I. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-20 Pada Anak Kelompok B. PERNIK, 4(2), 47-60.https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5425.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hidayat, T., Puriana, R. H., Munandar, R. A., & Fauqi, A. (2020). Pengaruh Mental Training dan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Pukulan Overhead Smash dalam Permainan Bulu Tangkis. Jurnal Porkes, 5(2), 741-750. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Isnawati, R. (2020). Cara kreatif dalam proses belajar ((Konsentrasi Belajar pada Anak GejalaGangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Surabaya: CV. Jakad media publishing.

Khairiyah, U. (2017). Media pembelajaran edukatif. Ponorogo Jawa Tiimur. Wade Group.

Laia, A. N., Ndraha, A. B., Buulolo, N. A., & Telaumbanua, E. (2023). Evaluasi Sistem Pembelajaran Pendidikan NonFormal Anak Usia Dini Di Sempoa SIP TC Gunungsitoli. NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 3 (6), 6889-6904. https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/7283/4946.

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Menahani karakteristik anak. Pucangrejo, Madiun. CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika: JurnalHermeneutika, 5(1), 13-24. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/7381/4981.

Makmur, I. K., & Karim, I. (2019). Program green campus melalui penanaman pohon ketapang kencana (Termenelia mantily) dan ki hujan (Samanea saman) dalam upaya mengurangi global warming. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal. ilininstitute. com/index. php/caradde, 2, 2621-796. https://journal.ilininstitute.com/index.php/ca .

Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu, 1(1), 61-68. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/285.

Pertiwi, R., Widyastuti, P. A., & Huddiansyah, H. (2019). Visualisasi permainan tradisional dakon era revolusi industri 4.0. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 279–287. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/169.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela Pls, 6(1), 58-66. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/3205.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan karakter pada anak usia dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06.

Suryadi, A. (2022). Memahami ragam strategi pembelajaran. Sukabumi, Jawa Barat. CV Jejak, anggota IKAPI.

Sutianah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. Pasuruan. Qiara Media.

Tajuddin, M., Supatmiwati, D., Hidayat, S., & Anas, A. S.( 2022). Digitalisasi konsep, teknologi dan penerapannya (bunga rampai pengetahuan, gagasaan & rkomendasi untuk Indonesia). Malang. Media nusa creative.

Trivina, R. T. H., Raisa, V., Mulyani, S., Suriswo, N. H., Sri Adi Nurhayati, N. L., Desni, Y., Sitti Hartinah DS, F. S. N., Sulaiman, & Iratna, D. (2024). Bimbingan konseling anak usia dini. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Wahid, A, & Samta, S. R. (2022). Permainan tradisional dakon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini. Sentra Cendekia. 3(2), 61-68. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2148.

Widya, R., Rozana, S., Ependi, R., & Zahrita, Z. (2024). Psikologi perilaku anak usia dini : mengatasi temper tantrum pada anak usia dini. Jambi. PT Sonpedia publishing Indonesia.

Yoyok, Y., & Siswandi, S. (2008). Pendidikan seni budaya 2 SMP. Jakarta Timur. PT Ghalia Indonesia Printing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.