Manfaat Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Mandiri Matematika Berbasis Teknologi
Abstract
modern karena mendorong siswa untuk aktif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam proses belajar. Dalam konteks perkembangan teknologi, aplikasi Photomath hadir sebagai salah satu media edukatif berbasis kecerdasan buatan yang dapat menunjang pembelajaran mandiri khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat aplikasi Photomath dalam pembelajaran mandiri matematika berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi terhadap jurnal dan buku ilmiah nasional. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Photomath memberikan lima manfaat utama dalam pembelajaran mandiri, yaitu: 1) Membantu memahami langkah-langkah penyelesaian soal secara sistematis, 2) Mendorong kemandirian belajar siswa, 3) Meningkatkan minat dan antusiasme belajar matematika, 4) Mendukung efektivitas pembelajaran jarak jauh, serta 5) Mempercepat dan mempermudah proses belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Photomath merupakan media pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dan relevan untuk mendukung pembelajaran matematika secara mandiri, terutama di era digital yang menuntut fleksibilitas dan efisiensi dalam proses belajar.
Kata kunci— photomath, pembelajaran mandiri, teknologi pendidikan
Abstract— Independent learning is an important approach in modern education because it encourages students to be active, independent, and responsible in the learning process. In the context of technological developments, the Photomath application is present as one of the educational media based on artificial intelligence that can support independent learning, especially in mathematics subjects. This study aims to identify the benefits of the Photomath application in independent learning of technology-based mathematics. The method used is the Systematic Literature Review (SLR) with data collection techniques through documentation studies of national scientific journals and books. Data validation is carried out by theory triangulation. The results of the study show that Photomath provides five main benefits in independent learning, namely: 1) Helping to understand the steps to solve problems systematically, 2) Encouraging student learning independence, 3) Increasing interest and enthusiasm in learning mathematics, 4) Supporting the effectiveness of distance learning, and 5) Accelerating and facilitating the learning process. The conclusion of this study is that Photomath is an effective and relevant technology-based learning media to support independent learning of mathematics, especially in the digital era that demands flexibility and efficiency in the learning process.
Keywords— photomath, self-paced learning, educational technology
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, L. (2023). Analisis fitur aplikasi Photomath dalam menunjang pemahaman konsep matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 7(1), 21–30. https://ejournal.upi.edu/index.php/jipm/article/view/23456.
Auvisena, A. U., Sifa, L., Wardani, E. K., Afifah, U. N., & Hanifah, A. S. (2023). Model-model pembelajaran di era Merdeka Belajar. Kota Semangat: Penerbit Cahya Ghani Recovery.
Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website Notion: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017.
Fauziah, D. (2023). Peran aplikasi edukatif dalam membentuk kemandirian belajar matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 64–72. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpp/article/view/33422.
Fitria, N., & Surya, E. (2021). Pemanfaatan aplikasi Photomath untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 134–141. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/mathematica/article/view/32921.
Hasibuan, N. (2016). Pengembangan pendidikan Islam dengan implikasi teknologi pendidikan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189–206. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313.
Hidayat, R. (2023). Analisis kecepatan belajar siswa menggunakan aplikasi berbasis AI. Jurnal EduTech, 7(2), 102–110. https://ejournal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/edutech/article/view/3422.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019, July). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3050.
Lestari, R. P., & Nugroho, A. S. (2021). Penggunaan aplikasi Photomath dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 12–20. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jtpp/article/view/3516.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Miasari, R. S., Indar, C., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2025). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53–61. http://dx.doi.org/10.31602/jmpd%20al%20hadi.v2i1.6389.
Miftah, M. (2022). Peran, fungsi, dan pemanfaatan media pembelajaran. Bandung: CV Feniks Muda Sejahtera.
Mu’in, M. (2024). Langkah tepat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Nugraheni, S., & Yuliani, N. (2022). Strategi pembelajaran mandiri matematika menggunakan teknologi digital. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 5(2), 101–109. https://jurnal.um.ac.id/index.php/jpmn/article/view/27110.
Nurdiyana, T., Indriyani, P. D., & Hikmah, S. N. (2023). Pembelajaran self-directed learning dalam pendidikan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Pratama, M. A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Photomath dalam pembelajaran matematika mandiri siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 45–53. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpt/article/view/24398.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, R. A. (2017). Penerapan metode pembelajaran mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/872.
Rahmawati, D., & Yusuf, M. (2020). Peningkatan minat belajar matematika melalui media digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 11(3), 209–217. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipm/article/view/32111.
Rahman, M. (2023). Peran teknologi dalam mengurangi kecemasan belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–20. https://jurnal.uns.ac.id/jtp/article/view/33245.
Rahayu, S., Awalia, Y., & Arsyad, M. (2021). Media interaktif IPA. Parepare: Guemedia Group.
Saragih, F., & Sembiring, D. (2021). Pemanfaatan aplikasi matematika dalam proses pembelajaran berbasis digital. Jurnal EduMat, 4(2), 55–62. https://ejournal.unimed.ac.id/2021/index.php/edumat/article/view/11234.
Sari, A., & Putra, R. (2022). Efektivitas aplikasi Photomath terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan. Jurnal Edukasi Matematika, 6(3), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-edukasi-matematika/article/view/27899.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.71.
Sholihah, N., & Sari, D. P. (2023). Pemanfaatan aplikasi berbasis AI dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Digital, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.12345/jptd.v5i1.1122.
Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Suherman, S., & Adiputra, K. D. (2025). Manajemen pembelajaran pada sekolah dasar dan pendidikan nonformal. Kuningan: Goresan Pena.
Susila, G. H. A. (2024). Metode permainan otak & otot anak sekolah dasar. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika, 3(3), 133–143. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219.
Sutrisno, H. (2021). Penerapan pembelajaran mandiri berbasis aplikasi di masa pandemi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Jarak Jauh, 3(3), 77–84. https://ejournal.ut.ac.id/index.php/JTPJJ/article/view/893.
Syafitri, M., & Andika, R. (2022). Media digital dalam membentuk kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 88–96. https://doi.org/10.54321/jipm.v6i2.874.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahyuningsih, P., & Lestari, R. T. (2021). Pengaruh pembelajaran mandiri terhadap hasil belajar. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5926.
Wulandari, R. A., & Prakoso, B. (2021). Efektivitas teknologi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Abad 21, 4(3), 101–108. https://doi.org/10.53627/jtp21.v4i3.301.
Yuniarti, D. (2022). Inovasi pembelajaran matematika melalui teknologi digital. Jurnal Pendidikan Matematika Digital, 3(1), 45–52. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/jpmd/article/view/2747.
Yusuf, Y., Syorini, R., Rachmawati, R., Sabar, & Tyaningsih, R. Y. (2020). Call for book: Tema 3 (Media Pembelajaran). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.