Manfaat Metode Sempoa untuk Mengajar Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak— Sekolah dasar adalah tahap krusial dalam pendidikan formal, berperan penting dalam membentuk karakter dan kemampuan kognitif anak. Salah satu kesulitan dalam pengajaran matematika di jenjang ini adalah menyajikan materi agar mudah dimengerti dan menarik. Penelitian ini menginvestigasi efektivitas penggunaan sempoa sebagai alat bantu ajar matematika untuk siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan studi literatur dan observasi pada siswa yang telah maupun belum menggunakan sempoa, ditemukan bahwa siswa yang terbiasa dengan sempoa menunjukkan kecepatan berhitung yang lebih tinggi, akurasi jawaban yang baik, dan kemampuan berpikir kritis. Jadi, disimpulkan bahwa metode sempoa berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat dasar.
Kata kunci— sekolah dasar, matematika, sempoa
Abstract— Elementary school is a crucial stage in formal education, playing an important role in shaping children's character and cognitive abilities. One of the difficulties in teaching mathematics at this level is presenting the material so that it is easy to understand and interesting. This study investigates the effectiveness of using an abacus as a mathematics teaching aid for elementary school students. Using literature studies and observations on students who have and have not used an abacus, it was found that students who are familiar with an abacus show higher calculation speed, good answer accuracy, and critical thinking skills. Thus, it is concluded that the abacus method contributes positively to improving the quality of mathematics learning at the elementary level.
Keywords— elementary school, mathematics, abacus
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad Aji Pradana, & Jazilatul Ummah. (2020). PENGARUH MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN SISWA KELAS II MI . PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94-102. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.89
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Majid, A., & Amaliah, F. R. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI. Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/237.
Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Sindi Meli Nur Afni, Avrilia Vega Ray, Ayu Melia Febianti, Aurellisa Maira Sari, Ivanna Priscilla Avrinata, & Ahmad Fu’adin. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SEMPOA DALAM KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 131–145. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.120
Sumardjan., (2017). Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang: Penerbit Formaci.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.