Manfaat Simulasi Matematika Digital dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Siswa SMA
Abstract
abstrak—Matematika digital adalah metode pengajaran dan penggunaan matematika yang memanfaatkan teknologi modern, seperti tulisan, ilustrasi, diagram, suara, animasi, rekaman video, serta bentuk interaksi digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas simulasi matematika digital dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review atau yang biasa disebut (SLR). Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa kata, frasa, klausa, atau bahkan kalimat dari berbagai buku dan artikel jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah simulasi digital seperti PhET memiliki manfaat 1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah 2) Meningkatkan kreativitas dalam mencari solusi alternatif 3) Meningkatkan kemampuan Analytical Thingking 4) Implikasi Pedagogis 5) Implikasi transformatif untuk pendidikan matematika. Simpulan penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis yang signifikan bagi pengembangan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan inovatif di tingkat SMA.
Kata kunci—Pembelajaran Matematika Digital, Berpikir kritis, Berpikir Kreatif
Abstract— Digital mathematics is a teaching method and utilization of mathematics that leverages modern technology, such as writing, illustrations, diagrams, sound, animation, video recordings, and other forms of digital interaction. This research aims to analyze the effectiveness of digital mathematics simulations in improving critical and creative thinking abilities of high school students. This research method uses the Systematic Literature Review (SLR) method. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases, clauses, or even sentences from various books and journal articles published nationally. The data collection technique uses observation and note-taking methods. The data validation technique uses theory triangulation technique. The results of this research show that digital simulations such as PhET have benefits: 1) Enhancing critical thingking skills through problem solving 2) Enhancing creativity in finding alternative solutions 3) Enhancing analytical thinking skills 4) Pedagogical implications 5) Transformative implications for mathematics education. The conclusion of this research provides significant theoretical and practical contributions to the development of more effective and innovative mathematics learning at the high school level.
Keywords— Digital Mathematics Learning, Critical Thinking, Creative Thinking
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar, & Qomariah, N. S. (2023). Buku ajar komprehensif konsep dasar keperawatan. Surabaya: Airlangga University Press.
AK Fatira, M., Ferawati, Darmayanti, S., Nendissa, J. S., & Handayani, S. F. (2021). Pembelajaran digital. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arif, M. (2017). Pemodelan sistem. Yogyakarta: Deepublish.
Dwiprabowo, A. (2024). Merumuskan gagasan inovatif dan menemukan peluang tersembunyi. Jakarta: Penerbit Inovasi Nusantara.
Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative problem solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 502–514. https://doi.org/10.29407/js0c5d09
Gusteti, U. M. (2024). Era digital dalam kelas matematika: Menggabungkan teknologi dengan alat peraga tradisional. Sumedang: CV. Mega Press Nusantara.
Harsari, N. (2024). Dasar-dasar desain grafis: Teori dan panduan dasar bagi pemula. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hartati, T., Nurzaman, I., Febriyanto, B., Suhendra, I., & Fatanah, N. (2019). Panduan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi guru. Garut: Cahaya Smart Nusantara.
Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162.
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran matematika dan sains secara integratif melalui situation-based learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Khotimah, K. B. (2015). Teori simulasi dan pemodelan: Konsep, aplikasi dan terapan. Ponorogo: CV. Wade Group.
Kurniati, R., Dahlan, T., Madubun, M. F., Afifa, N. R., & Lubis, H. (2025). Pendidikan matematika. Sumatera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Laksana, D. S. (2016). Magic mathematic sebagai media pembangun semangat belajar anak. Ponorogo: CV. WADE GROUP.
Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Lokantara, W. G. I. (2020). Membangun ruang kreatif di era digital: Memberdayakan ide, kreativitas, dan potensi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan menulis esai dalam pembentukan berpikir kritis mahasiswa prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338
Maulana. (2017). Konsep dasar matematika dan pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Munandar, A., & Hardi, R. (2023). Model Simulasi dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Edukasi.
Muzaini, M. C., Najib, M., Mahmudah, A., & Nisa, A. K. (2023). Implementasi metode simulasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik di madrasah ibtidaiyah. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17573
Puspita, K. (2024). Panduan praktis untuk berpikir kritis dan analitis. Yogyakarta: Victory Pustaka Media.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552–1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rahmaniah, N., Oktaviani, M. A., Arifin, F., Fitriyani, & Patras, E. Y. (2023). Berpikir kritis dan kreatif: Teori dan implementasi praktis dalam pembelajaran. Jakarta Selatan: Publica Indonesia Utama.
Rahayu, S. (2015). Model simulasi dalam mata kuliah strategi pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 118–122. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.246
Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. https://jurnaluisu.ac.id/index.php/mesuisu
Shopa, M. B., & Sakti, S. (2021). Pemodelan dan simulasi berbasis agen untuk sistem kompleks sosioteknikal: Konsep, metode, dan aplikasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Siregar, K. (2016). Simulasi dan pemodelan: Aplikasi untuk keteknikan pertanian. Yogyakarta: Deepublish.
Surya, H., & Indriyani, N. R. (2011). Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sutirna. (2021). Bimbingan dan konseling (Bagi guru & calon guru mata pelajaran). Yogyakarta: Deepublish.
Syofyan, H. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA menuju pembentukan profil pelajar Pancasila. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Syarifuddin, & Utari, D. E. (2022). Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Palembang: Bening Media Publishing.
Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., & Wicaksono, A. (2021). Media pembelajaran matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Windyariani, S. (2019). Pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas: Strategi untuk membelajarkan sains di abad 21. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yunita, Y. (2007). Gaya bahasa personifikasi dalam lirik lagu album Romantic Rhapsody pada grup musik ADA Band (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10611
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370–378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.