Manfaat Game Edukasi Math Bingo dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika

Yoga Firmansyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


 abstrak—Aplikasi Math Bingo adalah permainan Bingo Matematika Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian atau Pembagian yang edukatif dan gratis bagi anak-anak untuk berlatih matematika di ponsel/tablet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat game edukasi Math Bingo dalam meningkatkan minat belajar Matematika. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan melalui metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Aplikasi Math Bingo memiliki manfaat yaitu, 1. Meningkatkan Ketertarikan Siswa terhadap Matematika, 2. Menjadikan Belajar Lebih Menyenangkan, 3. Mendorong Keterlibatan Aktif Siswa, 4.  Memberikan Umpan Balik Langsung (Immediate Feedback), dan 5. Meningkatkan Motivasi Intrinsik. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat lima manfaat dari aplikasi Math Bingo yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar Matematika.

Kata kunci—Matematika, Minat belajar, game edukasi Math Bingo.

 

Abstract—Math Bingo is an educational and free math game that helps children practice addition, subtraction, multiplication, or division through a Bingo-style format on mobile phones or tablets. The purpose of this study is to explore the benefits of the Math Bingo educational game in increasing students’ interest in learning mathematics. This research employs a Systematic Literature Review (SLR) method. The data used in this study are derived from secondary sources. Data collection techniques include observation and notetaking, while data validation is conducted through triangulation. The findings indicate that the Math Bingo application offers several benefits: (1) Increasing students’ interest in mathematics, (2) Making learning more enjoyable, (3) Encouraging active student engagement, (4) Providing immediate feedback, and (5) Enhancing intrinsic motivation. In conclusion, the study identifies five key benefits of using the Math Bingo application to boost students’ interest in learning mathematics.

Keywords—Mathematics, Learning interest, Math Bingo educational game.


Keywords


Mathematics, Learning interest, Math Bingo educational game.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, I. F., Astindari, T., Hasanah, N., Akbar, S., & Romlah, R. (2025). Pengembangan Permainan Math Bingo sebagai Media Evaluasi Capaian Pembelajaran di STKIP PGRI Situbondo. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 392-401. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.146.

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, 1, 364-370. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/download/19603/9527

Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989

Aula, S., Ahmadian, H., & Majid, B. A. (2020). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Student Adventure 2D Pada SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 21-28. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/cyberspace/article/view/7132

Azizah, F., & Salehudin, M. (2023). Media game edukasi di gadget: studi literatur manfaat dan dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini. Journal of Instructional and Development Researches, 3(6), 264-271. https://journal.ieleducation.org/index.php/JIDeR/article/view/265

Easter, F., Palilingan, V. R., & Djamen, A. C. (2022). Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Mobile Untuk Siswa Paud. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 259. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/download/4679/2121

Fuad, Z. A., & Zuraini, Z. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, Juni). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2 382/pdf

Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/416

Jayadi, U. (2024). Menggali Dasar Matematika: Meta-Analisis Pengenalan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini Untuk Pembelajaran Yang Lebih Efektif. Berajah Journal, 4(7), 1347-1356. https://www.ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/440

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan e-book untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74-82. https://pdfs.semanticscholar.org/5d41/9f650d58dd817d22d498c18c83f8d9f9f1 2e.pdf

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal,

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115-125. https://core.ac.uk/download/pdf/236196068.pdf

Mikamahuly, A., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Analisis pengembangan media komik pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(2), 256-263. http://journal.uniga.ac.id/index.php/jpif/article/view/2818

Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2),133-139. https://scholar.archive.org/work/xbbhxkicpjhg3notybqg2ttpuy/access/wayback/https://journal.arraniry.ac.id/index.php/jrpm/article/download/1684/99

Nuraidah, M., Marjo, H. K., & Tatminingsih, S. (2023). Pengaruh Permainan Bingo, Efikasi Diri dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 146-153. https://journal.umsurabaya.ac.id/pgsd/article/view/18509

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus ar-rahmaniyah. Edisi, 3(2), 289-298. https://ejournal.stitpn.ac.id/Index.Php/Edisi/Article/Download/1353/941

Oktaviani, T., & Dewi, E. R. S. (2019). Penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47-52. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17409

Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S.(2017). Rancang bangun aplikasi game edukasi ragam budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/17793

Pradana, A. G., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 49-53. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1062

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/64

Purnomo, I. I. (2020). Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 86-90. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JIT/article/view/2784

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Putri, M. P., Permatasari, P., Pratiwi, P. I., Purwanti, J. I. S., & Muhammadi, Y. I. Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Siswa Melalui Permainan Edukasi’Math Bingo’di SDN Bratan 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 4, pp. 415-421). https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/97060.

Rahma, R., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jemas: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 38-41. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/download/425/354

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/420

Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021, February). Teori behaviour (E. Throndike) dalam pembelajaran matematika. In PRISMA, Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 174-178). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44939

Sebayang, S. K. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada sosial media instagram dalam postingan, komentar, dan cerita singkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(1). http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/124

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25-31. https://pdfs.semanticscholar.org/5a31/6b8ee0693618f23d415e31d1ea820744fb aa.pdf

Syahputra, 2020. Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/791

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58-67. https://core.ac.uk/download/pdf/235683959.pdf

Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 228-237. https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/article/view/1729

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal, 1(02), 14-19. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12705/

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77-89. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1888.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf

Widiani, Y., & Ferolina, N. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39-45. https://core.ac.uk/download/pdf/229577941.pdf.

Widiani, Y., & Ferolina, N. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39-45. https://core.ac.uk/download/pdf/229577941.pdf

Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/9864


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.