Manfaat Aplikasi 123 Numbers dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Taman Kanak-kanak
Abstract
abstrak—Aplikasi 123 Numbers adalah alat pembelajaran digital yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah dengan tujuan memperkenalkan angka dan konsep dasar matematika secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai manfaat aplikasi itu dalam mengembangkan ketertarikan siswa TK terhadap pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap publikasi nasional yang relevan dari tahun 2013 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi 123 Numbers memiliki lima fungsi utama: 1) sebagai media pembelajaran interaktif yang efisien, 2) meningkatkan ketertarikan belajar melalui visual dan interaksi, 3) memiliki kesesuaian dengan karakteristik anak taman kanak-kanak, 4) pendekatan praktik yang sesuai dengan perkembangan anak (DAP), 5) berkontribusi untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi 123 Numbers merupakan alat digital yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak prasekolah dalam belajar matematika.
Kata kunci—aplikasi 123 numbers, minat belajar, taman kanak-kanak
Abstract—The 123 Numbers application is a digital learning tool aimed at preschoolers with the aim of introducing numbers and basic mathematical concepts in a fun way. This study aims to assess the benefits of the application in developing kindergarten students’ interest in learning mathematics. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) of relevant national publications from 2013 to 2025. The results of the analysis show that the 123 Numbers application has five main functions: 1) as an efficient interactive learning media, 2) increasing interest in learning through visuals and interactions, 3) having suitability with the characteristics of kindergarten children, 4) a developmentally appropriate practical approach (DAP), 5) contributing to achieving mathematics learning goals. The conclusion of this study is that the 123 Numbers application is an effective and innovative digital tool to increase preschool children’s interest in learning mathematics.
Keywords— 123 numbers application, learning interest, kindergarten
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2021). Identifikasi Minat Belajar Siswa PAUD dalam Pelajaran Berhitung. Journal of Basic Education Research, 2(2), 51-54. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.193
Amalia, S. R., Fasha, E. F., & Arifha, I. N. (2024). Aplikasi media pembelajaran mobile learning berbasis Android Kodular meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 10(1), 118-129. https://doi.org/10.37729/jpse.v10i1.5157
Ananda, C., Zalaf, Y. A., & Sari, S. G. (2025). Pentingnya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Studi Multidisipliner, 9(1). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jsm/article/view/8736/9842
Antoro, B., Amelia, M. M., Hakim, L., & Rozi, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 064024 Medan. Madaniya, 4(1), 399-404. https://doi.org/10.53696/27214834.372
Asih, T. (2018). Perkembangan tingkat kognitif peserta didik di kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9-17. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.909
Badawi, B. (2023). Model Pembelajaran Literasi Numerik Berbasis Developmentally Appropriate Practice Di Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 21(2), 130-143.https://doi.org/10.33558/pedagogik.v1i1.1217
Budi, NIS, Pratiwi, IA, & Riswari, LA (2024). Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar , 6 (2), 161–170. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1846
Dhevi, D. (2013). Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Angka dan Huruf Untuk Anak Taman Kanak-Kanak. Arty: Jurnal Seni Rupa, 2(1). https://doi.org/10.15294/arty.v2i1.2449
Dhida, T. T., Hafidah, R., & Jumiatmoko, J. (2024). Implementasi Developmentally Appropriate Practice (Dap) Pada Stimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak. Kumara Cendekia, 11(4), 315-325. https://doi.org/10.20961/kc.v11i4.67871
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Handayani, F. F., Munawaroh, F., Kurniawan, N. A., & Devianti, R. (2022). Metode Bermain: Upaya Menstimulusi Perkembangan Matematika Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 73-84. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.529
Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.948
Hasanah, N., & Rosmi, F. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4.1 SD LAB School FIP UMJ. SEMNASFIP. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1967
Hidayat, A. (2014). Unsur-Unsur Intrinsik Dan Nilai-Nilai Psikologis Dalam Naskah Drama Matahari Di Sebuah Jalan Kecil Karya Arifin C Noor Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Sastra Di Sma. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.
Jamaluddin, J. (2016). “Minat belajar.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 8(2),27-39. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.232
Lestari, Indah. “Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika.” Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA 3.2 (2015). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Novrianti, W., & Nurhafizah, N. (2024). Implementasi Media Papan Pintar Angka Modifikasi dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 263-272. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.25182
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rizky, M. R. F., Marhaeni, N. H., & Budiningsih, V. A. (2022). Kajian Kebutuhan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 2(2), 159-166. https://doi.org/10.47233/jsit.v2i3.224
Saiful, F. S., Sugilar, H., Komala, C., & Ramli, H. (2024, November). Penggunaan Aplikasi Matematis dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 46, pp. 80-90). https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/2540/1719the
Syamsidar, S. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Anak Tk Kelompok B Melalui Penggunaan Media Visual. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 2(1), 108-115. https://doi.org/10.31934/eceij.v2i1.919
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wijaya, I. D. (2016). Deskripsi Proses Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. CALYPTRA, 5(1), 1-15. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2625/2037
Yulisar, N. A., Hibana, H., & Zubaedah, S. (2020). Pembelajaran Calistung: Peningkatkan Perkembangan Kognitif pada Kelompok B di TK Angkasa Tasikmalaya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 17-30. https://doi.org/10.14421/jga.2020.51-03
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.