Manfaat Aplikasi Quizizz sebagai Media Kuis Interaktif pada Pembelajaran Matematika

Fertina Gisca Putri Damayanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—quizizz adalah platform belajar berbasis game yang digunakan untuk menyusun kuis interaktif guna mendukung semangat dan pencapaian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat  aplikasi quizizz sebagai  media kuis interaktif pada pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah systematic literature review (SLR). Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa kutipan dari buku dan jurnal nasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, serta divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi quizizz memiliki manfaat 1) meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) mempermudah penyampaian materi secara menarik, 3) membuktikan efektivitas dalam proses penilaian, 4) melatih kemandirian dalam belajar, 5) mendukung dan memperkuat pembelajaran digital. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi quizizz memiliki lima peran yang dapat dimanfaatkan sebagai media kuis interaktif dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci—pelajaran matematika, kuis interaktif, aplikasi quizizz

 

Abstract—quizizz is a gamebased learning platform used to create interactive quizzes aimed at supporting students’ motivation and learning achievement. The purpose of this study is to identify the benefits of using quizizz as an interactive quiz medium in mathematics learning. This research adopts the systematic literature review (SLR) approach. Secondary data were obtained from quotes in books and nationally published journals. Data were collected using observation and note-taking methods, and validated through triangulation techniques. The results of the study show that quizizz has several benefits: (1) increasing students’ learning motivation, (2) facilitating the delivery of material in an engaging way, (3) proving effective in the assessment process, (4) encouraging independent learning, and (5) supporting and strengthening digital learning. The conclusion of this study states that quizizz has five key roles that can be utilized as an interactive quiz tool in mathematics education.

Keywords— mathematics lesson, interactive quiz, quizizz aplication


Keywords


mathematics lesson, interactive quiz, quizizz aplication

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376.

Ayu, P., Anomeisa, A. B., & Ndori, V. H. (2023). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif quizizz terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi persamaan lingkaran. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 415-422. https://doi.org/10.54082/jupin.179.

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55-62.https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/riyadhohjurnal/article/view/5727.

Geminiawan, I. H. E., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2018). Karakteristik multimedia interaktif mata pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 91-95. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17216.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Huda, H. (2022). Pembelajaran melalui quizizz sebagai aplikasi evaluasi belajar di kelas VIII B untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA MTSN 4 Jombang tahun 2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Special Issue 2), 333-342. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpecial%20Issue%202.1296.

Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram: Caracteristics of Teenage Slang as Indonesian Language Creativity on Status Comments Inside Lombok on Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44.

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan media canva dan aplikasi quizizz pada pembelajaran teks fabel peserta didik SMP. Semantik, 11(1), 61-70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70.

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh pendekatan matematika realistik berbantu media konkret terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613-6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322.

Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177.

Limbong, M., Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27-35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27.

Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan kuis interaktif nahwu sebagai media pembelajaran drill and practice pada pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203-212. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index.

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat pendidikan Matematika (Matematika sebagai alat pikir dan bahasa ilmu). Al jabar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 73-94. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927.

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. Pensa, 3(2), 280-296. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1359.

Octorina, A. (2021). Implementasi aplikasi quizizz untuk meningkatkan kehadiran dan hasil belajar IPS. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 1(2), 68-76. https://doi.org/10.26740/sosearch.v1n2.p68-76.

Pertiwi, D. S. K., & Wardhani, I. S. (2024). Karakteristik media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/download/86/788.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, L. R. (2021). persepsi pemberian kuis interaktif sebagai media evaluasi pembelajaran pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Medika Hutama, 3(01 Oktober), 1462-1467. https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/29802.

Qodriani, R. N. L. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326-339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689.

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Ramadhani, M., Zulfa, N. F., Pasha, P. R., Fauzan, S., & Ashad, A. (2022, July). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Akuntansi Dasar. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 2, No. 3). https://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2535.

Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Linear: Journal of Mathematics Education, 15-21. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall quiz terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767.

Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring di era covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101.g62.

Tiana, A., Sagita Krissandi, A. D., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media game quizizz pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 943-952. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.189.

Tusyani, I., Azmi, M., & Jamil, J. (2022). Pemanfaatan Aplikasi quizizz pada mata pelajaran sejarah kelas X SMK Negeri 17 Samarinda. Yupa: Historical Studies Journal, 6(2), 101-110. https://doi.org/10.30872/yupa.v6i2.979.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal tadris matematika, 9(1), 89-110. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6.

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK. https://mgmpmatsatapmalang/karakteristik-mat-smp.pdf.

Zaeni, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai evaluasi pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 195-207. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/1244.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.