Peran Pertunjukan Wayang Thengul untuk Mengenalkan Kesenian Daerah di Sekolah Dasar
Abstract
abstrak— Wayang Thengul memiliki fungsi sangat bermanfaat untuk pelestarian budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini ingin mengembangkan komponen penting dalam kehidupan masyarakat dan kebudayaan. Metode SLR diterapkan dalam pelaksanaan penelitian ini. Jenis data yang dianalisis merupakan data sekunder yang dikumpulkan dari buku dan jurnal nasional dalam bentuk kata, frasa, serta klausa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dan catat, serta validasi dilakukan melalui pendekatan triangulasi teori. Hasil penelitian terdapat 1) pelestarian cerita sejarah dan rakyat, 2) identitas budaya lokal dan 3) sarana komunikasi dan hiburan. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 peran yang penting dalam melestarikan budaya lokal.
Kata kunci—Wayang Thengul, Kesenian Daerah, Sekolah Dasar
Abstract—Wayang Thengul serves a highly beneficial role in preserving local culture. The aim of this study is to develop key components of community life and cultural heritage. The SLR (Systematic Literature Review) method was applied in conducting this research. The type of data analyzed was secondary data collected from books and national journals in the form of words, phrases, and clauses. Data were gathered using observation and note-taking techniques, while validation was carried out through a theoretical triangulation approach. The results of the study indicate three main findings: 1) the preservation of historical and folk narratives, 2) the reinforcement of local cultural identity, and 3) its function as a medium for communication and entertainment. The conclusion of this research highlights three significant roles in preserving local culture.
Keywords— Wayang Thengul, Local Arts, Elementary School.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8. https://core.ac.uk/download/pdf/322630159.pdf.
Astri, N. D. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Cuitan atau Meme di Media Sosial Instagram. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 145-155. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1187.
Ayu Wahyuningtiyas, P. (2019). Analisis Karakter Tokoh Wayang Thengul dalam Lakon Sri Huning Gugur oleh Dalang Ki Darno Asmoro pada Paguyuban Margi Utomo Laras Bojonegoro. Apron Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 7(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/28711
Bastian, I. (2007). AKUNTANSI PENDIDIKAN. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.
Budiyanto, B. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif. Indonesia: Prenada Media.
Darmini, M. (2021). PERANCANGAN MOTION COMIC KISAH “RAHWANA GUGUR” DALAM KESENIAN BUROK DI CIREBON (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). https://digilib.isi.ac.id/10207/.
dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. 10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 61-69. https://www.neliti.com/publications/278060/lingkungan-belajar-efektif-bagi-siswa-sekolah-dasar#cite.
Haloho, O. (2022). Konsep Berpikir Suku Batak Toba: Anakkon Hi Do Hamoraon di Au. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 747-752. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.896.
Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3784.
Hidayatulloh, I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Teknologi Pendidikan, 3(1), 123-127. file:///C:/Users/HP/Downloads/1754-Article%20Text-3883-1-10-20230504%20(2).pdf.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Khamid, A., Huda, M. M., Safiq, A., & Chalifah, C. (2025). Introduction to Islamic Education Values through the Art of Wayang Thengul. Indonesian Journal of Islamic Religion and Culture, 2(1). https://journal.iai-alfatimah.ac.id/index.php/ijirc/article/view/204
Kharisma, R., & Ansari, I. (2018). PENGARUH PERUBAHAN EKOLOGI TERHADAP KESENIAN WAYANG THENGUL NGAWI. Lakon Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang, 15(1).https://doi.org/10.33153/lakon.v15i1.2321.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1342.
Meralda, F. (2019). Penerapan Karakteristik Wayang Punakawan Terhadap Bentuk Perancangan Convention Center Di Surakarta. AGORA: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, 17(1), 16-24. https://doi.org/10.25105/agora.v17i01.7489.
Muniroh, L.L., & Mirza, R. (2021). MENGONSTRUKSI LAPORAN HASIL OBSERVASI untuk SMA/SMK Sederajat: Di lengkapi Muatan Kesenian Daerah Kabupaten/Kota Tegal. Jawa Tengah: GUEPEDIA.
Ni’mah, B. (2018). Lakon Wayang Thengul Sawunggaling dalam Tradisi Nyadran: Analisis Struktur dan Fungsi bagi Masyarakat Desa Yungyang, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-skripb8fd97711dfull.pdf
Prameswari, A. N., & Prawoto, E. C. (2025). FUNGSI WAYANG KULIT LAKON TIRTA PERWITASARI OLEH DALANG KI CAHYO KUNTADI: PERSPEKTIF WILLIAM R. BASCOM. Pena Literasi, 8(1), 16-29. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/26632.
Prianto, S., & Liana, C. (2016). Seni Wayang Thengul Bojonegoro Tahun 1930-2010. AVATARA, Journal Pendidikan Sejarah, 4(1), 36-45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/13476.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Saputra, R., Hasanah, N., Azis, M., Putra, M. A., & Armayadi, Y. (2024). Peran Seni Dalam Mempertahankan Identitas Budaya Lokal Di Era Modern. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 9(2), 183-195. https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4044.
Schrag, B., & Rowe, J. (2022). Kesenian daerah untuk kemuliaan Allah: Panduan singkat untuk menolong masyarakat menuju masa depan yang lebih baik. Indonesia: William Carey Publishing.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah
Solikah, A. U., Izzah, A., Valeria, A. H., Yudistira, I., Rohmah, L. E., Aziz, M. J. N., Ningrum, R. S., Indraswari, S. N. A., & Triana, Y. M. (2024). Corak Budaya Indonesia dalam Bingkai Kearifan Lokal. Surabaya: Uwais Inspirasi Indonesia.
Soro, S.H., Yudianto, Y., Rhamdani, N., Defauzi, P., & Erawan, R. D. T., (2023). Supervisi Pendidikan Implementasi Supervisi di Satuan-Satuan Pendidikan. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Suherman, S., & Adiputra, D. K. (2025). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. Indonesia: Goresan Pena.
Thachir, A. M., Sutrisno, V., Suyoto, I. T., Solikin, A., Sulhan, M. N., & Naim, H. M. (2006). Bahasa kita: Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas III semester 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.