Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Stimulasi Motorik Kasar Anak Usia Dini

Yuliana Surya Anggita, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Motorik kasar pada anak dapat dikembangkan melalui permainan tradisional engklek. Penelitian ini dilakukan guna memahami pemanfaatan permainan engklek sebagai alat stimulasi motorik kasar bagi anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan SLR dan memanfaatkan data sekunder yang dikumpulkan dari sumber seperti jurnal nasional, buku, dan skripsi. Data dikumpulkan menggunakan teknik berupa simak dan catat. Teknik triangulasi diterapkan dalam proses validasi data. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas fisik yang terdapat pada permainan tradisional engklek dimanfaatkan sebagai alat stimulasi motorik kasar anak pada usia dini yang meliputi 1) lompatan terarah, 2) gerak berulang dan teratur, 3) gerakan loncat satu kaki, 4) mendarat dengan dua kaki, 5) menjaga postur dan keseimbangan saat membungkuk mengambil gacuk, 6) melompati kotak yang terdapat gacuk. Kesimpulannya adalah permainan tradisional engklek dimanfaatkan sebagai media untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia dini.

Kata kunci— Anak usia dini, motorik kasar, permainan tradisional engklek

 

Abstract— Gross motor skills in children can be developed through the traditional game of engklek. This research was conducted to understand the utilization of cranklek game as a gross motor stimulation tool for early childhood. This research was conducted using the SLR approach and utilized secondary data collected from sources such as national journals, books, and theses. Data was collected using techniques such as listening and recording. Triangulation techniques were applied in the data validation process. The results in this study show that the physical activities contained in the traditional game of engklek are utilized as a means of stimulating children's gross motor at an early age which includes 1) directed jumps, 2) repetitive and regular movements, 3) one-legged jumping movements, 4) landing on two feet, 5) maintaining posture and balance when bending over to pick up the gacuk, 6) jumping over a box containing gacuk. The conclusion is that the traditional game of engklek is utilized as a medium to stimulate gross motor development in early childhood.

Keywords— Early childhood, gross motor skills, traditional cricket game


Keywords


Early childhood, gross motor skills, traditional cricket game

Full Text:

PDF

References


Afni, U. & Khasanah, N. (2021). Implementasi seni tari dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini. Asghar: Journal of Children Studies, 1(2), 164–172. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4756 .

Alsaudi, A. T. B. D., & Herminastiti, R. (2024). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional dampu. Sportology Journal, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.37640/sj.v1i1.1990 .

Anggrayni, R., Lenny, L., Risman, V., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek di TKIT Bunga Mufiidah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 761-768. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.761-768.2023 .

Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K, & Usriyah, S. (2019). Motorik kasar anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 36-44. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/138 .

Butsi, E. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 155-162. https://doi.org/10.30653/003.201512.23 .

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & Cs, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538-2546. https://www.academia.edu/download/102329239/pdf .

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233 .

Fatonah, S., & Naemah, Z. (2022). Analisis Pengaruh Games Education (Permainan Angklek) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar. Jurnal basicedu, 6(4), 7209-7219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3455 .

Febrianty, W., Saputra, R. D., Amri, H. A., Rahmat, F. N., Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (2023). EKSPLORASI KONSEP FISIKA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 109-120. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2761 .

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DAN GASING KHAS KEBUDAYAAN SUNDA. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358 .

Fitri, A. (2019). Kegiatan pengembangan motorik kasar. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2517 .

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498 .

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195-200. https://www.neliti.com/publications/117598/ .

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Isnaini, I. D., Julianingsih, D., & Aryanti, M. P. (2022). Sosialisasi pola asuh yang tepat dan pentingnya memahami karakteristik anak usia dini di TK Dharmawanita Gedangan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 152–159. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i2.174 .

Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87-91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401 .

Mahmud, B. (2018). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika: jurnal kependidikan, 12(1), 76-87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.17 .

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86-100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883 .

Pradipta, G. D. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140-147. https://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/viewFile/1292/1119 .

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395 .

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, S. D. A., & Azizah, A. R. (2025). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali dan Engklek Terhadap Kemampuan di SD Negeri 1 Sidakangen. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 626-632. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.431 .

Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali manfaat permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar: konteks anak usia dini. Jendela PLS, 7(1), 8-23. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1.4506 .

Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan (Jurnal Pikes), 1(1), 22-27. https://ojs.pikes.iik.ac.id/index.php/jpikes/article/view/4 .

Sam, F. K., Pramono, P., & Astuti, W. (2021). PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK FRUIT SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. JP2KG AUD. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.1-8 .

Saputra, A. (2019). Pendidikan anak pada usia dini. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(2), 192 - 209. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176 .

Sudirman, I. N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Bandung: Nilacakra.

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan menumbuhkan karakter cinta tanah air pada permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 81-94. http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342 .

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Utsman, A. F., Ni’mah, R., & Rohana, R. (2018). Peran permainan tradisional dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 di RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i2.156 .

Wahyuningsih, A., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatika: analisis konsep matematika pada permainan tradisional engklek. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 85-94. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4181

Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan kognitif anak usia dini. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Waskita, T. D ., Surya, M. C., & Febriana, R. (2022). KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI TEKNIK PERMAINAN LARI ESTAFET PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312 .

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 67-74. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE .

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.