Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Novadila Susanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Orang tua memegang peranan krusial selaku guru pertama bagi anak, mendukung keberhasilan akademis, terutama dalam pelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami bagaimana bantuan dari orang tua dapat meningkatkan nilai matematika anak dan menjadi landasan dalam merancang strategi atau regulasi pendidikan yang lebih berdaya guna. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan data sekunder, menggunakan metode menyimak, mencatat dan triangulasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) Orang tua berperan penting dalam menumbuhkan ketertarikan anak pada matematika dengan cara yang menyenangkan dan terhubung dengan kehidupan sehari-hari. 2) Keterlibatan aktif orang tua penting untuk membantu anak memahami matematika dan mengatasi kesulitan belajar di rumah. 3) Orang tua perlu mengubah cara mengajar matematika sesuai dengan gaya belajar anak menggunakan aktivitas sehari-hari. 4) Kerja sama antara sekolah dan keluarga sangat penting untuk membantu keberhasilan siswa, terutama dalam matematika, melalui pertemuan rutin dan sumber belajar terbuka. 5) Sekolah membantu orang tua mendukung anak belajar, terutama matematika, lewat pelatihan dan kegiatan aktif, yang meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa. Penelitian ini memperlihatkan peran orang tua dalam proses belajar siswa sekolah dasar sangat penting terutama dalam bidang matematika.

Kata kunci—Orang tua, Sekolah Dasar, Matematika

 

Abstract—Parents play a crucial role as a child’s first teacher, supporting academic success, especially in math at the primary school level. This study was conducted with the aim of understanding how help from parents can improve children’s math scores and become a basis for designing more effective educational strategies or regulations. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method with secondary data, using listening, note-taking and triangulation methods. The results of this study show that 1) Parents play an important role in fostering children’s interest in mathematics in a way that is fun and connected to everyday life. 2) Parents’ active involvement is important to help children understand math and overcome learning difficulties at home. 3) Parents need to change the way they teach math according to their children’s learning style using everyday activities. 4) Cooperation between school and family is essential to help students succeed, especially in math, through regular meetings and open learning resources. 5) Schools help parents support their children’s learning, especially in math, through training and active activities, which improve students’ understanding and achievement. This research shows that the role of parents in the learning process of primary school students is very important, especially in mathematics.

Keywords—parents, elementary school, mathematics


Keywords


parents, elementary school, mathematics

Full Text:

PDF

References


Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Jurnal Emasains: Jurnal edukasi matematika dan sains, 9(1), 1-8. https://core.ac.uk/download/pdf/322630159.pdf.

Bastian, I. (2006). Akuntansi pendidikan. Yogyakarta: Erlangga.

Edwita, E., Nafiah, M., Marini, A., Safitri,D., Dewiyani, L., Waluyo, W., & Sujarwo, S. (2023). Pengelolaan pendidikan ke-sd-an berbasis pendidikan multikultural. Yogyakarta: K-Media.

Hendri, H. (2019). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan konsep diri pada anak. Jurnal At-Taujih, 2(2), 56-71. http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528.

Ihsan, A. F. (2023). Matematika:Menggali makna matematika. Bandung: Indonesia Emas Group.

Isrok'atun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran matematika dan sains secara integratif melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Kartini, V. D. (2022). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di SMP negeri 1 paranginan. Prosiding seminar nasional:Pendidikan, saintek, sosial dan hukum. 1(56), 1-8. https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/129.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan karakter anak sekolah dasar. Jurnal Pedagogia, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187-198. https://pdfs.semanticscholar.org/62d0/9b4799c0d1b606962e59f18bb4c48986e5bc.pdf.

matematika: Matematika sebagai alat, pikir dan bahasa ilmu. Aljabar:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731.

Mujiyatmi, M. (2023). Peran dan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dalam perspektif islam. Jurnal pendidikan islam, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.52166/talim.v6i1.3751.

Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Mutia, M. (2021). Characteristics of children age of basic education. Jurnal Fitrah, 3(1), 114-131. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330.

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat pendidikan matematika:Matematika sebagai alat, pikir dan bahasa ilmu. Aljabar:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731.

Nisfa, N. L., Rismayanti, D., & Ilmi, N. F. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar anak. Jurnal pendidikan islam anak usia dini, 2(1), 41-48. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.770.

pada anak. Jurnal At-Taujih, 2(2), 56-71.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahma, A. N. (2013). Analisis tindak tutur ilokusi dalam dialog film animasi meraih mimpi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27276.

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application,4(1), 1-8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420.

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198.

Sari, D. (2017). Peran orang tua dalam memotivasi siswa. Prosiding seminar nasional 20 program pascasarjana universitas PGRI palembang. 20(20), 41-43. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1339.

Shobirin, M. (2016). Konsep implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Sleman: Deepublish (Group penerbitan CV Budi Utama).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://core.ac.uk/download/pdf/235683959.pdf.

Suherman, H., & Adiputra, D. K. (2025). Manajemen pembelajaran pada sekolah dasar dan pendidikan nonformal. Kuningan: Goresan Pena.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahib, A. (2015). Konsep orang tua dalam membangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma, 2(1), 1-10. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/898.

Wajdi, F., Arif, A., & Putra, Z. (2022). Buku ajar: Kapita selekta pendidikan panduan di perguruan tinggi. Malang: Ahlimedia Press.

Widiani, Y., & Ferolina, N. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation, 2(1), 39-45. https://core.ac.uk/download/pdf/229577941.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.