Peran Aplikasi Desmos Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi Bagi Siswa Menengah Pertama
Abstract
abstrak---Aplikasi Desmos Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, banyak aplikasi pembelajaran berbasis digital mulai digunakan dalam proses belajar, contohnya adalah Desmos. Desmos merupakan aplikasi grafik interaktif yang memungkinkan siswa memvisualisasikan hubungan matematis dalam bentuk grafik secara real-time. Aplikasi ini menyediakan fitur yang memudahkan siswa dalam mengeksplorasi konsep relasi dan fungsi melalui pendekatan visual, manipulatif, dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aplikasi Desmos dapat memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep relasi dan fungsi.
Kata kunci à Sekolah Menengah Pertama, Aplikasi Desmos, Relasi dan Fungsi
abstrak--- Desmos App along with the development of information and communication technology, various digital-based learning applications are starting to be used in the teaching and learning process, one of which is Desmos. Desmos is an interactive graphics application that allows students to visualize mathematical relationships in graphical form in real-time. This application provides features that make it easier for students to explore the concepts of relationships and functions through visual, manipulative and contextual approaches. This study uses descriptive qualitative research which aims to describe how the Desmos application can facilitate students’ understanding of the concepts of relations and functions.
Keywords → Junior High School, Desmos Application, Relations and Functions
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdur Rohim Jurnal: Analisis Kesalahan Buku Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Serta Alternatif Penyelesaiannya Kajian Ilmu Pendidikan 6 (2), 259-268, 2020 https://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/153.
Abdur Rohman, M. A. (2019) Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi dan Implementasi 11(2) .267 https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290.
Attin Warmi Jurnal : Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi The Original Research of Mathematics 7 (1), 1-12, 2022. https://www.semanticscholar.org/paper/KEMAMPUAN-BERPIKIR-KRITIS-MATEMATIS-SISWA-SMP-PADA-Putri-Warmi/8502ca24f0197b05856b4e0f7b1580f3d42d9c2a?p2df.
Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.
Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa
Israq Maharani, Dini Aulia, Eka Putri.Y, Rahmi, Siti Halimah Tumanggor Jurnal : Penggunaan Aplikasi Desmos dalam Menyelesaikan Persamaan Grafik Trigonometri Jurnal Kongruen 3 (4), 337-346, 2024 https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/527
Panca Wahyu Mumpuni Jurnal : Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbantuan Web Desmos Untuk Materi Grafik Fungsi Kuadrat Pada SMA Kelas X https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86948
Puspita, D. G. & Andriani, D. E. (2021) Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP dan Permasalahannya Jurnal: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan(24) https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734
Rame Nova Yanti, Ai Sri Melati, Luvy Sylviana Zanty Jurnal : Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi Jurnal cendekia 3 (1), 209-219, 2019 https://www.neliti.com/publications/454424/analisis-kemampuan-pemahaman-dan-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-smp-pada-m
Siti Asmah Mohamed Jurnal : Belajar Guna Aplikasi Kalkulator Grafik Desmos untuk Penguna Barue-Buletin JSKM 8, 2022 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=peranan+aplikasi+desmos&oq=#d=gs_qabs&t=1750334201532&u=%23p%3DlzPaImcJzlYJ
Siti Rahma Dhani, Marah Doly Nasution, Irvan Irvan Jurnal : Penggunaan Desmos dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linier Sebagai Sarana Meningkatkan kemampuan Siswa Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 13 (2), 237-247, 2022. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/11227
Spruit, MR, & Adriana, T. (2015). Mengukur Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Internasional Penelitian Masyarakat Pengetahuan, 6(1), 55–86. https://doi.org/10.4018/ijksr.2015010104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.