Manfaat Video YouTube dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan

Ulfa Nurjamili, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pemahaman siswa terhadap materi pecahan seringkali terhambat karena sifatnya yang abstrak serta kurangnya ketertarikan pada metode pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media video pembelajaran seperti YouTube menjadi salah satu alternatif inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi sejauh mana video YouTube dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pecahan. Peneini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yaitu menelaah berbagai sumber seperti jurnal, buku dan konten video yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa video YouTube memiliki sejumlah manfaat, diantaranya: (1) membantu siswa memahami konsep pecahan melalui tampilan visual yang jelas, (2) meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses belajar, (3) mendukung siswa belajar secara mandiri dengan akses yang fleksibel, (4) berkontribusi terhadap peningkatan capaian belajar siswa, 5) mengembangkan keterampilan literasi digital. Berdasarkan pertemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa YouTube merupakan media pembelajaran yang efektif dan layak diterapkan dalam pengajaran matematika khususnya pada materi pecahan.

Kata kunci—YouTube, Matematika, Pecahan

 

Abstract— Students' understanding of fractions is often hampered by its abstract nature and lack of interest in conventional learning methods. To overcome this, the use of learning video media such as YouTube is an innovative alternative. The purpose of this study was to explore the extent to which YouTube videos can be used in mathematics learning, especially in fractions. The method used was the Systematic Literature Review (SLR), which examines various sources such as journals, books and relevant video content. The results of the study showed that YouTube videos have a number of benefits, including: (1) helping students understand the concept of fractions through clear visual displays, (2) increasing motivation and involvement in the learning process, (3) supporting students to learn independently with flexible access, (4) contributing to improving student learning outcomes, (5) develop digital literacy skills. Based on the meeting, it can be concluded that YouTube is an effective learning media and is worthy of being applied in mathematics teaching, especially in fractions.

Keywords— YouTube, Mathematics, Fractions


Keywords


YouTube, Mathematics, Fractions

Full Text:

PDF

References


Amien, M. (2019). Best Score TPA Kedinasan. Surakarta: Genta Smart Publisher.

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif di smk nurul yaqin sampang. EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19

Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). Youtube seni komunikasi dakwah dan media pembelajaran. Jurnal Dakwah, 23(1), 23-38. https://core.ac.uk/download/pdf/236210758.pdf

Gunarto, D. (2014). Panduan resmi tes TPA OTO BAPPENAS. Jakarta Selatan: Bintang Wahyu

Hakim, A. R., & Mulyatna, F. (2023). Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/6555/1944

Herawati, R., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas II Sdn Sleman 5 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Youtube. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 177-189. https://eprints.uad.ac.id/21221/1/17.%20RATNA%20HERAWATI%20-%20PGSD%20(177-189).pdf

Herwibowo, Y. (2008). YouTube. A success story. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka

Hidayat, R., Rambe, M. R., & Nawawi, R. (2024). Peran Pecahan dan Desimal dalam Kehidupan Sehari-Hari. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(6), 105-113. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i6.335

Hidayati, N. (2020). Kumpulan Materi Ajar Kreatif. Malang: CV Multimedia Edukasi

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024,June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. InSeminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1,pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf

Hulukati, E., & Pomalato, S. W. D. (2023). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Matematika. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hurilaini, M. (2022). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Youtube tentang Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kartika, D. (2024). Pintar Matematika SD/MI Kelas 4, 5, 6. Jakarta: Bmedia.

Khoirunniyah, N. (2023). Diksi dan Gaya Bahasa pada Iklan di Akun Instagram Shopee. sarasvati, 5(2), 108-115. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.2551

Nanuru, R. F. (2017). YOUTUBE: Seni berwawasan teknologi modern. https://doi.org/10.31219/osf.io/3vshc_v1

Novelti, N. (2024). Menulis teks eksposisi menggunakan media gambar dan youtube. Sleman: CV Budi Utama.

Puspita, w. R., & Hasanudin, C. (2024,June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Qolbi, M. F., & Maulina, M. (2023). Analisis Klausa Pada Surat Kabar Kompas Dalam Rubri Pendidikan. Bestari: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(1). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/bestari/article/download/29350/11769

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Ramadhani, A., & Febriyana, M. (2025). Teknik Simak Catat bagi Pemelajar BIPA dalam Kemampuan Menulis Kosakata: Studi Riset oleh Pemelajar Islamwittaya School. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.2927

Reynata, A. V. E. (2022). Penerapan youtube sebagai media baru dalam komunikasi massa. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02), 96-101. https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i02.514

Saifulloh, M., & Hariyanto, D. (2024). Youtube Media Komunikasi dan Bisnis Milenial. Intelektualitas Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(2), 46-53. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i2.2706

Sari, C. T. T., Bistari, B., & Halidjah, S. (2023). Kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Platform Youtube pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(1), 3671-3679. https://doi.org/https:/doi.org/10.31004/joe.v6i1.3465

Sebayang, S. K. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada sosiall media instagram dalam postingan, komentar, dan cerita singkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i1.124

Shofiyanti, S. (2012). Belajar Desimal dan Perbandingan. Jakarta Timur : PT Balai Pustaka (Persero).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58-67. https://core.ac.uk/download/pdf/235683959.pdf

Supriyanto, A. & Miftahudin (2017).Explore Matematika Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Penerbit Duta.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 180-191 https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.890

Tinambunan, T. M.(2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i1.6756

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1,pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf

Widiani, Y. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39-45. https://core.ac.uk/download/pdf/229577941.pdf

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87-94. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725

Yulistian, Y., Bahrudin, F. A., & Lestari, R. Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Academy of Education Journal, 14(2), 289-304. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1654


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.