Peran Permainan Gobak Sodor dalam Meningkatkan Solidaritas Anak Sekolah Dasar

Retno Pangestu Novitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Permainan gobak sodor itu berperan penting dalam meningkatkan solidaritas anak sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran permainan gobak sodor dalam meningkatkan solidaritas anak sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran permainan gobak sodor dalam meningkatkan solidaritas anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara 1) Membentuk kemampuan kerjasama dan komunikasi anak, 2) Menumbuhkan empati dan kepedulian sosial melalui permainan, 3) Mendorong sportivitas dan solidaritas dalam kehidupan sehari-hari. Simpulan di dalam penelitian ini adalah terdapat tiga peran permainan gobak sodor dalam meningkatkan solidaritas anak sekolah dasar.

Kata kunci—anak sekolah dasar, gobak sodor, solidaritas

 

Abstract—The game of gobak sodor plays an important role in increasing the solidarity of elementary school children. The purpose of this research is to find out the role of gobak sodor game in increasing the solidarity of elementary school children. This research method uses the SLR approach. The data in this study used secondary data taken from books and national journals. The data collection technique uses the method of listening and recording. The data validation technique uses data triangulation technique. The results showed that the role of gobak sodor game in increasing the solidarity of elementary school children can be done by 1) Forming children's cooperation and communication skills, 2) Fostering empathy and social care through games, 3) Encouraging sportsmanship and solidarity in everyday life. The conclusion in this study is that there are three roles of gobak sodor game in increasing the solidarity of elementary school children.

Keywords—elementary school children, gobak sodor, solidarity


Keywords


elementary school children, gobak sodor, solidarity

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, M. Z., Rahmawati, L., & Khakim, E. F., dkk. (2023). PERKEMBANGAN ANAK DI USIA SEKOLAH PASCA PANDEMI. Semarang, Indonesia: Cahya Ghani Recovery.

Annastasia, F. Q. (2023). Gobak Sodor. Jakarta, Indonesia: Kanak.

Eskak, E., & Salma, I. R. (2018). Menggali Nilai-nilai Solidaritas dalam Motif-motif Batik Indonesia. 13(2), 107-124. https://jantra.kemdikbud.go.id/index.php/jantra/article/view/68.

Febriansyah, H., Muhtaram, D., & Agustan, B. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor terhadap Peningkatan Motorik Kasar pada Siswa Kelas IV SDN Cipedes. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 344-354. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3315.

Febyarum, L., & Ichsan, I. (2023). Permainan Gobak Sodor untuk Menerbitkan Sikap Kerjasama pada Anak Usia Dini. JEA ( Jurnal Pendidikan AUD), 9(2), 71-78. https://doi.org/10.18592/jea.v9i2.7768.

Fusnika., & Dua, F. L. (2019). Kontribusi Budaya Lokal Gawai dalam Menumbuhkan Nilai Solidaritas Generasi Z pada Suku Dayak Mualang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 149-158. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i2.544.

Giwangsa, S. F. (2024). PENDIDIKAN KEDAMAIAN BERBASIS SISTEM AMONG Mengembangkan Karakter Cinta Damai Siswa Sekolah Dasar. Jakarta, Indonesia: Damera Press.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ibda, H. (2022). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi. Semarang, Indonesia: CV. Pilar Nusantara.

Indriani, F. (2021). Perkembangan Peserta Didik Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman. Yogyakarta, Indonesia: UAD PRESS.

Iswinarti, I., Sandy, D. P. N., & Putri, R, S. (2025). Permainan Tradisional Boy-Boyan dan Gobak Sodor dengan Metode Berlian untuk meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja. Malang, Indonesia: UMMPRESS.

Juliana, I., Safitri, N. L., & Fadillah, W. (2023). Solidaritas Masyarakat Pesisir dalam Tradisi Petik Laut. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat dan Sosial, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.59024/jikas.v1i2.121.

Marsetyaningsih, H. (2018). Kegemaran Membaca Anak dan Prestasi Belajar. Sukoharjo, Indonesia: Sang Surya Media.

Meisi, A., Roso, S.,& Ichyatul, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Kerjasama Siswa Kelas V B Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor di SDN 4 Plangka Kota Palangka Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 247-252. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3042.

Muhammad, S., Nur, F., & Erik, A. I. (2021). Nilai Karakter Anak pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111-1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035.

Najamuddin, N., & Ashari, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Gobak Sodor dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia 5-6 tahun di Tk Husnul Khotimah Jiken. Jurnal Porkes, 4(2), 134-139. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4850.

Nurlela, N. (2023). Assitulungeng: Studi Tentang Nilai Solidaritas Masyarakat Nelayan Danau Tempe. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 792-798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24844.

Okviana, L., Nabilla, P., & Wahyuni, S. (2022). Aplikasi Discord dalam Mempertahankan Solidaritas Tim pada Komunitas Royal E-Sport Divisi Point Blank. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 49-59. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/303.

Pujiastuti, P. (2023). Belajar Matematika Daring Menyenangkan. NTB, Indonesia: Penerbit P4I.

Purnamasari, E. (2024). Lestarikan Kembali Permainan Tradisional. NTB, Indonesia: Penerbit P4I.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1). 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540-2546. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458.

Riska, N., Ruslianti, R., Latifah, M., & Istiany, A. (2023). Gizi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta, Indonesia: Bumi Medika.

Rumawatine, Z. (2024). Buku Ajar Konsep Dasar PJOK. Sumedang, Indonesia: MEGA PRESS NUSANTARA.

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, EA. (2022). Nilai Karakter Anak pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111-1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035.

Silalah, T. S., & Claretta, D. (2022). Solidaritas komunikasi barisan manual brew (studi deskriptif kualitatif pada komunitas barisan manual brew). JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2741-2748. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.726.

Sofyan, M. R., Abidin, Z., & Lubis, F.M. (2021). Makna Solidaritas dalam Film It Chapter Two. Jurnal Komunikasi, 15(2), 119-132. https://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v15i2.2881.g290.

Sudaryanto, S. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta, Indonesia: Sanata Dharma University Press.

Sunyoto, D., Rohmah, T. N., & Budiherwanto, I. (2024). Peran solidaritas karyawan pada keinginan keluar dan kelelahan bekerja. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 3(2), 1269-1282. https://melatijournal.com/index.php/jisma/article/view/524.

Syaputri, S., Irawan, Z., & Prayogi, D. A. (2023). Nilai pendidikan karakter pada permainan tradisional bantengan dan gobak sodor. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 180-186. https://doi.org.10.29303/jcar.v5i3.5545.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Utomo, P., Amaliyah, A., Zubaidah., dkk. (2021). Buku ajar pendidikan karakter anak SD/MI. Yogyakarta, Indonesia: Zahir Publishing.

Wahyuningsih, T. (2011). Sistem bagi hasil maro sebagai upaya mewujudkan solidaritas masyarakat. Jurnal Komunitas, 3(2), 197-204. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2316.

Yani, A. (2021). Aktivitas permainan dalam outdoor education. Malang, Indonesia: Ahli Media Book.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.