Manfaat Video Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar

Fatikah Nur Andini, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Materi pecahan merupakan salah satu topik yang sering kali sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar karena bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji manfaat video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan data sekunder yang diperoleh dari artikel jurnal, buku, dan dokumen ilmiah yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, sementara validasi data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif memiliki manfaat 1) Membantu visualisasi konsep pecahan menjadi lebih konkret, 2) Meningkatkan minat dan motivasi belajar, 3) Mendukung pembelajaran mandiri, 4) Mendorong keterlibatan aktif siswa 5) Meningkatkan hasil belajar. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan akses teknologi dan proses produksi yang membutuhkan keterampilan khusus. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa video pembelajaran interaktif merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa sekolah dasar.

Kata kunci video pembelajaran interaktif, pecahan, sekolah dasar

 

Abstract— Fractions are one of the topics that are often difficult for elementary school students to understand due to their abstract nature. The purpose of this study is to examine the benefits of interactive learning videos in improving students’ understanding of fractions. This research employs a Systematic Literature Review (SLR) method, using secondary data obtained from journal articles, books, and relevant scientific documents. Data collection was conducted through observation and note-taking methods, while data validation was carried out using theory triangulation. The results of the study show that interactive learning videos offer several benefits: (1) helping to visualize fraction concepts in a more concrete manner, (2) increasing students’ interest and motivation to learn, (3) supporting independent learning, (4) encouraging active student participation, and (5) improving learning outcomes. However, challenges include limited access to technology and the production process, which requires specific technical skills. The conclusion of this study is that interactive learning videos are an effective medium for enhancing elementary school students’ understanding of fraction concepts.

Keywords— Interactive learning videos, fractions, elementary school.


Keywords


Interactive learning videos, fractions, elementary school.

Full Text:

PDF

References


Agus, I., & Lusyana, E. (2023). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.291.

Aprilia, P. N., Khoirunisa, F. S., Husna, A. M., & Asri, M. M. (2023). Pembelajaran matematika sekolah dasar dengan model dan media inovatif. Cahya Ghani Recovery.

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Zenodo. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742749.

Auliana, H., & Ariyanto, M. P. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Toroh (Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/57732.

Auliyani, L. (2025). Analisis penggunaan video pembelajaran interaktif dalam Kurikulum Merdeka di RA Al-Ikhsan Prada (Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42299.

Damayanti, F., & Gunawan, H. (2023). Efektivitas media video interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(1), 33–42.

Dwijayanti, K. I., & Suhartiningsih, S. (2021). Pembuatan media video pembelajaran interaktif teknik pemijatan pada wajah di SMK. Syntax Idea, 3(1), 143–153. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i1.969.

Effendi, N. (2022). Matematika farmasi dasar. Sleman: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Huliatunanisa, Y. (2022). Dasar pengembangan kurikulum sekolah dasar. Sukabumi: CV Jejak.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Kurniawan, H., Wiliyanti, V., & Wildayanti, T. (2024). Buku referensi matematika dasar. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Marquarius, S. B. (2015). Raja bank soal matematika SMP. Jakarta: Bmedia Imprint Kawan Pustaka.

Miftah, M. (2022). Peran, fungsi, dan pemanfaatan media pembelajaran. CV. Feniks Muda Sejahtera.

Mu'in, M. (2024). Langkah tepat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Muthma’inah, M. I. (2022). Kesulitan belajar matematika materi pecahan. TA'DIBAN: Journal of Islamic Education, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i1.79

Ningsih, L., & Hartati, M. (2022). Pengaruh media visual terhadap pemahaman konsep pecahan siswa SD. EduMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 112–120.

Nugroho, H. (2008). Persiapan UASBN Matematika SD/MI. Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552– 1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, H. S., Luthfy, P. A., & Karmila, M. (2023). Pengembangan video pembelajaran interaktif dengan tema hewan berdasarkan jenis makanannya untuk anak usia dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 39–49. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8229.

Raharjo, D., & Suryani, T. (2023). Inovasi media interaktif untuk meningkatkan minat belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 75–83.

Rahayu, S., Awalia, Y., & Arsyad, M. (2021). Media interaktif IPA. Parepare: Guemedia Group.

Rahayu, T. G., Herman, T., & Prawiyogi, A. G. (2022). Teori dan teknologi materi pecahan pada buku teks matematika sekolah dasar. Mimbar Ilmu, 27332. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.45158.

Rahmawati, R. D. (2011). Blak-blakan bahasa mapel matematika SD. Jakarta: Cabe Rawit.

Ramadhan, F., & Astuti, S. (2022). Pengaruh penggunaan video interaktif terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Edukasi dan Teknologi, 8(2), 91–98.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/10.58230/27454312.71.

Setiawan, A. R., Mahfudhoh, A. A., Khusna, R., & Afiana, V. (2023). Model dan media pembelajaran interaktif serta pola asuh orang tua terhadap pembelajaran. Semarang: Penerbit Cahya Ghani Recovery.

Shobiri, M. (2016). Konsep dan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suherman, S., & Adiputra, K. D. (2025). Manajemen pembelajaran pada sekolah dasar dan pendidikan nonformal. Kuningan: Goresan Pena.

Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Susila, G. H. A. (2024). Metode permainan otak & otot anak sekolah dasar. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Widya, A. W., Oktaviana, V., & Utari, A. D. (2021). Penggunaan video pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran di masa pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 293–299. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.64.

Yuliana, R., & Prasetyo, H. (2021). Pembelajaran mandiri berbasis video interaktif pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(3), 50–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.