Peran QRIS dalam Transaksi Keuangan pada Era Digital

Fadila Nur Anisa, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—QRIS merupakan kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan ASPI untuk melakukan pembayaran secara nontunai dengan aplikasi dompet digital. QRIS memiliki manfaat efektif dan efisien dalam transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran QRIS dalam transaksi keuangan pada era digital. Metode pada penelitian ini menggunakan metode SLR. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat dan teknik validasi pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Penelitian ini memberikan hasil yaitu 1) mempermudah sistem pembayaran, 2) membantu inklusi pada sektor keuangan, 3) mendorong ekonomi yang digital, 4) meningkatkan keamanan dalam transaksi, dan 5) memberikan interoperabilitas pada sistem pembayaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat lima peran QRIS dalam transaksi keuangan pada era digital.

Kata kunci—QRIS-transaksi-era digital

 

Abstract— QRIS is a QR code developed by Bank Indonesia and ASPI to make non-cash payments with digital wallet applications. QRIS has effective and efficient benefits in transactions. This study aims to determine the role of QRIS in financial transactions in the digital era. The method in this research uses the SLR method. The data used in this study are secondary data taken from journals and books. The data collection technique in this research is listening and recording technique and the validation technique in this research is triangulation technique. This research provides results, namely 1) facilitating the payment system, 2) helping inclusion in the financial sector, 3) encouraging a digital economy, 4) increasing security in transactions, and 5) providing interoperability in the payment system. The conclusion of this research is that there are five roles of QRIS in financial transactions in the digital era.

Keywords—QRIS-transaction-digital era


Keywords


QRIS-transaction-digital era

Full Text:

PDF

References


Al-Faifi, S. S. A., (2020). Ringkasan fikih sunnah sayyid sabiq. Indonesia: Pustaka Al-Kautsar.

Alfani, R. S., & Ariani, K. R. (2024). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, risiko dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik (Qris). Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11256.

Alfiandi, N., Rahma, T. I. F., & Inayah, N. (2024). pengaruh pengetahuan dan kemanfaatan quick response code Indonesian standard (QRIS) terhadap penggunaan E-Wallet dikalangan mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. RUBINSTEIN, 2(2), 84-93. https://doi.org/10.31253/rubin.v2i2.2821.

Astika, I. M., Murtiningrum, D. A., & Tantri, A. A. S. (2021). Analisis tindak tutur ekspresif dalam acara mata najwa" perlawanan mahasiswa". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 55-66. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.29366.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 1(2), 308-318. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/download/512/459.

Azwardi, A. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Indonesia: Syiah Kuala University Press.

Bahri, S., (2020). Pengantar akuntansi berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Chyntia, E., & Maisyarah, S., Shalawati, S. (2025). Dampak sistem pembayaran QRIS terhadap Peningkatan pendapatan UMKM. Solusi, 23(2), 241-259. https://doi.org/10.26623/slsi.v23i2.11892.

Darwanto, D., Khasanah, M. A., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Eksponen, 11(2), 25-35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381.

Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan metode pembayaran QRIS pada setiap UMKM di era digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1198-1206. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1045.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Juliana, S. A., Liza, T., Fatimahtuzzahra, F., & Imel, M. A. H. (2023). Tantangan sosial di era digital pada interaksi manusia. Significant: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02), 245-261. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/912.

Kamilah, L. K., Haryati, D., Arlita, W., Noviansyah, R. R., & Kustina, L. (2024). Pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat, dan risiko terhadap penggunaan QRIS untuk transaksi pembayaran pada UMKM. Global: Jurnal Lentera Bitep, 2(01), 16-21. https://doi.org/10.59422/global.v2i01.241.

Khairani, N., Saragih, A. Y., Panggabean, W. N., & Manihuruk, O. J. G. (2025). Pengaruh QRIS terhadap efisiensi operasional UMKM pada era transformasi digital: Study Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 5286-5296. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i3.19410.

Kristanty, D. N. (2024). Tren dan tantangan keamanan bertransaksi dengan QRIS dalam era transformasi sistem pembayaran digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 3923-3933.

https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1538.

Kurniawti, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan edukasi pembayaran non tunai melalui aplikasi QR code Indonesian standard (QRIS) pada kelompok milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01), 23-30. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie/article/view/14674.

Mahsun, M., (2024). Fikih transaksi digital (kajian teori dan praktik). Semarang: CV Lawwana.

Mahtumah, M., (2021). Administrasi transaksi SMK/MAK kelas XII. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulya, K. S., Anggraeni, A. F., Z, A. H., Pancawati, N. L. P. A., Edy, S. A., Muslih, R. A., Ilyas, H., Zuliyana, M., Risakotta, K. A., Devi, S., Alfia, Y. D., Amalia, M. M., Mariadi, Y., Utami, F. L., (2024). Buku ajar dasar ilmu akuntansi. Indonesia: PT. Sonpedia Publising Indonesia.

Prabowo, F. H. E., Sujai, I., Fadillah, D. R., (2024). Peningkatan keterampilan digital bagi kelompok informasi masyarakat (KIM) & masyarakat desa dalam upaya pencegahan penyebaran berita hoax. Jawa Barat: LANGGAM PUSTAKA.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspitaningrum, F., Kusumastuti, S. C., & Rimbawati, A. (2023, October). Penggunaan QRIS dalam transaksi jual beli di tengah masyarakat UMKM Ketintang Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 603-614). https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/download/839/317.

Putra, N. P., (2024). Memahami inti masalah ekonomi-penyebab masalah yang terjadi saat ini: rahasia di balik krisis ekonomi yang jarang terungkap. Indonesia: Putra Perdana.

Putri, N. I., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Minat penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran pasca pandemi. Prosiding Sisfotek, 6(1), 155-160. https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/354.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Rofiuddin, M., (2024). Pengantar bisnis: membangun jiwa entrepreneurship yang tahan banting. Pasuruan: CV. Basya Media Utama.

Rumapea, M. E. M. (2019). Tantangan pembelajaran musik pada era digital. Gondang, 3(2), 101-110. https://core.ac.uk/download/pdf/539872036.pdf.

Rusyan, T., (2021). Membangun kepala desa teladan.Indonesia: Penerbit Bumi Aksara.

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1-8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code Indonesia standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 237-247. https://www.academia.edu/download/75985891/1060.pdf.

Saridawati, S., Sabrina, N. N., Malau, N. H., & Yusfikha F., (2024). Penerapan QRIS sebagai alat pembayaran digital terhadap sektor UMKM. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(11), 118-123. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpim/article/view/5738.

Sekarsari, K. A. D., Sulistyaningrum, C. D., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi penerapan quick response code Indonesia standard (QRIS) pada merchant di wilayah surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 5(2), 42-57. https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51487.

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di mata UMKM: eksplorasi persepsi dan intensi UMKM menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921-946. https://www.academia.edu/download/81913129/36925.pdf.

Siregar, A. J., Aryani, A. D., Utami, D. A., & Nurbaiti, N. (2025). Penerapan penggunaan pembayaran digital QRIS pada UMKM. Journal Sains Student Research, 3(1), 344-353. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3483.

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan era baru pembayaran 4.0. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wibowo, A. M., Churniawan, E., Fuqoha, F., Bhakti, I. S. G., Bagus, M., Bariah, C., Hidayat, D. N., Utami, S., Rustan, R., Puspandari, R. Y., Gustaliza, R. B., Rusyidi, M. T., Widodo, M. F. S., Kosasih, A., Fathoni, M. N., Murdiana, E. (2025). Pengantar hukum Indonesia: teori, praktik, dan transformasi. Indonesia: Sada Kurnia Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.