Peran Video Animasi Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa SMP

Navre Avrela Surya Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengkaji efektivitas penggunaan video animasi dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sumber data berasal dari jurnal nasional, buku, dan dokumen ilmiah lainnya yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa media video animasi memberikan kontribusi positif dalam tiga aspek utama: 1) meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penyampaian materi yang lebih visual dan konkret, 2) menumbuhkan minat belajar siswa karena animasi mendukung gaya belajar visual dan auditori, serta 3) meningkatkan hasil belajar dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan mudah diakses ulang. Beberapa platform seperti PowToon, Doratoon, dan YouTube edukatif menjadi alternatif media yang efektif dan praktis digunakan oleh guru untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Temuan ini memperkuat bahwa video animasi merupakan salah satu solusi strategis dalam menghadapi tantangan pembelajaran matematika di era digital serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

Kata kunci—video animasi, pembelajaran, matematika, pemahaman konsep, minat belajar

 

Abstract—This study employs the Systematic Literature Review (SLR) method to examine the effectiveness of animated video media in teaching mathematics at the junior high school level. The data were obtained from national journals, academic books, and other relevant scientific sources. The findings indicate that animated videos contribute positively in three key areas: 1) enhancing students’ conceptual understanding of mathematics through more visual and concrete presentation of material, 2) increasing learning interest by aligning with students’ common visual and auditory learning styles, and 3) improving learning outcomes by creating a more enjoyable, interactive, and easily revisited learning experience. Platforms such as PowToon, Doratoon, and educational YouTube channels offer practical and effective tools for teachers to develop engaging instructional media. These findings suggest that animated videos serve as a strategic solution to address challenges in mathematics education in the digital era and help achieve educational goals more effectively.

Keywords—animated video, learning, mathematics, conceptual understanding, learning interest.


Keywords


animated video, learning, mathematics, conceptual understanding, learning interest.

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Z., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran era digital. (2023). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40-50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Astuti, S., & Pindi, P. (2019). Analisis gaya bahasa dan pesan-pesan pada lirik lagu iwan fals dalam album 1910. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 4(2), 146-150. https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i2.992

Azizah, T. N. A., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Penerapan media pembelajaran Wordwall dalam menunjang pemahaman konsep siswa: Indonesia. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3168-3175. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1655.

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993.

Dimyati, D., Fatah, A., & Sudiana, R. (2023). Pengembangan Media pembelajaran matematika berbasis video animasi berbantuan platform doratoon. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3), 193-203. https://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v4i3.2065.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Hakim, N. (2022). Peran disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087.

Hendra, H., Afriyadi, H., Tanwir, T., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media pembelajaran berbasis digital (teori & praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Jamaluddin, J. (2020). Minat belajar. Al-Qalam: k(2), 27-39. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.232.

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audiovisual berupa video animasi berbasis Powtoon dalam pembelajaran IPA. Katera: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 5-12. https://journal.lintasgenerasi.com/index.php/katera/article/view/26.

Leonard, L., Suhendri, H., Hasbullah, H., Mevianti, A., & Puteri, N. C. (2022). Identifikasi materi yang dianggap sulit untuk pelajaran matematika pada jenjang smp kelas 8. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 560-567. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.167.

Melisa, AD, & Fadlan, MN (2023). Pengembangan video animasi berbantuan doratoon pada tema makanan sehat di kelas V sekolah dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (2), 901-908. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.371.

Muliana, M., Pangaribuan, S. S. A., Nufus, H., & Hidayat, A. T. (2023). Penerapan model Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP IT Al-Ajwa Al-Islamy. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 130–140. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12385.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/228882831.pdf.

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika mengenai pengenalan konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan menggunakan media dakon bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180-189. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah , 3(1), 171-210. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229.

Nursanti, F., Haryaka, U., & Untu, Z. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media video animasi. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 85–95. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2721.

Pangaribuan, SSA, Muliana, M., Isfayani, E., Nufus, H., & Hidayat, AT (2023). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model talking stick berbantuan video animasi. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3 (2), 110–120. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12384.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.

Rusmiati, R., (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang study ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. UTILITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21-36. https://doi.org/10.30599/utility.v1i1.60.

Saleh, M. S., Syahruddin, S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media pembelajaran. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Setiawan, Z., Pustikayasa, M., Jayanegara, N., …. Gunawan, G. D. (2023). Pendidikan multimedia : Konsep dan aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. N.p., PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Setyawati, E., Hidayati, IS, & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Persimpangan: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika , 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553.

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru menginovasi bahan ajar sebagai langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 8(1). http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868.onb

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. BINTANG, 2(2), 180-191. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.890.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyuni, D., Jannah, M., & Sutrisno, E. (2023). Pengembangan video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Matematika, 5(1), 25–34. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6955.

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK. https://mgmpmatsatapmalang.wordpress.com/wp-content/uploads/2011/11/karakteristik-mat-smp.pdf.

Widyahabsari, D., Aka, K. A., & Zaman, W. I. (2023, August). Media video animasi materi bangun ruang. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 587-594). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.

Yani, A. A., Sofnidar, S., & Theis, R. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan gaya belajar V-A-K (Visual, Auditori, Kinestetik). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 324-334. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1541.

Yanto, A. (2015). Metode bermain peran (Role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/228882828.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.