Peran Permainan Lompat Tali Tradisional terhadap Upaya Pelestarian Budaya pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak— Pelestarian budaya pada siswa sekolah dasar adalah upaya menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran permainan lompat tali tradisional terhadap upaya pelestarian budaya pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari frasa, klausa, atau kata-kata yang diambil dari jurnal nasional dan buku elektronik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat. Sedangkan untuk validasi data, penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Temuan dari penelitian ini meliputi: 1) Penggunaan media untuk memperkenalkan budaya lokal, dan 2) Meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya sendiri, 3) Melestarikan budaya lokal secara aktif dan menyenangkan, 4) Mendorong pelestarian budaya secara aktif di lingkungan sekolah, dan 5) Meningkatkan interaksi sosial dan toleransi budaya. Simpulan di dalam penelitian ini, terdapat 5 peran yang dapat dilakukan untuk mengetahui peran permainan lompat tradisional terhadap upaya pelestarian budaya.
Kata kunci—Pelestarian Budaya, Lompat Tali, Siswa Sekolah Dasar
Abstract— Cultural preservation in elementary school students is an effort to foster students' love for local culture. The purpose of this study is to determine the role of traditional jump rope games on cultural preservation efforts in elementary school students. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method. The data in this study is secondary data in the form of phrases, clauses, or words taken from national journals and eBooks. Data collection is conducted through observation and note-taking. Meanwhile, the validation technique used is theory triangulation. The findings of this study are: 1) The use of media to introduce local culture, and 2) Instilling a sense of love and pride in one's own culture, 3) Preserving local culture in an actively and fun way, 4) Encourage active cultural preservation in the school environment, and 5) Increasing social interaction and cultural tolerance. In conclusion, there are 5 roles that can be done to determine the role of traditional jumping games on cultural preservation efforts.
Keywords— Cultural Preservation, Jumping Rope, Elementary School Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., Nurito, N., Wijayanti, I., Rizqiah, N., & Nurpratiwiningsih, L. (2025). Peran pendidikan dalam pelestarian budaya Bali pada penerus muda dan masyarakat lokal. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(1), 86–99. https://doi.org/10.55606/concept.v4i1.1796.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Al Mubarok, A. A. S. A., Bastian, A. F., & Alfianto, D. (2024). Pendampingan anak dalam mengenal dan melestarikan budaya lokal melalui komunitas seni karawitan Kabupaten Mojokerto. GUYUB: Journal of Community Engagement, 5(1), 1-21. https://www.academia.edu/download/121117000/pdf.pdf.
Anggraeni, R. & Rahman, B. (2023). Menerapkan rasa cinta tanah air pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 96–101. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7346.
Ashari, L. A. U., Hayati, T., & Hidayat, H. (2025). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lompat tali. AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(5), 390-401. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.317.
Asih, S. W., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 150-160. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10604.
Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan olahraga rekreasi melalui permainan tradisional sebagai upaya pelestarian budaya tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 126-133. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5419.
Astuti, W., & Thohir, M. A. (2025). Mengintegrasikan permainan tradisional dalam kurikulum sekolah dasar: Pendekatan filosofis untuk pendidikan karakter. The Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 218-225. https://journal3.um.ac.id/index.php/ppg/article/download/5926/3916.
Atmaja, I. M. D. (2020). Membangun toleransi melalui pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 113-121.
Bangsawan, I. P. R. (2019). Direktori permainan tradisional Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Indonesia: Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Banyuasin.
Hernawati, N., Hadiana, O., Abdul Manan, N., Astria Nur, H., & Heriyana, T. (2025). Pelestarian budaya nusantara Indonesia melalui tari kreasi di sanggar bimbingan rawang, Selangor Malaysia. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 245–257. https://doi.org/10.53363/bw.v5i1.291.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Indriani, L., & Malasari, S. (2020). Pelatihan bahasa Inggris dengan metode traditional gamification untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan melestarikan kebudayaan daerah. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 3(2), 89-96. https://journal-fis.um.ac.id/index.php/jpds/article/download/148/93.
Isyanti, D. (2023). Permainan populer tradisional Betawi. Indonesia: CAHAYA HARAPAN.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal Purabaya Surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah Fonema: Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-17. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Laudra, D. C., Pauziah, F., Siburian, N. U., Sibarani, G., Manalu, S. B., & Ivanna, J. (2021). Mengenal dan melestarikan budaya Melayu Deli di Kota Medan Sumatera Utara. Jotika Journal in Education, 1(1), 6-9. https://doi.org/10.56445/jje.v1i1.13.
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi moderasi beragama di lingkungan sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 137-148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03.
Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., Juniwati, P. D. (2020). Memahami karakteristik anak. Indonesia: Bayfa Cendekia Indonesia.
Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 25-39. http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/index.
Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57-68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06.
Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57-68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06.
Muftizar, A., Saputro, A., Munandar, A., Hendrasmo, I. (2024). Pengelolaan kinerja pelestarian cagar budaya di sektor kebudayaan dan pariwisata. Indonesia: Penerbit Adab.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 9(2), 25-33. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/download/3250/2264.
Muslim, A. (2013). Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 483-494. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642.
Mustadi, A., dkk. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. Indonesia: UNY Press.
Rahmiati, D., Suharini, E., & Widiyatmoko, A. (2025). Pengaruh pembelajaran kearifan lokal di Jawa Barat dalam melestarikan budaya tradisional bagi siswa SD. FONDATIA, 9(2), 318-339. https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i2.5720.
Revianur, A. (2020). Digitalisasi cagar budaya di Indonesia: Sudut pandang baru pelestarian cagar budaya masa Hindu-Buddha di Kabupaten Semarang. Bakti Budaya, 3(1), 90-101. https://doi.org/10.22146/bb.55505.
Rosdaliani, A., Jumarni, J., Nurannisa, A., Asfar, I. A., Asfar, I. T., Gunawan, G., Cristina, A. S. (2024). Permainan mabombo-bombo berbasis ethnogames 3d. Indonesia: Penerbit KBM Indonesia.
Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan berbasis kearifan lokal Nias Selatan: membangun identitas budaya pada generasi muda. Jurnal Education and Development, 12(3), 663-668. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6585.
Sengkey, A. R. J. (2023). Perkembangan motorik. Indonesia: Penerbit Adab.
Shofiyani, M., Linda, C. M., Fitrianingsih, N. D., Nugraha, S. P., Widodo, S., Aminah, S., & Maskhuliah, P. (2025). Menggali himpunan kearifan lokal: perspektif teori himpunan dalam budaya Papua. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(1), 40-51. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1198.
Siregar, A. A., Darmayasa, D., Rianty, E., Hamdani, M., Minarsi, A., Amirullah, A., Juansa, A., & Ery, A. P. (2025). Pariwisata Kreatif: mengembangkan pariwisata berbasis budaya dan ekonomi kreatif. Indonesia: PT. Star Digital Publishing.
Sumarsono, R. N. (2022). Permainan tradisional nusantara. Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.
Susanti, S., Muslihin, H. Y., & Surmadi, S. (2022). Manfaat permainan tradisional lompat tali bagi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 77-84. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i1.11365.
Tsabit, M. Z., Subekti, R., & Candrakirana, R. (2025). Implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan perkampungan budaya betawi setu babakan dalam perspektif hukum tata ruang. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 3(2), 115–127. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v3i2.1843.
Ulrahma, D. M., & Erawati, Y. (2024). Pelestarian budaya melayu lokal melalui ekstrakulikuler seni tari rentak bulian di SMA negeri 1 Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.62383/filosofi.v2i1.472.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, F. B., Kasih, D., Utama, W. W. I. (2022). Bermain dan permainan anak usia dini. Indonesia: Penerbit NEM.
Warsiyanti, Y. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat tali pada siswa kelas IV sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 179-187. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i3.46478.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.