Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar

Azizah Zahra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penerapan pembelajaran matematika yang kontekstual di Sekolah Dasar sangat krusial untuk membantu siswa dalam memahami materi serta menumbuhkan minat belajar mereka. Salah satu pendekatan yang relevan adalah etnomatematika, yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran bangun datar pada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji berbagai artikel ilmiah nasional terkait topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnomatematika memiliki lima peran utama dalam pembelajaran bangun datar, yaitu: (1) menghubungkan konsep abstrak dengan konteks nyata, (2) meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, (3) melestarikan serta menumbuhkan apresiasi terhadap warisan budaya, (4) mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, dan (5) menciptakan pembelajaran yang inklusif dan kontekstual. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa etnomatematika dapat menjadikan pembelajaran bangun datar lebih bermakna, relevan, dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, sekaligus memperkuat nilai-nilai budaya lokal.

Kata kunci— bangun datar, etnomatematika, sekolah dasar

 

Abstract— The implementation of contextual mathematics learning in elementary schools is crucial for helping students understand the material and fostering their interest in learning. One relevant approach is ethnomathematics, which connects mathematical concepts with local culture. This study aims to examine the role of the ethnomathematics approach in teaching plane figures to elementary school students. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) by analyzing various national scientific articles related to the topic. The results show that the ethnomathematics approach has five main roles in the learning of plane figures, namely: (1) connecting abstract concepts with real-life contexts, (2) increasing students' motivation and interest in learning, (3) preserving and fostering appreciation for cultural heritage, (4) developing critical and creative thinking skills, and (5) creating inclusive and contextual learning. The conclusion of this study is that ethnomathematics can make the learning of plane figures more meaningful, relevant, and aligned with students' daily lives, while also reinforcing local cultural values.

Keywords— plane shapes, ethnomathematics, elementary school

 


Keywords


plane shapes, ethnomathematics, elementary school

Full Text:

PDF

References


Ahdhianto, E. (2016). Pengembangan modul pembelajaran geometri bangun datar berbasis teori Van Hiele untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.219

Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran media pembelajaran etnomatematika dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875-883. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2953

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177-186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Emasains, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742749

Faradhila, D., & Basri, M. S., & Widiati, S. W. (2023). Metode penerjemahan harfiah pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang. Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGenus), 1(2),55-62.

Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Hidayah., Suwarningsih, T., Judijanto, L., Janah, R., Pujowati, M., Apriyanto., Widuri, R., Nurnayani., (2025). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Ilmi, M., & Baehaqie, I. (2021). Tindak tutur ilokusi pada program acara talk show mata najwa episode gus mus dan negeri teka-teki. Jurnal sastra indonesia, 10(1), 31-36. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.40396.

Juliansyah, N., Herlinda, H., & Theodora, B. D. (2021). Perancangan aplikasi edukasi menghitung luas dan keliling bangun datar berbasis android. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4927

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., & Nurapriani, F. (2024). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran bangun datar segi empat berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman matematika. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 161-171.https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.369

Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 177-190. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628

Payung, W., Jainuddin, J., & Rahim, A. (2025). Eksplorasi etnomatematika terhadap makanan khas Mamasa. MathSciEd of Journal, 1(1), 30-37. https://journal.unibos.ac.id/msj/article/view/5525/2805

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: Media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/951.

Putra, K. T. H., & Jonata., & Prananda, G., & Mulyadi, Simorangkir, S. B.T. (2021). Teori landasan pendidikan sekolah dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Putri, J. K., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Pembelajaran berbasis etnomatematika pada hasil belajar siswa: Tinjauan literatur sistematis. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91734.

Rudyanto, H. E., HS, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32.https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348

Septiani, P. Y. F. (2024). Pembelajaran dengan etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika abstrak. Inovasi Pendidikan, 11(1).https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649

Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian etnomatematika berbasis budaya lokal tradisional ditinjau dari perspektif pendidikan multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 148-157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157

Sinthiya, I. A., & Sobri, M. R. (2021). Rancangan aplikasi sistem cerdas pembelajaran ilmu bangun datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 19-25. https://doi.org/10.56327/jurnaltam.v4i0.33

Suganda, A. V., & Toybah, T., & Hawa, S. (2020). Buku ajar berbasis hots pada mata kuliah pembelajaran matematika di kelas rendah sekolah dasar. Palembang:Bening media publishing 2020.

Suhartik, E., Fadiana, M. J., & Apriono, D. (2025). Inovasi pembelajaran bangun ruang menggunakan pendekatan etnomatematika pada tradisi Rebo Wekasan. Journal of Nusantara Education, 4(2), 94-106. https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.152

Suherman, & Adiputra, D. K. (2025). Manajemen pembelajaran pada sekolah dasar dan pendidikan nonformal. Kuningan: Goresan Pena.

Tarigan, A. V., Aulia, S. R., Saragih, A. O., Mailani, E., & Kharismayanda, M. (2024). Peran etnomatematika dalam melestarikan budaya Batak Karo, Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(12).https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpi/article/view/6430/7126

Tarigan, Y. G. Y., & Syifa, M. S. M. (2025). Media pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 32-45.https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i1.892

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf

Zulaikha., & Erlina., & Nasir, M. (2024). Matematika (Untuk Kelas VII SMP/MTs Semester Genap). Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.