Peran Puisi Tradisional sebagai Konten Materi Bahasa Indonesia pada Siswa SMA
Abstract
abstrak—Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan resmi negara memiliki fungsi vital dalam menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang budaya. Sementara itu, puisi berperan sebagai media ekspresi yang mampu membangkitkan minat, keterampilan berbahasa, dan karakter positif pada siswa. Metode penelitian yang pakai adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan data sekunder yang dikumpulkan melalui teknik simak dan catat dari berbagai jurnal, artikel, dan buku nasional. Validasi data dilakukan menggunakan teknik triangulasi teori, yakni dengan membandingkan konsep yang dikaji dengan pendapat ahli dan hasil riset terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia berperan sebagai alat komunikasi dan identitas bangsa, serta pembelajarannya bertujuan mengembangkan kemampuan dan sikap positif siswa. Puisi memiliki kedudukan penting dalam pembelajaran karena mampu menumbuhkan apresiasi sastra dan mengasah potensi emosional siswa dalam lima aspek utama. 1) fungsi dan peran Bahasa Indonesia, 2) tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia, 3) kedudukan puisi dalam pembelajaran, 4) manfaat pembelajaran puisi, 5) karakteristik siswa SMA dan relevansinya terhadap pembelajaran.
Kata kunci—Bahasa Indonesia, puisi tradisional, siswa SMA
Abstract— Indonesian as the national and official language of the country has a vital function in uniting people from various cultural backgrounds. Meanwhile, poetry acts as a medium of expression that can arouse interest, language skills, and positive character in students. The research method used is Systematic Literature Review (SLR), with secondary data collected through listening and note-taking techniques from various national journals, articles, and books. Data validation was carried out using theoretical triangulation techniques, namely by comparing the concepts studied with expert opinions and previous research results. The results showed that Indonesian language acts as a means of communication and national identity, and its learning aims to develop students' abilities and positive attitudes. Poetry has an important position in learning because it can foster literary appreciation and hone students' emotional potential in five main aspects. 1) the function and role of Indonesian, 2) the purpose of learning Indonesian, 3) the position of poetry in learning, 4) the benefits of learning poetry, 5) the characteristics of high school students and their relevance to learning.
Keywords— Indonesian language, traditional poetry, high school student
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia sebagai alat media komunikasi sehari-hari. https://osf.io/preprints/osf/dazfj.
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Arimbawa, P. A., Santyasa, I. W., & Rapi, N. K. (2017). Strategi pembelajaran guru fisika: Relevansinya dalam pengembangan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 11(1), 43–60. https://doi.org/10.23887/wms.v11i1.11846.
Aris, Q. I., Syam, E., & Sari, Y. R. (2023). Membangun kreativitas dan minat baca puisi melalui musikalisasi puisi pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. BIDIK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.31849/bidik.v4i1.15405.
Dalimunthe, A. L. (2022). Sistem informasi E-Learning di SMA Negeri 1 Rantau Selatan berbasis Web. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.36987/josdim.v2i1.2913.
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 2(1), 114-119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172.
Destiany, A. P., & Robandi, B. (2023). Penilaian karakteristik siswa untuk pembelajaran yang efektif Di SMA Negeri 1 Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 164-180. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2450.
Faizah, N. (2019). Pembentukan karakter siswa melalui disiplin tata tertib sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. In Prosiding Seminar Nasional PEP (Vol. 1, No. 1, pp. 108-115). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5635.
Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.752.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi lemah spesialis: haruskah menjadi generalis? Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.237.
Hasibuan, M. N. S. (2020). Kajian semiotik dalam puisi ketika engkau bersembahyang karya Emha Ainun Najib. Jurnal Education and Development, 8(2), 26-26. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1658.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Himawan, R. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP. Prosiding Samasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7227.
Kusumawati, T. I. (2018). Peranan bahasa Indonesia dalam era globalisasi. Nizhamiyah, 8(2). http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.396.
Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.
Laila, M. P. (2016). Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi melihat api bekerja karya M AAN Mansyur (Tinjauan stilistika). Jurnal gramatika, 2(2), 79994. http://dx.doi.org/10.22202/JG.2016.V2i2.842.
Launjara, L. (2024). Pengaruh deklamasi puisi dalam pemahaman makna puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 14(1), 55-62. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i1.14017.
Mardiyani, R., Deden Ahmad Supendi, & Fauziah Suparman. (2021). Pengembangan media articulate storyline dalam pembelajaran menulis puisi pada kelas X SMA Negeri 2 Sukabumi. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 9(2), 82–91. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7315.
Mawarni, H. (2022). Analisis fungsi dan makna lawas (Puisi tradisional) masyarakat kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153.
Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772.
Nur’Ajmiy, F., & Khoirul Umam, N. (2023). Keterampilan menulis puisi bebas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654–1667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6984.
Oktaviani, R. (2021). Prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Indonesia SD/ MI. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.1528.
Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119. https://www.ejournalugj.com/index.php/logika/article/view/422/266.
Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.84.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, N. P. (2017). Eksistensi bahasa Indonesia pada generasi Millennial. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-49. https://core.ac.uk/download/pdf/229502324.pdf.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis Puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89–96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552.
Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407.
Sophia, G., Rustanti, H. D., & Arti, H. S. (2023). Pembelajaran menulis Puisi sebagai media pengembangan kreativitas siswa SMAN 1 kersana di Brebes. Bestari: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(2), 126-137. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/bestari.
Tarigan, M. (2017). Perbedaan asertivitas siswa SMK Nurul Amaliyah I dengan SMA Nur Azizi di Tanjung Morawa. Jurnal Diversita, 2(2). https://doi.org/10.31289/diversita.v2i2.511.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Effectiveness of Online Learning in Indonesian Language Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.