Peran Permainan Bakiak untuk Melatih Kemampaun Kerjasama pada Anak Usia Dini

Dhea Anggita Dwi Aprilia, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Permainan bakiak sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan kerjasama pada anak berusia dini. Penelitian ini bermaksud untuk memahami peran permainan bakiak untuk melatih kemampuan kerjasama pada anak usia dini. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode SLR. Penelitian ini memakai data sekunder dalam bentuk klausa, frasa, kata hingga kalimat yang diperoleh dari buku dan jurnal nasional.  Teknik pengumpulan data memakai teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi memekai triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 1) Mengenalkan konsep kerjasama sejak dini, 2) Melatih komunikasi dan keterampilan sosial, 3) Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kepemimpinan, yang merupakan peran permainan bakiak untuk melatih kemampuan kerjasama pada anak berusia dini. Simpulan pada penelitian ini yaitu terdapat 3 peran dari permaianan bakiak untuk melatih kemampuan kerjasama pada anak berusia dini.

Abstract— Clog games are very useful for training cooperation skills in early childhood. This study aims to understand the role of clog games to train cooperation skills in early childhood. The method used in this research is the SLR method. This research uses secondary data in the form of clauses, phrases, words to sentences obtained from books and national journals. The data collection technique uses listening and recording techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are 1) Introducing the concept of cooperation early on, 2) Train communication and social skills, 3) Foster a sense of responsibility and leadership, which is the role of clog games to train cooperation skills in early childhood. The conclusion of this study is that there are 3 roles of clog games to train cooperation skills in early childhood.


Keywords


Early Childhood, Cooperation and Clogs Game

Full Text:

PDF

References


Denok, M., Istiklaili, F., & Nuryati, C. (2021). Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Marenggeng Desa Sindangwangi Kabupaten Brebes. Sentra Cendekia, 2(2), 63-74. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i2.1766.

Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23-33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166.

Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi lemah spesialis: haruskah menjadi generalis. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.237.

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195-200. https://www.neliti.com/publications/117598/peningkatan-kemampuan-motorik-kasar-anak-melalui-permainan-bakiak#cite.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Islamiyah, L., & Suyanti, S. (2020). Upaya meningkatkan sosial emosional anak melalui permainan bakiak di Kelompok B KB Nurul Yaqin Wringin Anom Asembagus Situbondo. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v1i1.913.

Karimah, N. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Pemahaman Konsep dan Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian pada BA ‘Aisyiyah Bumirejo II Mungkid Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang

Korompis, M., D., & Losu, F., N. (2025). Pengkayaan Karakter Profesi Pedoman bagi Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan. Banyumas. Wawasan Ilmu.

Kurniawan, H. (2019). Mendongeng Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., dkk. (2020). Memahami Karakteristik Anak. Madiun. CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Lita, D. (2024). Kekuatan Memaafkan. Indonesia. Anak Hebat Indonesia.

Marlina, S. (2024). Studi Sosial Anak Usia Dini di Era Teknologi. Jakarta. Prenada Media.

Marlina, Y. (2021). Peningkatan hasil belajar IPS melalui model guided discovery dalam materi kerja sama pada siswa kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/192.

Mulyani, M. P. (2018). Perkembangan anak usia dini. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, 46. https://siladikti.hangtuah.ac.id/filesila/NORA_FKG/B65412BKA_Usia%20Dini.pdf#page=58

Nurdelila, Harahap N., H., Joesah, N., dkk. (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. Sulawesi Tenggara. CV Feniks Muda Sejahtera.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela Pls, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205.

Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2016). Peningkatan keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527.

Redaksi Bahana. (2024). Renungan Pagi Edisi Desember 2024. Indonesia. Penerbit Andi.

Safrudin, Mulyani, S., & Lubis, R. (2018). Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme Bidan. Malang. Penerbit Wineka Media.

Sit, M. (2021). Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional. Jakarta. Prenada Media.

Sudirman, I., N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Badung. NILACAKRA.

Surminah, I. (2015). Pola kerjasama lembaga litbang dengan pengguna dalam manajemen litbang (kasus balai penelitian tanaman pemanis dan serat). Jurnal Bina Praja, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.101-112.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sutianah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. Pasuruan: Qiara Media.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 92-105. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/35-Article%20Text-58-1-10-20200704%20(3).pdf.

Tim Guru Eduka. (2010). 99% Sukses Ulangan Harian SD Kelas 3. Jakarta. Penerbit Cmedia.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Winarsih, Y., Komala, Y., Maspupah, E., & Watini, S. (2023). Implementation of The ATIK Model to Improve Gross Motoric Ability Bakiak Games in TKIT Nurussunnah Batam. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 81-90. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i1.1069.

Windayanti, N., L., I., Dewi, N., W., R., Yuliantini, S., dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Aceh. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.