Manfaat Aplikasi PhotoMath dalam Pembelajaran Aljabar pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Dela Oktavia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kesulitan siswa dalam memahami konsep aljabar di SMA menjadi tantangan tersendiri dalam kegiatan belajar matematika. Hal tersebut terjadi karena sifat aljabar yang abstrak serta minimnya sarana belajar yang cocok dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di zaman digital ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manfaat penggunaan aplikasi PhotoMath sebagai alat bantu dalam pembelajaran aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) berbasis pada data sekunder, menggunakan teknik metode simak catat dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PhotoMath memiliki manfaat (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) membantu memahami langkah-langkah penyelesaian soal aljabar, (3) meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika, (4) adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan, dan (5) mendorong kemandirian belajar. Simpulan ini adalah bahwa ada 5 manfaat aplikasi PhotoMath dalam pembelajaran Aljabar pada siswa SMA.

Kata kunci—photomath, aljabar, SMA.

 

 

Abstract— Students' difficulties in understanding algebraic concepts in Senior High School are one of the obstacles in learning mathematics. This is caused by the abstract nature of algebra and the lack of learning media that are in accordance with the characteristics and needs of students in the digital era. The purpose of this study was to examine the benefits of using the PhotoMath application as an aid in learning algebra. This study used the Systematic Literature Review (SLR) method with secondary data, using the observation and note-taking method and triangulation techniques. The results of the study showed that the PhotoMath application has the benefits of (1) improving problem-solving skills, (2) helping to understand the steps for solving algebra problems, (3) increasing interest and motivation in learning mathematics, (4) being adaptive to developments in educational technology, and (5) encouraging learning independence. The conclusion is that there are 5 benefits of the PhotoMath application in learning Algebra for Senior High School students.

Keywords— photomath, algebra, high school.

 


Keywords


photomath, algebra, high school

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1-13. https://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/20/14.

Anggraini, & Sugita, G. (2020). Buku ajar. Struktur aljabar. Sleman: DEEPUBLISH

Ariyana, I. K. S. (2022). Pentingnya membelajarkan konten aljabar dan keterampilan berpikir aljabar untuk anak usia dini. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(1), 80-92. https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i1.3704.

Dewi, I. W. D. P., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan aplikasi photomath dalam pembelajaran matematika di era literasi digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 20(1), 94-101. https://pdfs.semanticscholar.org/6191/78f14b8a2c6970c46312495e4cf25b915585.pdf.

Diyah. (2019). Artikel ilmiah popular. Sukabumi: CV Jejak.

Efriani, A., & Arifin, S., (2024). Inovasi pembelajaran matematik: Integrasi PMRI & STEM berbantuan Artificial Inteligence. Palembang: Bening media pubhlishing.

Elvanisi, A., & Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426.

Faisal, M. K., (2021). Selekta Pendidikan. Suatu pengantar kebijakan Pendidikan karakter & arah pembelajaran. Pasaman Barat: CV. AZKA PUSTAKA.

Faradhila, D., & Basri, M. S., & Widiati, S. W. (2023). Metode penerjemahan harfiah pada mahasiswa pendidikan bahasa jepang. Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGenus), 1(2),55-62. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/jurnal+Dhanasea+-+fix%20(2).pdf.

Gaol, N. T. L. (2022). Buku ajar manajemen pendidikan dasar dan menengah. Sigi: CV Muda Feniks Sejahtera.

Guesteti, M. U. (2024). Era digital dalam matematika: Menggabungkan teknologi dengan alat peraga tradisional. Sumedang: CV. Mega Press Nusantara.

Hasibuan, M. K. (2025). Mini tinjauan literatur pemanfaatan aplikasi potomath untuk berfikir komputasi siswa. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 241-247. https://jutepe-joln.net/index.php/JURDIKAN/article/view/69/68.

Herman, T., & Andini, M., & Wulandari, I. (2024). Kemampuan berpikir matematis. Berpikir rasional, berpikir fungsional, berpikir kritis. Bandung: INDONESIA EMAS GROUP.

Hidayani, N. (2012). Bentuk aljabar. Jakarta Barat: PT Balai Pustaka.

Hidayati, N. (2024). Analisis kemampuan berpikir komputasi menggunakan software matematika photomath. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 946-953. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1775.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ilmi, M., & Baehaqie, I. (2021). Tindak tutur ilokusi pada program acara talk show mata najwa episode gus mus dan negeri teka-teki. Jurnal sastra indonesia, 10(1), 31-36. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.40396.

Jupri, A., & Komar, O., & Rahman, & … Hayat, B., (2024). Model implementasi Pendidikan era Indonesia emas. Jakarta Selatan: Damera Press.

Kasingku, J. D., & Mantow, A. (2022). Hubungan antara status sosial ekonomi dengan pembentukan karakter siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Unklab. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1989-2002. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.

Lubis, H. M. J., & Haidar, (2019). Administrasi dan perencanaan Pembangunan sumber daya manusia optimalisasi bagi personel sekolah dan korparasi. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.

Magdelana, I. (2023). Psikologi Pendidikan. Malang: GUEPEDIA.

Muis, M. (2023). Inovasi pembelajaran matematika. Gresik: Inspirasi Pustaka Media.

Nafi’, A. (2020). Kematangan karier peserta didik zaman now. Sleman: DEEPUBLISH.

Oktaviani, R. D., & Ilmiah, T., & Sholihah, N., & Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan aplikasi photomath sebagai media pemecahan masalah matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-54. https://core.ac.uk/reader/539553150.

Payung, Z., & Kusuma, Y., & Cahya, E. (2022). Pembelajaran matematika dengan bantuan mathematica dan photomath software untuk meningkatkan problem solving matematika mahasiswa calon guru sekolah dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 48-54. https://doi.org/10.47178/elementary.v5i1.1633.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rachmayanie, R., & Setiawan, M. A., & Rachman, F. (2020). Pengantar pelaksanaan praktik pengajar di sekolah bimbingan dan konseling di masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Skeman: DEEPUBLISH.

Rangkuti, A. N. (2022). Diagnostik kesulitan belajar siswa pada materi aljabar. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 116-126. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.13310.

Redhana, W. I., (2024). Pendidikan inklusi. Indramayu: PT Adab Indonesia.

Ritonga, N. H., & Sofiyah, K. (2024). Belajar matematika dengan android. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 2(2), 580-586. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2795.

Sanmugam, M., & Rabu, S. N. A., & Yahaya, W. A. J. W. (2024). Pengaplikasian teknologi dalam pengajaran & pembelajaran. Pulau Pinang: Universiti Sains Malaysia.

Sibuea, M. F. L., & Sembiring, M. A., & Almeina, I., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi photomath sebagai media belajar matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109-115. https://doi.org/10.54314/jpstm.v2i1.962.

Sinambela, E. E. (2015). Meningkatkan hasil belajar aljabar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya di SMP Negeri 175 Jakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 31-45. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i1.137.

Sucipto, H. (2016). Sistem pendukung keputusan penentuan jurusan sekolah menengah atas dengan metode SAW. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika, 6(2), 147. http://dx.doi.org/10.30700/jst.v.

Syafar, M. A. (2024). Matematika ilmu computer. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Syarah, F., & Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan siswa dalam mempelajari materi aljabar. Journal on Education, 5(04), 16067-16070. https://core.ac.uk/reader/568058460.

Syarah, F., & Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan siswa dalam mempelajari materi aljabar. Journal on Education, 5(04), 16067-16070. https://core.ac.uk/reader/568058460.

Syarifudin. (2012). Mini book. Master matematika langsung pinter kelas VII, VIII, & IX. Jakarta Selatan: PT WahyuMedia.

Tumanggor, A., & Tambunan, R. J., & Simatupang, P. (2021). Manajemen Pendidikan. Bantul: K-Media.

Uchtiawati, S., & Zawawi, I. (2014). Penerapan penjaminan mutu pendidikan pada sekolah menengah atas berstandar Internasional. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 52. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1735.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wajdi, F., & Arif, A., & Putra, Z. (2022). Buku ajar:Kapita selecta pendidikan di perguruan tinggi. Malang: Ahlimedia Press.

Widayanti, T., & Maryana, & Apriyanto, H..…. & Pasaribu, A. A. (2025). Buku ajar. Matematika dasar. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.