Peran Permainan Petak Umpet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak— Permainan petak umpet sangat penting dalam mendukung peningkatan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peningkatan motorik kasar menggunakan permainan petak umpet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR. Penelitian ini memakai data sekunder berupa kata, frasa, dan klausa yang diambil dari artikel internasional. Teknik perolehan data memakai teknik simak dan catat sementara teknik validasi memakai triangulasi teori. Perolehan penelitian terdapat 1) Melatih keterampilan berlari dan bergerak cepat, 2) Mengembangkan koordinasi tubuh, 3) Melatih kemampuan lokomotor. Simpulan pada penelitian ini bahwa ini terdapat 3 peran yang dapat dilakukan dalam perkembangan motorik kasar pada anak usia dini.
Abstract— Hide and seek games are very important in supporting the improvement of gross motor skills in early childhood. This study aims to understand the improvement of gross motor skills using hide and seek games. The method used in this research is the SLR method. This research uses secondary data in the form of words, phrases, and clauses taken from international articles. The data acquisition technique uses listening and recording techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The research findings are 1) Train running and fast moving skills, 2) Develop body coordination, 3) Train locomotor abilities. The conclusion of this study is that there are 3 roles that can be performed in gross motor development in early childhood.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar. E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Jakarta, Indonesia: Prenada Media Group.
Anggraini, D. D. (2022). Perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini. Kediri, Indonesia: CV Kreator Cerdas Indonesia.
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Motorik kasar anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 36-44. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/138/81.
Febriyani, E. V., & Khan, R. I. (2021). Kajian kemampuan keaksaraan awal anak usia dini dan pengembangannya menggunakan media belajar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 655-664). https://doi.org/10.29407/etsbry89.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 25-34. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/742.
Goliah, M., Jannah, M., & Jamaludin, U. (2022). Strategi pengintegrasian kearifan lokal dalam pembelajaran sekolah dasar untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional petak umpet. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7259-7263. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9490.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi lemah spesialis: haruskah menjadi generalis. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 13-19. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.237.
Hamzah. N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. Pontianak, Indonesia: IAIN Pontianak PRES.
Harahap, S. N. H., Delvia, E., Zahra, S., Amalina, M. N., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh permainan petak umpet dalam mengembangkan sosial anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 255-260. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1958.
Hartati, H., Aryanti, S., Azhar, S., Asrul, M. (2024). Pertumbuhan & perkembangan motorik. Palembang, Indonesia: Bening Media Publishing.
Hasanah, N. M. (2018). Mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini melalui cerita menggunakan media permainan tradisional. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 3, pp. 67-78). Retrieved from https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/86.
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195-200. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/117598-ID-peningkatan-kemampuan-motorik-kasar-anak.pdf.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Isyanti, D. (2023). Permainan popular tradisional betawi. Yogyakarta,Indonesia: Cahaya Harapan.
Juliyanti, J., Tohir, A., Anggraini, H., & Qomario, Q. (2023). Pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK padma mandiri Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 187-192. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4073.
Keraf, Gorys. (2004). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia
Khoirunnisa, I. S. (2021). Membentuk karakter anak usia dini melalui permainan tradisional. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 77-83. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.960.
Kulsum, U., & Komala, K. (2023). Permainan petak umpet di masa pembelajaran daring untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(3), 360-365. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17009.
Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2018). Hubungan permainan tradisional betengan terhadap gerak lokomotor siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). Retrieved from file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/2954-10889-1-PB.pdf.
Laini, A. (2020). Efektivitas permainan petak umpet terhadap perkembangan motorik kasar anak di taman kanak-kanak. Jurnal Adzkiya, 4(1). Retrieved from https://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/4.
Meli, M., Masturah, S. N., & Pujianti, Y. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun melalui permainan petak umpet (penelitian tindakan kelas di PAUD aisyah jonggol, kabupaten bogor). Al Hanin, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.38153/alhanin.v2i1.42.
Multahada, A., Melaty, P., Apriyani, H., & Andriani, T. (2022). Pengembangan motorik kasar anak usia dini melalui permainan kreatif. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 5(1), 11-21. https://doi.org/10.37567/prymerly.v5i1.1248.
Mulyani, M. P. (2018). Perkembangan anak usia dini. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, 46. Retrieved from https://siladikti.hangtuah.ac.id/filesila/NORA_FKG/B65412BKA_Usia%20Dini.pdf#page=58.
Nurhadi, R., Lubis, M., & Khomaeny, E. F. F. (2022). Pengaruh gerakan sholat dhuha terhadap perkembangan motorik kasar pada unsur keseimbangan anak usia 5-6 tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 110-120. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1874.
Pertiwi, E. P. & Zahro. I. (2018) Pendidikan karakter pada anak usia dini dan opini pendidikan karakter melalui sentra bermain peran. Yogyakarta, Indonesia: CV Hikmah Media Utama.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Sudirman, I. N. (2021). Modul karakteristik dan kompetensi anak usia dini. Bali, Indonesia: NILACAKRA.
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat perkembangan motorik anak. Modul metode pengembangan fisik, 1(1), 1-21. Retrieved from https://www.academia.edu/download/56289394/PGTK2302-M1.pdf.
Sutianah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. Pasuruan: Qiara Media.
Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan motorik kasar anak usia dini melalui kegiatan tari kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21-30. Retrieved from https://www.academia.edu/download/109493469/2731-Article_Text-7458-1-10-20220523.pdf.
Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 92-105. Retrieved from file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/35-Article%20Text-58-1-10-20200704%20(3).pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wawan, W., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2024). Kemampuan keseimbangan dan koordinasi pada siswa kelas 3 dan 4 sekolah dasar. Jambura Health and Sport Journal, 6(2), 133-145. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jhsj/article/view/26840.
Yamani, A. I. (2016). Peningkatan keterampilan motorik kasar anak kelompok B melalui permainan petak umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2015/2016. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/78115/Ana%20Istiana%20Yamani%20-%20120210205037_.pdf?sequence=1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.