Manifestasi Nasionalisme melalui Tradisi Membatik di Kalangan Generasi Z
Abstract
abstrak—Nasionalisme mulai kehilangan eksistensinya seiring perkembangan zaman. Generasi Z saat ini semakin menyepelekan pentingnya sikap nasionalisme. Faktor yang memengaruhi kehidupan Generasi Z menjadi penyebab memudarnya semangat jiwa nasionalisme. Upaya bangsa berperan penting dalam membangkitkan kesadaran nasionalisme pada Generasi Z demi memperkuat rasa cinta terhadap bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan sikap nasionalisme di kalangan Generasi Z melalui pelestarian budaya tradisi membatik. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR. Data penelitian berupa data sekunder yang diambil dari jurnal berskala nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber untuk validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manifestasi nasionalisme melalui tradisi membatik di kalangan Generasi Z diantaranya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut 1) Mengikuti pelatihan atau workshop membatik, 2) Menggunakan pakaian batik dalam kehidupan sehari-hari, 3) Mempromosikan batik melalui media sosial, 4) Mengembangkan inovasi desain batik yang modern, 5) Menjadikan batik sebagai inspirasi dalam karya seni atau bisnis kreatif, 6) Mengenali dan memahami makna motif batik tradisional, 7) Menghadirkan kegiatan membatik sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah memberikan dorongan serta motivasi kepada Generasi Z untuk mewujudkan sikap nasionalisme melalui kegiatan membatik.
Kata kunci—Generasi Z, Nasionalisme, Tradisi membatik
Abstract—Nationalism has started to lose its existence over time. Generation Z is increasingly underestimating the importance of nationalism. Factors that influence Generation Z's life are the cause of the fading spirit of nationalism. The nation's efforts play an important role in awakening nationalism awareness in Generation Z in order to strengthen their love for the nation. This research aims to realize the attitude of nationalism among Generation Z through the preservation of traditional batik culture. The method in this research uses the Systematic Literature Review method or often known by the abbreviation SLR. The research data is secondary data taken from national journals. The data collection technique uses the method of listening and recording. The data validation technique uses source triangulation technique for data validation. The results showed that the manifestation of nationalism through the batik tradition among Generation Z can be done in the following ways 1) Participating in batik training or workshops, 2) Using batik clothes in daily life, 3) Promoting batik through social media, 4) Developing modern batik design innovations, 5) Making batik as inspiration in artwork or creative business, 6) Recognizing and understanding the meaning of traditional batik motifs, 7) Presenting batik activities as part of learning at school. The conclusion of this research is to provide encouragement and motivation to Generation Z to realize the attitude of nationalism through batik activities.
Keywords— Generation Z, Nationalism, Batik tradition
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745.
Hasan, R. (2022). Menumbuhkan sikap nasionalisme dan bela negara mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 8–20. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.890.
Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme melalui materi sikap semangat kebangsaan dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada pembelajaran PKN di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370.
Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya pemahaman wawasan nusantara bagi Generasi Z untuk membangun rasa nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 231–239. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7474.
Surono, K. A. (2017). Penanaman karakter dan rasa nasionalisme pada kegiatan ektrakurikuler pramuka di SMPN 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1), 23-30. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/ijc/article/view/12527/0.
Arianto, A. (2023). Konsep nasionalisme Michael Sastrapratedja: Sebuah tinjauan filsafat Pancasila dalam rangka pengembangan karakter bangsa. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 347-358. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i3.44482.
Mugiyono, M. (2014). Relasi nasionalisme dan islam serta pengaruhnya terhadap kebangkitan dunia Islam global. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 15(2), 97-115. Retrieved from https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/492.
Abbas, E. W., Jumriani, J., Luqyana, S. N., & Handy, M. R. N., Rusmaniah, R. (2022). Penguatan sikap nasionalistik melalui wisata edukasi di bantaran sungai. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah 7(3), 1-6. Retrieved from https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/748.
Juwandi, R., Nurmahdiah, E., Fakhrudin, F., Sarinah, S., Ihsani, L., & Nurachman, H. (2023). Analisis penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam pengembangan nasionalisme peserta didik di sekolah. Simpati, 1(4), 201–212. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.475.
Sutaryanto, S. (2016). Penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter dalam menanamkan nilai nasionalisme dan meningkatkan hasil belajar pada siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 237-252. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.287.
Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1), 20-27. Retrieved from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/AIJ/article/view/139.
Jari, M. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membatik melalui media video di kelas X-1 SMA Negeri 1 Blega Kabupaten Bangkalan. JURNAL PENDIDIKAN LAMPU, 8(2), 55-73. Retrieved from https://www.jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/JPL/article/view/200.
Anjarsari, F., & Soendari, T. (2020). Pengembangan program keterampilan membatik bagi siswa SMALB tunarungu di SLB-BC Abdi Pratama Jakarta. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 2(1), 12–19. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/8871.
Puspitasari, F. M., Amir, A., & Hafidah, R. (2014). Penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B Tk Beringin, Purworejo tahun 2013/2014. Kumara Cendekia, 2(4), 237-243. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/34341.
Ningrum, R. (2018). Pelaksanaan pelatihan membatik dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi masyarakat binaan dekranasda di LKP pitutur luhur Desa Cerme Lor Kabupaten Gresik. J+PLUS UNESA, 7(2), 1-7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/25099.
Suud, F. M., A’la, A. F., Rachmawatie, D., & Islamawati, I. N. (2023). Pengembangan desa wisata Dusun Bendo melalui peningkatan keterampilan seni membatik warga. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i1.3614.
Maulida, S. Z., Laksono, B. A., & Novitasari, N. (2025). Pemberdayaan perempuan melalui keterampilan membatik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 19(1), 24–31. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/19592.
Sukaeti, A. T. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan membatik di kelompok B Taman Kanak-kanak Muslimat NU Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 253-263. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40925.
Nimah, F. (2020). Pengembangan buku panduan membatik terhadap kemampuan fisik motorik halus anak usia 5-6 tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123–146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146.
Latifah, N., & Ismet, S. (2023). Pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 80–87. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/aura/article/view/794.
Lubis, S. N., Azhar, A., & Ayub, D. (2024). Implementasi pembelajaran keterampilan membatik pada anak tuna rungu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11659-11663. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6100.
Fikri, M. R. N., Muttaqien, F., & Noor, M. I. (2024). Strategi implementasi kecerdasan buatan untuk memperkuat pendidikan Islam pada Generasi Z di Indonesia. Islamic Education, 3(1), 132-144. Retrieved from https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/1061.
Damayanti, W. A., & Gumilang, R. R. (2023). Peran financial technology dalam meningkatkan literasi keuangan pada Generasi Z. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen , 14(3), 525-534. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i3.3850.
Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 375–384. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4418.
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan kesiapannya dalam menghadapi bonus demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812.
Kristanti, S. A., & Eva, N. (2022). Self-esteem dan self-disclosure Generasi Z pengguna Instagram . Jurnal Penelitian Psikologi, 13(1), 10–20. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i1.697.
Putri, A. S. M., Setiawati, R., & Widodo, H. (2022). Implementasi nilai Pancasila pada Generasi Z. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.35.
Tjg, H. R., Harahap, I. F., Amanda, K., Jebua, I., Pandapotan, S., & Sihaloho, O. A. (2024). Degradasi identitias nasional: Munculnya individualisme di kalangan Generasi Z. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(9), 4772-4780. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1359.
Malik, A. (2020). Membumikan ideologi Pancasila melalui pendidikan Pancasila sebagai upaya membangkitkan nasionalisme. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 101-108. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401.
Hasrian, H., Akbar, A. A., & Raharjo, D. H. (2024). Globalisasi dan nasionalisme pada Generasi Z: Sebuah studi implikasi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. Civil and Military Cooperation Journal, 1(2), 59-64. Retrieved from https://journal.civiltary.com/index.php/civiltary/article/view/9.
Rahayu, S. T. W., & Saputra, A. E. (2024). Penyuluhan peningkatan kesadaran bela negara bagi Generasi Z melalui media sosial. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1219–1226. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/584.
Rahayu, D. T., Narsih, D. N. A., & Shulha, I. T. (2025). Peran Generasi Z dalam mewujudkan persatuan bangsa. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 362-371. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6501.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran , 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Hutri, K., Deliana, D., & Nasution, K. (2020). Bentuk dan makna reduplikasi adjektiva dalam bahasa Minangkabau dialek Sungayang di Kab. Tanah Datar. HUMANIKA, 27(2), 95-104. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/33074.
Fahmi, M. L. S., Rohmah, H. M., Faylindra, I., & Fadhilasari, I. (2024). Analisis proses morfologis dan kesalahan berbahasa dalam berita" Rekor Muri Jaranan Dor Bikin Repot" terbitan Jawa Pos Radar Jombang Edisi Mei 2024. Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajarannya, 11(1), 63-68. https://doi.org/10.36456/bastra.vol11.no1.a9111.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di Terminal Purabaya Surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah FONEMA, 4(2), 43-59. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar Matematika siswa Sekolah Dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Handayani, N. M. A. P., Putri, P. W., & Juniantari, M. R. (2023). Peran Generasi Z sebagai wadah pelestarian budaya dan lingkungan dalam mewujudkan Indonesia emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 164-172. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/6125.
Fraulen, A., Putri, D. S., Yuanita, R. R., & Fitriono, R. A. (2022). Pentingnya peran Pancasila sebagai pedoman hidup Generasi Z. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(01), 21-28. Retrieved from https://www.sthf.ac.id/jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/841.
Widianti, H., Rahmadiana, G. D., Amaliyah, F., Khasanah, A. N., & Kartini, D. (2024). Menyulam warisan budaya: Pelatihan keterampilan membatik untuk Generasi Z dalam merajut tradisi batik Tegalan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 2160-2165. Retrieved from https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/16397/0.
Takdir, M., & Hosnan, M. (2021). Revitalisasi kesenian batik sebagai destinasi wisata berbasis budaya dan agama: Peran generasi muda dalam mempromosikan kesenian batik di pamekasan Madura. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 366–374. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1284.
Azizah, E. N., Erlando, E., Nadiroh, E. L., Anindya, F. D., Samudro, H. B., & Turhadi, H. Q. (2025). Batik sebagai representasi identitas nasional dalam perspektif Gen Z. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(01), 14-20. https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.408.
Sari, D., Pringgowati, N., & Permata, A. A. C. (2024). Peran komunikasi lisan dan tulis dalam mempromosikan “Batik Sukoen” Kec. Kepanjen, Kab. Malang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 18715–18729. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/11855.
Hadinata, A. W., & Wijaya, L. S. (2024). Strategi public relations UMKM dalam upaya meningkatkan penjualan batik Bulan Pekalongan melalui sosial media. Syntax Idea, 6(6), 2687-2704. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i6.3423.
Saputri, F. N., Setyawidyastuti, M. E. P., Cahyani, A. D., Setiyawan, D., & Nurhidayat, S. (2023). Pendampingan digital marketing pada batik khas Desa Pagerukir melalui sosial media. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1086–1092. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/226.
Setyaningrum, R. P., Ekhsan, M., & Fatchan, M. (2024). Menciptakan kemandirian batik Bekasi untuk UKM batik di pemerintah kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat . Indonesian Journal of Society Engagement, 5(2), 138-155. https://doi.org/10.33753/ijse.v5i2.163.
Makrumah, S., & Ratyaningrum, F. (2025). Bunga lili sebagai ide dasar penciptaan motif batik kontemporer Tanjung Bumi Bangkalan. SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 6(1), 59-72. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sakala/article/view/65675.
Widyasari, S. S., Kusuma, P., & Aditya, D. K. (2023). Desain booklet produk perusahaan Handayani Geulis Batik Bogor. eProceedings of Art & Design, 10(6), 7652-7665. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/21649.
Purnawirawan, O. (2020). Pemanfaatan software aplikasi desain grafis CorelDraw sebagai media pembelajaran pembuatan motif dasar batik berbasis digital pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik, 2(1), 1-12. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/59.
Wijaya, S., & Wardaya, M. (2020). Perancangan untuk produk Origin - Indonesian Heritage Apparel. Jurnal VICIDI, 7(1), 8-14. https://doi.org/10.37715/vicidi.v7i1.1151.
Meindrasari, D. K., & Nurhayati, L. (2019). Makna batik Sidomukti Solo ditinjau dari semiotika sosial Theo Van Leeuwen. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 57-67. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.718.
Pranoto, Y. Z., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2015). Analisis motif batik Parang dan Mega Mendung dalam kemasan Biore Pore Pack Heritage Batik Motif. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6), 1-12. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/81279/analisis-motif-batik-parang-dan-mega-mendung-dalam-kemasan-biore-pore-pack-herit#cite.
Supandri, E. Y., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2023). Mengenal warisan leluhur kesakralan batik Banyuwang: (Studi Kasus: Penerapan Pada Pakaian Tradisonal). Jurnal Fashionista, 1(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/fashionista/article/view/633.
Amirah, A., Bukit, P., & Hapsara, O. (2024). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada kesejahteraan pengrajin batik di Sentra Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(1), 755-761. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1775.
Sudibya, S., Pertiwi, D. A., Kurniawan, D. A., & Maridha, W. I. (2021). Workshop batik khas Grobogan sebagai langkah awal pengembangan UMKM penggerak ekonomi di masa pandemi Covid-19 di Desa Tlogotirto. AKTIVITA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 122-130. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/aktivita/article/view/65405.
Hida, A. A., Prastiwi, L., Salsabila, W. N., Lestari, V. K., Triono, T., Prastyo, B., & Robby, R. R. (2022). Batik cap sebagai upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Pertiwi Bendosari. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(2), 164-171. https://doi.org/10.52643/pamas.v6i2.1190.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.