Manfaat Permainan Kartu Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—permainan kartu bilangan adalah permainan yang menggunakan kartu berisi angka atau simbol operasi hitung, dimainkan secara individu atau kelompok. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi seberapa efektif penggunaan permainan kartu bilangan dalam membantu siswa sekolah dasar memahami operasi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan pencatatan informasi, sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa permainan kartu bilangan memiliki manfaat 1) meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan, 2) meningkatkan kemampuan berhitung, 3) meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa, 4) meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika, serta 5) meningkatkan kerjasama dan interaksi sosial. Berdasarkan hasil kajian, permainan kartu memberikan lima manfaat penting sebagai sarana yang efektif dalam menunjang pembelajaran matematika di jenjang sekolah dasar.
Kata kunci—Permainan Kartu Bilangan, Penjumlahan & Pengurangan, Sekolah Dasar
Abstract—Number card games are games that use cards containing numbers or arithmetic symbols, and can be played individually or in groups. This study aims to identify how effective the use of number card games is in helping elementary school students understand addition and subtraction operations. This study employs a Systematic Literature Review (SLR) approach, with data collected through literature review and note-taking, while the validity of the data is ensured through theoretical triangulation. The results of the study show that number card games have benefits, namely: 1) improving comprehension of addition and subtraction, 2) enhancing calculation skills, 3) increasing students' concentration and focus, 4) boosting interest and motivation in learning mathematics, and 5) fostering cooperation and social interaction. Based on the results of the study, card games provide five significant benefits as an effective tool to support mathematics learning at the elementary school level.
Keywords— Number card game, ddition and subtraction, Elementary school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.21093/twt.vxxiyy
Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83-88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Damarasri, D., Handayani, S., & Sofiyah, K. (2024). Matematika Praktis: Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari Anak SD. Calakan: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya, 2(1), 36-42. https://jurnal.calakan.id/index.php/calakan
Fahmi, A. I., Momon, M., & Ramadanti, B. S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Kartu Angka Di Kelas B RA Aisyah Kecamatan Telukjambe Barat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 133-142. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/127
Faradila, Z. P. (2024). Pentingnya Penguasaan Operasi Hitung Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Karimah Tauhid, 3(8), 8373-8380. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14205
Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 83-93. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.234
Fitriyani, D., Saefurrohman, A., & Mansur, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 97-108. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9330
Harahap, U. K., Sari, P., & Sofiyaah, K. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan penguranga Siswa SD. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.51878/action.v4i1.2947
Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 7, No. 1. Hal: 22-32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Iswanti, N. (2019). Media kartu bilangan sebagai alat bantu memahami konsep matematika yang bersifat abstrak. Jurnal JOES (Journal of Education and Social Studies), 8(2), 112–120. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/3128/1882
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2269
Mulyasni, M. (2018). Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 010 Ujung Batu. Primary, 5(3), 361-367. https://media.neliti.com/media/publications/258281-permainan-kartu-bilangan-sebagai-alat-pe-ff1a0e89.pdf
Munawarah, N., Purnama, W. M., & Ramdoniati, N. (2023). Pemahaman terhadap angka dan operasi hitung sejak dini sebagai upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–53.
Oktaviani, K. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pelajar SDN 106/VIII Pulung Rejo. Griya Cendikia, 10(1), 168-177. https://jurnal.griyacendikia.org/index.php/griyacendikia
Pujiati. (2007). Penggunaan alat peraga matematika SD. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahmawati, S., Anwar, L., & Andriani, N. (2020). Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 123–130. https://[alamat-repositori-jurnal]
Ramadan, F., Istiningsih, S., & Erfan, M. (2023). Pengaruh model Joyfull Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Midang. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 169-175. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/373
Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2022). Trik jitu menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Nawa Litera Publishing.
Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Saputri, A. R. E., Amin, S. M., Hartatik, S., & Mustofa, M. (2024). Pengaruh Media Papan Angka Berwarna Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 188-193. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.754
Saragih, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 213–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457
Sari, E. R., Aswat, H., & Aprilia, Q. (2024). Membaca Angka: Literasi Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Baca Tulis Cerita Di Sekolah Dasar. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 176-194. https//doi.org/10.32529/tano.v7i2.3727
Setiana, S., & Eliasa, E. I. (2024). Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif, Emosi Sosial,dan Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 127-138. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1742
Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179-2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137
Singh, P., Teoh, S. H., Md Nasir, N. A., & Md Ramly, A. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 693–705. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21173
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39-43. https://doi.org/10.31764/elementary.v2i2.1299
Wahyuni, N., Purnama, W. M., & Ramdoniati, N. (2022). Pengembangan Media Si Pitung (Aksi Pintar Berhitung) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Al-Mujahidah, 3(2), 364-376. https://journal.stitmubarak.ac.id/index.php/almujahidah/article/view/291
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry.Jurnal Pijar Mipa,14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.