Manfaat Permainan Kartu Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar

Ike Naimatul Aprilia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—permainan kartu bilangan adalah permainan yang menggunakan kartu berisi angka atau simbol operasi hitung, dimainkan secara individu atau kelompok. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi seberapa efektif penggunaan permainan kartu bilangan dalam membantu siswa sekolah dasar memahami operasi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan pencatatan informasi, sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa permainan kartu bilangan memiliki manfaat 1) meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan, 2) meningkatkan kemampuan berhitung, 3) meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa, 4) meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika, serta  5) meningkatkan kerjasama dan interaksi sosial. Berdasarkan hasil kajian, permainan kartu memberikan lima manfaat penting sebagai sarana yang efektif dalam menunjang pembelajaran matematika di jenjang sekolah dasar.

Kata kunci—Permainan Kartu Bilangan, Penjumlahan & Pengurangan, Sekolah Dasar

 

 

Abstract—Number card games are games that use cards containing numbers or arithmetic symbols, and can be played individually or in groups. This study aims to identify how effective the use of number card games is in helping elementary school students understand addition and subtraction operations. This study employs a Systematic Literature Review (SLR) approach, with data collected through literature review and note-taking, while the validity of the data is ensured through theoretical triangulation. The results of the study show that number card games have benefits, namely: 1) improving comprehension of addition and subtraction, 2) enhancing calculation skills, 3) increasing students' concentration and focus, 4) boosting interest and motivation in learning mathematics, and 5) fostering cooperation and social interaction. Based on the results of the study, card games provide five significant benefits as an effective tool to support mathematics learning at the elementary school level.

Keywords— Number card game, ddition and  subtraction, Elementary school


Keywords


Number card game, ddition and subtraction, Elementary school

Full Text:

PDF

References


Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.21093/twt.vxxiyy

Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83-88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Damarasri, D., Handayani, S., & Sofiyah, K. (2024). Matematika Praktis: Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari Anak SD. Calakan: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya, 2(1), 36-42. https://jurnal.calakan.id/index.php/calakan

Fahmi, A. I., Momon, M., & Ramadanti, B. S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Kartu Angka Di Kelas B RA Aisyah Kecamatan Telukjambe Barat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 133-142. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/127

Faradila, Z. P. (2024). Pentingnya Penguasaan Operasi Hitung Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Karimah Tauhid, 3(8), 8373-8380. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14205

Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 83-93. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.234

Fitriyani, D., Saefurrohman, A., & Mansur, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 97-108. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9330

Harahap, U. K., Sari, P., & Sofiyaah, K. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan penguranga Siswa SD. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.51878/action.v4i1.2947

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 7, No. 1. Hal: 22-32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Iswanti, N. (2019). Media kartu bilangan sebagai alat bantu memahami konsep matematika yang bersifat abstrak. Jurnal JOES (Journal of Education and Social Studies), 8(2), 112–120. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/3128/1882

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2269

Mulyasni, M. (2018). Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 010 Ujung Batu. Primary, 5(3), 361-367. https://media.neliti.com/media/publications/258281-permainan-kartu-bilangan-sebagai-alat-pe-ff1a0e89.pdf

Munawarah, N., Purnama, W. M., & Ramdoniati, N. (2023). Pemahaman terhadap angka dan operasi hitung sejak dini sebagai upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–53.

Oktaviani, K. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pelajar SDN 106/VIII Pulung Rejo. Griya Cendikia, 10(1), 168-177. https://jurnal.griyacendikia.org/index.php/griyacendikia

Pujiati. (2007). Penggunaan alat peraga matematika SD. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahmawati, S., Anwar, L., & Andriani, N. (2020). Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 123–130. https://[alamat-repositori-jurnal]

Ramadan, F., Istiningsih, S., & Erfan, M. (2023). Pengaruh model Joyfull Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Midang. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 169-175. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/373

Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2022). Trik jitu menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Nawa Litera Publishing.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Saputri, A. R. E., Amin, S. M., Hartatik, S., & Mustofa, M. (2024). Pengaruh Media Papan Angka Berwarna Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 188-193. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.754

Saragih, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 213–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457

Sari, E. R., Aswat, H., & Aprilia, Q. (2024). Membaca Angka: Literasi Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Baca Tulis Cerita Di Sekolah Dasar. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 176-194. https//doi.org/10.32529/tano.v7i2.3727

Setiana, S., & Eliasa, E. I. (2024). Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif, Emosi Sosial,dan Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 127-138. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1742

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179-2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137

Singh, P., Teoh, S. H., Md Nasir, N. A., & Md Ramly, A. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 693–705. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21173

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39-43. https://doi.org/10.31764/elementary.v2i2.1299

Wahyuni, N., Purnama, W. M., & Ramdoniati, N. (2022). Pengembangan Media Si Pitung (Aksi Pintar Berhitung) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Al-Mujahidah, 3(2), 364-376. https://journal.stitmubarak.ac.id/index.php/almujahidah/article/view/291

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry.Jurnal Pijar Mipa,14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.