Peran Permainan Ular Tangga Matematika terhadap Peningkatan Belajar Menghitung Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Permainan ular tangga merupakan permainan tradisional yang berasal dari budaya lokal dan telah menyebar secara luas hingga dikenal di tingkat internasional, serta dimainkan oleh minimal dua orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan ular tangga matematika dalam meningkatkan kemampuan belajar menghitung siswa Sekolah Dasar. Metode di dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review dengan memanfaatkan data sekunder melalui metode simak dan catat serta teknik triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga memiliki peran 1) memperkuat pemahaman konsep bilangan, 2) melatih ketelitian dalam berhitung, 3) melatih operasi hitung dasar, 4) mengembangkan kemampuan berfikir kritis, serta 5) mendorong pembelajaran yang menyenangkan. Simpulan ini adalah bahwa ada 5 peran dari permainan ular tangga yang bisa meningkatkan belajar menghitung pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci—sekolah dasar, menghitung, permainan ular tangga
Abstract—Snakes and Ladders is a traditional game originating from local culture that has spread widely and is now recognized internationally. It is typically played by a minimum of two players. The purpose of this study is to determine the role of the mathematical snakes and ladders game in improving elementary school students’ counting skills. The method used in this research is a Systematic Literature Review (SLR), utilizing secondary data collected through observation and note-taking methods, with triangulation techniques employed to verify data validity. The results of the study show that the snakes and ladders game plays a role in: (1) strengthening number concept understanding, (2) training accuracy in counting, (3) practicing basic arithmetic operations, (4) developing critical thinking skills, and (5) promoting enjoyable learning. The conclusion is that there are five roles of the snakes and ladders game that can enhance counting skills among elementary school students.
Keywords—elementary School, counting, snakes and Ladders Game
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, D. F. N. (2018). Self esteem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 6(1), 36-46. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/5901/5442.
Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung siswa sd menggunakan metode jarimatika. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 30-33. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71.
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918ISSN.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177-186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308.
Carolina, D. L., Safitri, N., & Sukmanasa, E. (2020). Analisis motivasi belajar peserta didik kesulitan berhitung permulaan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 64-69. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v12i2.2936.
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal magistra, 29(100), 58-64. https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137.
Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi game matematika dalam meningkatkan kemampuan menghitung matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129-141. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38-48. https://core.ac.uk/reader/322536550.
Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung awal melalui modifikasi bentuk permainan congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19-30. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589.
Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram: Caracteristics of Teenage Slang as Indonesian Language Creativity on Status Comments Inside Lombok on Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44.
Jannah, Q. N., & Putra, C. R. W. (2021). Representasi unsur budaya novel swarna alor: Impian dilangit timur karya Diah Prameswari. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(1), 37. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1130.
Khadijah, K., Sani, F., Sari, N., Rohali, A., & Harahap, S. A. (2022). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Perilaku Hormat Bagi Anak. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1340-1351. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1266.
Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Jurnal Universum, 10(1), 65-71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi moderasi beragama di lingkungan sekolah dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148. https://DOI.org/10.52593/pdg.03.
Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi model atik dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini tkit al wildan bekasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480.
Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524.
Nugraheni, H., Widjanarko, B., & Cahyo, K. (2018). Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 5(2), 108-119. https://doi.org/10.14710/jpki.7.3.108-119.
Nurmasari, L. (2011). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3. Pringanom Sragen.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1),1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585
Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. Eduhumaniora| jurnal pendidikan dasar kampus cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795.
Rosyada, A., Ramadhianti, A., & Somba, S. (2025). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris PAUD Kemuning Jakarta. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 7(6), 746-751. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.25113.
Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1386-1397. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.383.
Ruslan, P. O., Hayati, T., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 339-346. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p339-346.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Setiawati, E., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan moral anak. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 85-91. https://doi.org/10.31980/petik.v5i1.1540.
Simanjuntak, H., Endaryono, B. T., Sinaga, D., Siagian, B. A., & Saragih, E. L. L. (2022). Mutu pendidikan untuk jenjang Sekolah Dasar. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Solekhah, I., Khasanah, N., & Hariz, A. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(1), 40-51. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5998.
Subawaihin, I. (2024). Permainan ular tangga sebagai media pembelajaran Al -Qur’an di TPQ HIKMATUN BALIGHOH. Darussalam, 25(01). Retrieved from http://jurnal.iaidarussalam.ac.id/index.php/darussalam/article/view/20.
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5.
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5.
Suherman, S., & Adiputra, D. K. (2021). Manajemen pembelajaran pada Sekolah Dasar dan pendidikan nonformal. Yogyakarta: Goresan pena.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal edukasi dan sains, 2(3), 435-448. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:2mNdikwkAdMJ:scholar.google.com/+berhitung+adalah&hl=id&as_sdt=0,5.
Susila, G. H. A. (2024). Metode permainan otak dan otot anak sekolah dasar. Bandung: Nilacakra
Trianingsih, R. (2016). Pengantar praktik mendidik anak usia sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197-211. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran ,2(1), 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, E. W. (2020). Kendala dan peran orangtua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 471-479. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:7uKnsegtA8IJ:scholar.google.com/+simak+dan+catat+&hl=id&as_sdt=0,5.
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728.
Wilujeng, A. P., (2017). Terapi Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i2.961.
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509-516. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280.
Yanuarsari, R., & Latifah, E. D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Metode Bernyanyi Dengan Media Flash Cards (Studi Deskriptif di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 128-133. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i2.261.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.