Manfaat Aplikasi Toon Math dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan numerik adalah komponen urgen dalam pembelajaran di sekolah dasar, akan tetapi banyak siswa yang masih sulit memahami dikarenakan pendekatan kurang menarik. Untuk itu, Toon Math hadir sebagai solusi, yaitu media pembelajaran berbasis game edukatif yang menggabungkan unsur petualangan bertema hallowen dengan soal-soal matematika dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji secara sistematis manfaat aplikasi Toon Math dalam meningkatkan kompetensi numerik pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data yang dimanfaatkan berupa data sekunder. Teknik pengambilan data dengan dua metode yaitu simak dan catat. Teknik validasi dilakukan melalui teknik triangulasi teori. Hasil kajian menunjukkan bahwa Toon Math memberikan lima kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi diantaranya, 1). Toon Math mampu meningkatkan penguasaan konsep dasar matematika, 2). Meningkatkan fokus sekaligus ketelitian, 3). Membuat belajar menjadi menyenangkan, 4). Mendorong konsistensi latihan numerik, dan 5). Melatih kemampuan problem solving. Dengan demikian, Toon Math menjadi media pembelajaran interaktif yang efektif bagi siswa sekolah dasar.
Kata kunci— Siswa sekolah dasar, kemampuan numerik, aplikasi toon math
Abstract— Numerical skills are an urgent component of learning in elementary school, but many students still find it difficult to understand due to uninteresting approaches. Toon Math comes as a solution, an educational game-based learning media that combines elements of hallowen-themed adventure with basic math problems. The purpose of this study is to systematically review the benefits of Toon Math application in improving numerical competence in elementary school students. The research method applied is Systematic Literature Review (SLR). The data utilized is secondary data. The data collection technique used two methods, namely listening and recording. The validation technique was done through theoretical triangulation technique. The results of the study show that Toon Math provides five positive contributions to competency improvement including, 1). Toon Math is able to improve mastery of basic math concepts, 2). Increase focus as well as accuracy, 3). Make learning fun, 4). Encourage consistency of numerical practice, and 5). Train problem solving skills. Thus, Toon Math is an effective interactive learning media for elementary school students.
Keywords— Primary school students, numerical skills, toon math app
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234.
Afidah, N., & Subekti, FE (2024). Efektivitas penggunaan game edukasi digital terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Basicedu, 8(3), 1944–1952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7564.
Aisyah, N., Herwina, H., Rivaldi, M., & Nirfayanti, N. (2023, December). Pengaruh Game Online Terhadap Pembelajaran Matematika: Studi Pustaka. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 346-362). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SEMANTIK/article/view/1898/93.
Akhadiyah, U. M., Alviani, S. T., Ningsih, K. W., & Zulfahmi, N. (2025). Pemanfaatan aplikasi labirin dalam melatih keterampilan problem solving siswa SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 191-198. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3578.
Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21-28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192.
Astuti, S., & Pindi, P. (2019). Analisis gaya bahasa dan pesan-pesan pada lirik lagu iwan fals dalam album 1910. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 4(2), 146-150. https://doi.org/10.31932/jpbs.v4i2.992.
Ayunda, R., & Febriandi, R. (2023). Implementasi model teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2078-2087. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7590.
Budyartati, S., Harsanti, A. G., Dewi, C., Dayu, D. P. K., & Rohmanurmeta, F. M. (2016). Problematika pembelajaran di sekolah dasar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Cahya, P. D. M. R., Aryana, I. B. P., & Dantes, N. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan numerik dan hasil belajar matematika materi pengolahan data siswa kelas V SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3455.
Halizah, N., & Napfiah, S. (2024). Analisis Kemampuan Numerik Siswa Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(2), 322-336. http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/prismatika/article/view/955.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Ibda, H. (2022). Belajar dan pembelajaran sekolah dasar: fenomena, teori, dan implementasi. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Leonard, L. (2015). Kajian peran konsistensi diri terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 97-104. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.116.
Lestari, W., & Zainudin, M. (2022). Studi literatur permasalahan dalam kemampuan berpikir numerik siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.514.
Lusiana, L., Sukayasa, S., Pathuddin, P., & Mubarik, M. (2025) Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 8(1). 40-51. https://doi.org/10.31539/judika.v8i1.13861.
Marsetyaningsih, H. (2014). Kegemaran membaca di perpustakaan dan prestasi belajar anak. Sukoharjo: Panembahan Senopati Garda Depan Budaya Indonesia.
Mudli’ah, V. K., Manik, Y. M., & Malang, U. U. (2023). Analisis permasalahan belajar pada anak usia sekolah dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 156-161. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2383.
Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Nelwan, C. K., Mamahit, D. J., Sugiarso, B. A., & Yusupa, A. (2020). Rancang bangun aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak sekolah dasar kelas 1. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 45-54. https://doi.org/10.35793/jti.v15i1.29036.
Paulina, C., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Efektivitas penggunaan model game based learning dalam pembelajaran matematika di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3), 31348–31354. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12114.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahayu, N. (2022). Teori dan permasalahan pendidikan dasar. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Rahmah, N. A., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2023). Analisis kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan perbedaan jenis pengetahuan metakognisi dalam menyelesaikan masalah matematika. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 101-115. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11440.
Reswati, W. A. D., Widayati, W., L, V. M. T., Utami, S., & Haerussaleh, H. (2023). Analisis penggunaan dialek tengger pada masyarakat Desa Ngadirejo Kecamatan Tutur dan Desa Mororejo Kecamatan Tosari (kajian dialektologi). ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 168-174. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.1171.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Silalahi, S. Y. (2022). Gadget dan anak sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 335-346. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.219.
Syafi, N. A., Fathurohim, F., & Muliyah, P. (2023). Pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 143-151. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.348.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Zaini, R. N., & Sutirna, S. (2021). Analisis kemampuan numerik matematis siswa SMP IT Nurul Huda Batujaya kelas VII pada materi aritmatika dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1137-1146. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.