Penggunaan Aplikasi Belajar Membaca tanpa Mengeja terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Fera Ayusita Artika Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sejauh mana efektivitas penggunaan aplikasi belajar membaca tanpa mengeja dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dan catat, sedangkan validasi data diuji dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) metode belajar tanpa mengeja lebih efektif karena siswa mengenali kata secara utuh, (2) aplikasi memberikan pembelajaran yang interaktif dan menarik melalui gambar, suara, dan animasi, serta (3) peningkatan skor membaca siswa setelah penggunaan aplikasi menunjukkan dampak positif. Kesimpulannya, aplikasi membaca tanpa mengeja mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan.

Kata kunci — Aplikasi Belajar Membaca, Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah Dasar

 

 

Abstract— This study aims to examine the effectiveness of using a reading application without spelling in improving elementary school students' reading skills. The method used is Systematic Literature Review (SLR) with secondary data sources obtained from national books and journals. Data collection techniques are carried out through the listening and note-taking method, while data validation is tested by triangulation. Based on the results of the study, it was found that: (1) the learning method without spelling is more effective because students recognize words in their entirety, (2) the application provides interactive and interesting learning through images, sound, and animation, and (3) the increase in students' reading scores after using the application shows a positive impact. In conclusion, the reading application without spelling is able to significantly improve students' reading skills.

Keywords — Learning to Read Application, Reading Skills, Elementary School Students


Keywords


Learning to Read Application, Reading Skills, Elementary School Students

Full Text:

PDF

References


Afrom, I. (2013). Studi Tentang Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Membaca. Anterior Jurnal, 13(1), 122-131. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.298.

Amalafitra, N., Muawanah, S., & Sasomo, B. (2022). Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini pada Bimbingan Belajar Anak Hebat (Ahe) Dimasa Pandemi. Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 33-43. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.5.

Astuti, I. P., Ariyadi, D., & Sumaryanti, L. (2020). Prototipe media pembelajaran berbasis android untuk membaca permulaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 151-156. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3791.

Budi, A., & Sari, L. (2020). Membaca Untuk Pemahaman: Mengembangkan Keterampilan Membaca di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 123-145. https://doi.org/10.1234/jpb.2020.01502.

Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47.

Erlina, T., & Iswara, P. D. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Membaca Permulaan Siswa SD Kelas I. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2). https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1930.

Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649-660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074.

Fauziyah, S. F., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Pedagogika: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 14-26. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6406.

Hadianti, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman Secara Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Creative Research Journal, 9(2), 123-132. https://doi.org/10.34147/crj.v9i2.318.

Hanif, F. & Muhammad, T.H. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi belajar Ayo Belajar Membaca dan Marbel Membaca pada kemampuan belajar membaca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2944.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hasanah, K. (2018). Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 83-94. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i1.603.

Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), 58-81. https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.152.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi Konsep Matematika Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Jatiyasa, I. W., & Nilayani, S. A. P. (2022). Penerapan Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Abang Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 13(3), 243-256. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i3.502.

Jayanti, T., & Maulindar, J. (2023). Optimalisasi Game Penunjang Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak di Bimbingan Belajar Puspita Smart Center Berbasis Android. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(2), 360-372. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1087.

Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level kemampuan membaca siswa sekolah dasar di kelas tinggi. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 637-643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 222-227. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832.

Mahendra, Y., Rohmani, R., & Apriza, B. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Humanis untuk Menumbuhkan Minat Membaca Siswa. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 135-148. https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i1.1366.

Nasution, T., Ariani, E., & Emayanti, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Journal of Science and Social Research, 5(3), 588-594. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i3.993.

Nuralita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.22972.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dasar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Metode Drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. Retieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rikmasari, R., & Lestari, M. (2018). Metode Pembelajaran PQ4R dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Bekasi. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 265-275. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.78.

Rohani, A., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287-1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134.

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-49. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6–7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.58230/27454312.71.

Saputri, K., & Nurhaidah, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 Sd Negeri 20 Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(2). https://doi.org/10.24815/primary.v2i2.2537.

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 134-140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889.

Sunaiyah, S. (2018). Program Matrikulasi pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 115-133. https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.525.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori Bilangan: Mengenalkan Jenis-Jenis Bilangan pada Anak Usia Dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1),370-378. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wijayanti, K. E., Akin, Y., & Nurjatnika, O. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 48-58. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6400.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.