Analisis Jenis Kalimat pada Naskah Drama "Air Mata Senja" Karya Joni Hendri
Abstract
abstrak—Penelitian ini membahas penggunaan jenis-jenis kalimat pada teks drama berjudul Air Mata Senja yang ditulis oleh Joni Hendri. Setiap jenis kalimat, seperti deklaratif, interogatif, imperatif, interjeksi, pasif, negatif, langsung, dan tidak langsung, memiliki fungsi penting untuk mengembangkan karakter, menyampaikan emosi tokoh, serta mendorong perkembangan jalan cerita. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan teknik studi kepustakaan, penyimakan, serta pencatatan data.
Kata kunci—Jenis Kalimat, Naskah Drama
Abstract—This study explores the use of various sentence types in a drama script titled Air Mata Senja written by Joni Hendri. Each sentence type—such as declarative, interrogative, imperative, interjection, passive, negative, direct, and indirect—serves a significant role in character development, conveying emotions, and advancing the storyline. The study employs a descriptive qualitative approach by applying techniques of literature review, observation, and note-taking.
Keywords— Sentence Types, Drama Script
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, F. (2019). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Alangkah Lucunya Negri Ini Karya Deddy Mizwar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 105-121. https://core.ac.uk/download/pdf/289713839.pdf.
Asmaniah, Z. (2015). Naskah Drama Rajapati Karangan Ahmad Bakri (Kajian Struktural dan Pragmastilistik). Lokasaba: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Budaya Daerah serta Pengajarannya, 6(2), 219-226. https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2.3174.
Astuti, S. P. (2016). Apa dan Mana dalam Kalimat Deklaratif. Humanika, 23(1), 14-19. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.14-19.
Heriyanto. (2021). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Kosasi. 2017. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung. CV. Yrama Widya.
Kurniati, Y., Serapina, S., & Judijanto, L. (2024). Tata Kalimat Bahasa Indonesia : Panduan Menggunakan Kalimat yang Baik dan Benar. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia
Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. 2020. Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 169-184. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408.
Manshur, ali, & Nisa, L. A. (2022). Analisis Sintaksis Kalimat Deklaratif dan Kalimat Introgatif dalam Film Incredible Love Tahun 2021. Jurnal Peneroka: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 48–66. https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i1.1365.
Mansyur, M., & Tunda, A. (2022). Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Lombok Tengah: Penerbit P4I
Maulidah, S. A. (2022). Analisis Penggunaan Kalimat Imperatif dan Interjeksi dalam Gelar Wicara Tanya (Tawa Canda Anya) Edisi Februari-April 2021 (Kajian Sintaksis). Jurnal Peneroka: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 197–213. https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i2.1561.
Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). Pembelajaran Drama Monolog dengan Cerita Legenda Danau Toba menggunakan Metode Role Playing di SD Inpres Tubuhu’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pensi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(1), 79–89. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i1.1715.
Permatasari, D., & Pratiwi, Y. (2021). Karakteristik Naskah Drama Serial bertema Cinta Tanah Air Karya Siawa Ekstrakulikuler Teater SMAN 4 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Mentaligua, 6(1), 43-50, https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10504.
Prasasti, B.W.D., & Anggraini, P. (2020). Nilai-Nilai Budaya Minagkabau dalam Naskah Drama Dr. Anda Karya Wirsan Hadi. Fon:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(2), 79-88, https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2606.
Prayoga, N., & Yani, J. A. F. (2023). Kalimat Pasif pada Karangan Siswa Sekolah Dasar Pasivve Sentences In Elementary School Students: Kalimat Pasif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 206-209. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.12573.
Puspitasari, W.D. (2015). Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 2442-7470. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.
Putri, N.A., Wijaya, R.S., & Sari, E .N. (2020). Ruang Lingkup Drama. Medan: Guepedia
Rahmawati, F.P., Pratiwi, D.R., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Rahmayantis, M.D., Waryanti, E., & Puspitoningrum, E. (2022). Menulis Kreatif Naskah Drama. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Safitri, L, Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti, M., Utomo, A. P. Y., & Yuda, R. K. (2023). Analisis kalimat teks anekdot pacia buku bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research, 7(2), 396-414. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1876.
Sitorus, J.P. (2019). Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: Evernity Fisher Media
Syafar, D. N. (2016). Negasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jurnal Arbitrer, 3(1), 1-11.https://doi.org/10.25077/ar.3.1.1-11.2016.
Wicaksono, A. (2018). Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawa
Wiyanto, A. (2020). Terampil bermain drama. Jakarta: Grasindo
Wulandari, S. (2021). Kalimat Imperatif dalam Novel Selena Karya Tere Liye (Kajian Sintaksis). Jurnal Peneroka: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01), 134–150. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.748.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.