Peran Gerabah dalam Melatih Kreativitas Anak Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak—Gerabah memiliki peran penting dalam melatih kreativitas Anak Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas Anak Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi Teori. Hasil penelitian ini terdapat (1) Peningkatan Kreativitas Anak (2) Perkembangan Keterampilan Motorik Halus (3) Peningkatan Rasa Percaya Diri (4) Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kesabaran.
Kata kunci—kreativitas, Gerabah, Anak Sekolah Dasar
Abstract—Pottery has an important role in training the creativity of elementary school children. The purpose of this research is to improve the creativity of elementary school children. The method in this research uses the SLR method. The data in this study used secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and recording techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are (1) Increased Children's Creativity (2) Development of Fine Motor Skills (3) Increased Self-Confidence (4) Problem Solving Ability and Patience.
Keywords-creativity, pottery, elementary school children
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, K., Suardina, I N. & Modra. 1. W. (2016). Inovasi kerajinan gerabah I Wayan Kuturan di Desa Pejaten Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Provinsi Bali Prabangkara. Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 22(2), 127-137.
Asmawati, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran terpadu berbasis kecerdasan jamak. Jurnal Pendidikan anak usia dini, 11(1), 145-164.
Bantali, A. (2022). Psikologi Perkembangan (Konsep Pengembangan Kreativitas Anak). Yogjakarta : jejak pustaka.
Batubara, A. K. (2012). Membangun kreativitas pustakawan di perpustakaan iqra. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(02).
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis rme terhadap Kemampuan penalaran matematis siswa kelas 3 sekolah dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179-1180. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837.
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan media cerita bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Halaqah, 14(1), 75-89. http://eprints.umsida.ac.id/1123/.
Gultom, P., & Tamara, P. (2022). Analisis teknologi dalam industri kecil kerajinan gerabah. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 12(2), 127-133. https://doi.org/10.36040/industri.v12i2.4553
Hafid, A. (2025). Rekonstruksi pendidikan karakter berbasis IESQ power. Banyumas: Wawasan Ilmu.
Hasan, M., dkk. (2023). pendidikan karakter anak usia dini. Banten: PT Sada Kurnia pustaka.
Heldanita, H. (2019). Pengembangan kreativitas melalui eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kartodirdjo, S., Djoened, M., Poesponegoro, P. & Notosusanto, N. (1975). Sejarah nasional Indonesia. Jakarta: Balai pustaka (Persero) PT.
Khadijah, K. & Amelia , N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: Teori dan praktik. Jakarta: Prenada Media.
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi moderasi beragama di lingkungan sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03.
Lestari, F., (2020). Memahami karakteristik anak. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Munasti, K., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Penggunaan mind mapping sebagai media pengembangan kreativitas anak di masa pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 179–185. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104
Mustadi, A., dkk (2020). landasan pendidikan sekolah dasar, Indonesia: UNY press.
Nitihaminoto, G. (1988). Pembuatan gerabah tradisional di Pulau Bawean: tinjauan tentang asal dan hubungan simbiotik dengan beberapa daerah di Indonesia. Berkala Arkeologi, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.30883/jba.v9i1.494
Permana, M. I. J., (2025) Utilitarianisme Kebudayaan. Indramayu: PT. Adab Indonesia.
Prastawa, W., Yulika, F., & Akbar, T. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desain produk Kerajinan Gerabah Galogandang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Abdidas, 1(5), 385-393. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.86
Pratiwi, R. . (2021). Sentra kerajinan gerabah di Malang. Jurnal Seni Rupa Warna, 7(1), 60–71. https://doi.org/10.36806/.v7i1.107
Pujiastuti, P. (2021). Belajar matematika daring menyenangkan. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dari Penelitian Indonesia.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585
Puspitarini, H. (2014). Membangun rasa percaya diri anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rafka, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301-306. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580
Riyanti, B.P.D.,(2019). Kreativitas dan inovasi di tempat kerja. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Rosidi, I., Setyaningsih, S. & Suhardi, E. (2024). Strategi penguatan kreativitas guru era Merdeka Belajar. Purwokerto: Historie Media.
Salsabila, F.A., & Setianingsih, R. (2025). Eksplorasi etnomatematika pada industri gerabah di Desa Rendang , Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. MATHEdunesa,14(2), 443-459.
Setyawan, M. (2023). Menjaga kesabaran untuk meningkatkan kualitas hidup: motivasi mengatasi emosi. Yogyakarta: CAHAYA HARAPAN.
Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143–153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di desa Batukuwung. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20-34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484
Wirastania, A. (2019). Efektivitas layanan bimbingan teknik permainan terhadap kreativitas pada siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 521, 135-140.
Wiryani, A. P., Hasibah, N., Anjelina, V., Syarifudin, S., & Supriyanto, S. (2022). Eksistensi pengrajin gerabah di Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung tahun 1980-2020. Kalpataru: jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah, 8(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.